Cara Membuat Masker Alami untuk Mengatasi Wajah Berjerawat, Berminyak, dan Kusam

Masker Wajah - thread.zalora.co.id

Memiliki kulit yang berjerawat, berminyak, dan kusam memang sangat menyebalkan. Betapa kerasnya Anda berusaha untuk menutupinya dengan make-up pun tak bisa melenyapkan kenyataan bahwa kulit Anda akan kembali seperti semula saat riasan Anda dihapus. Sangat menyedihkan bukan? Kondisi ini tentunya akan membuat siapa saja merasa kehilangan kepercayaan diri.

Pada dasarnya ada banyak solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bagi yang berkantong tebal mungkin bisa langsung datang ke klinik kecantikan dan mencoba segala treatment yang disediakan. Atau ada pula yang memutuskan untuk mencoba produk krim atau obat-obatan tertentu yang diklaim dapat mengatasi masalah klasik ini. Lalu bagaimana dengan mereka yang kantongnya pas-pasan? Tidak adakah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah yang mulus, cantik, dan mempesona?

Tenang saja, rupanya ada beberapa bahan alami yang murah meriah dan sangat mudah Anda temukan di sekitar Anda untuk merawat wajah yang berminyak, kusam, dan berjerawat. Cara tradisional ini meskipun bagi sebagian orang cukup merepotkan, sebenarnya relatif tanpa efek samping. Berikut deretan masker alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi wajah berjerawat, berminyak, dan kusam.

Putih Telur

Selain nikmat untuk disantap, telur rupanya menyimpan manfaat untuk kecantikan. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah berjerawat, berminyak, dan kusam tak perlu risau, sebab Anda bisa menyisihkan sedikit putih telur yang hendak Anda olah menjadi masker alami.

Putih telur dikenal mengandung protein tinggi yang bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mengecilkan pori-pori, menyerap minyak berlebih, serta mencegah dan mengatasi jerawat yang membandel. Caranya, Anda dapat menyediakan 1 buah putih telur yang telah dipisahkan dari kuningnya. Kemudian tambahkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, aduk sampai rata hingga sedikit berbusa.

Diamkan adonan tersebut selama 1 menit hingga sedikit kaku. Lalu oleskan ke kulit wajah Anda menggunakan kuas yang bersih secara merata. Hindari mengoleskan masker ke area sekitar mata. Anda bisa mengaplikasikannya sampai 3-4 lapisan. Lalu biarkan sampai masker mengering selama 10-15 menit, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Tomat

Tomat termasuk bahan alami yang bermanfaat untuk membuat kulit wajah Anda lebih cerah dan juga dikenal ampuh mengatasi jerawat. Cara memanfaatkan tomat sebagai masker alami untuk wajah berjerawat, berminyak, dan kusam pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah tomat segar, kemudian haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk hingga teksturnya menyerupai bubur.

Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya ke seluruh wajah Anda. Namun hati-hati, jangan sampai mengoleskannya terlalu dekat dengan area mata agar tidak perih jika terciprat atau cairannya terkena mata. Diamkan selama sekitar 1 jam, dan bilas dengan air hangat sampai bersih.

Pisang

Buah yang satu ini bukan hanya mengenyangkan, tetapi juga bisa sisakan sedikit untuk dijadikan masker wajah. Anda bisa memakai pisang jenis apa saja dan jangan lupa siapkan madu murni untuk bahan campurannya. Kandungan di dalam buah pisang dikenal efektif untuk meminimalisir minyak di wajah serta menyamarkan noda-noda bekas jerawat.

Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat masker alami dari pisang adalah menyiapkan 1 buah pisang yang telah dikupas kulitnya serta 1 sendok makan madu. Hancurkan pisang dengan cara ditumbuk atau dicacah menggunakan garpu sampai teksturnya lembut. Tambahkan madu ke dalamnya, aduk sampai rata. Baru kemudian Anda bisa mengoleskannya ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Masker Pisang - lifestyle.okezone.com

Masker Pisang – lifestyle.okezone.com

Lidah Buaya

Kehebatan tanaman satu ini memang sudah tak perlu diragukan lagi. Lidah buaya memiliki fungsi yang beragam, mulai dari dapat mengatasi panas dalam, menebalkan rambut, menghilangkan bekas luka, hingga mengatasi kulit yang kusam, berminyak, dan berjerawat.

Untuk membuat masker dari lidah buaya pun cukup mudah, Anda bisa menyiapkan sekitar 250 gram lidah buaya atau secukupnya. Kemudian cuci bersih lidah buaya dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa tanah atau getah yang masih menempel. Lalu kupas kulit luar lidah buaya hingga tersisa bagian daging buahnya saja.

Potong daging (bagian dalam lidah buaya) berbentuk dadu, lalu haluskan dengan blender atau food processor sampai teksturnya berubah menyerupai gel. Pisahkan antara ampas dengan gel, tuangkan gel lidah buaya tersebut ke sebuah wadah yang bersih. Kemudian Anda bisa mengoleskan masker lidah buaya ini ke wajah yang telah dibersihkan. Diamkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Jika masih ada sisa masker lidah buaya, Anda bisa menyimpannya di sebuah jar yang tertutup kemudian menyimpannya di kulkas.

Masker Lidah Buaya - www.ennscloset.com

Masker Lidah Buaya – www.ennscloset.com

Baking Soda

Baking Soda tak hanya berguna untuk mengembangkan kue saja, tetapi juga dikenal dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit wajah dan meminimalisir kulit berminyak dan berjerawat. Yang lebih menarik lagi, baking soda juga disebut-sebut dapat mempermudah proses pengangkatan sel kulit mati. Kandungan sodium bikarbonat di dalamnya diklaim bertugas sebagai antiseptik untuk mengatasi jerawat.

Cara membuat masker dari baking soda cukup dengan mencampurkan 250 gram baking soda dan 250 ml air (perbandingan 1 : 1). Aduk kedua bahan ini sampai tercampur rata dan teksturnya mirip pasta. Anda bisa mengoleskannya ke seluruh wajah, atau jika masih ingin mencoba keampuhannya, Anda juga bisa mengoleskannya hanya di area yang terdapat jerawat dan bekasnya. Biarkan selama beberapa menit hingga mengering, baru kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: