Cara Membuat Makanan Kucing Seperti Whiskas Varian Dry Food dan Wet Food

Kucing makan (sumber: lovetoknow.com)Kucing makan (sumber: lovetoknow.com)

Bagi Anda yang memiliki kucing di rumah, pasti akan disibukkan membeli pakan kucing setiap minggu atau bulannya. Sementara harga pakan kucing di pet shop terbilang tidak murah, apalagi yang bermerek seperti Whiskas, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang sederhana dan praktis.

Di pasaran sendiri, pakan kucing seperti Whiskas dibuat dengan bahan premium berupa daging ikan olahan dan bahan campuran lainnya. Ini berbeda dengan pakan kucing curah yang dibuat dari limbah hasil olahan ikan. Pada dasarnya, pakan kucing merupakan salah satu usaha kreatif untuk mengolah limbah ikan agar tidak terbuang sia-sia.[1]

Sementara hasil pakan ikan yang memanfaatkan limbah kurang bermutu, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan premium. Meskipun bahannya berkualitas, pakan hewan kesayangan Anda tidaklah semahal Whiskas. Ini karena Anda mengolahnya sendiri tanpa menggunakan teknologi mesin pabrik. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Resep Makanan Kucing Kering (Dry Food)

Seperti yang kita ketahui, Whiskas memiliki dua varian makanan kucing, yaitu basah dan kering. Untuk membuat jenis pakan kering, Anda membutuhkan 3 cangkir tepung gandum utuh atau biasa dikenal dengan whole wheat flour, 2 cangkir tepung kedelai, 1 cangkir jagung, 1 cangkir wheat germ atau bekatul, dan 1 cangkir nonfat milk.

Baca juga:  Makin Kece Dengan Foundation Matte Murah Dibawah Rp 50 ribu

Selain itu, sebagai penambah rasa, Anda juga harus menyiapkan 450 gr daging ikan atau ayam tanpa kulit yang sudah dibersihkan, 5 sendok makan sunflower oil atau minyak kelapa, 1 sendok makan minyak ikan, dan 2 cangkir kaldu ikan. Jika Anda tidak memiliki kaldu ikan, Anda bisa menggantinya dengan air biasa. Usahakan Anda tidak menambahkan MSG, kaldu bubuk, dan pengawet makanan.

Ilustrasi: proses pembuatan makanan kucing dry food (sumber: catladyfitness.com)

Ilustrasi: proses pembuatan makanan kucing dry food (sumber: catladyfitness.com)

Daging yang sudah dibersihkan harus direbus atau dikukus terlebih dahulu hingga matang. Sambil menunggu daging matang, masukkan 3 cangkir tepung gandum dalam wadah plastik berukuran sedang dan tambahkan tepung kedelai, tepung jagung, dan wheat germ. Aduk hingga semua tepung tercampur rata. Sedikit demi sedikit, tuangkan susu dan aduk hingga adonan menggumpal seperti adonan kue. Tutup wadahnya dengan plastik wrap dan sisihkan terlebih dahulu.

Daging yang sudah matang bisa langsung diangin-anginkan hingga dingin dan dihaluskan menggunakan blender atau penggiling daging tanpa air. Siapkan wadah baskom plastik berukuran sedang dan masukkan daging cincang. Tuang sunflower oil atau minyak kelapa dan minyak ikan, lalu aduk hingga rata.

Baca juga:  Apakah Diet Bisa Hilangkan Jerawat pada Orang Dewasa?

Setelah itu, tuang adonan tepung ke dalam adonan daging sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan mixer. Setelah adonan cukup kalis, pindahkan pada wadah yang datar atau matras kue dan uleni selama 3 menit. Jika adonan terlalu lengket dan basah, Anda bisa menambahkan sedikit tepung agar adonan lebih mudah diuleni.

Bentuk adonan menjadi lonjong dan kecil seperti tali tambang dengan diameter 1/4 inch. Potong adonan kecil-kecil sesuai dengan bentuk dry food yang biasa Anda temui di pet shop atau menyerupai bentuk pakan kucing merk Whiskas. Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas kue dan tata adonan pada loyang. Untuk proses pengeringan, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung atau memakai oven hingga kering. Makanan yang sudah jadi bisa didinginkan dan dihidangkan langsung pada kucing kesayangan Anda.

Resep Makanan Kucing Basah (Wet Food)

Ilustrasi: kucing makan wet food (sumber: homesteading.com)

Ilustrasi: kucing makan wet food (sumber: homesteading.com)

Cara membuat wet food lebih mudah dan praktis dibanding dry food. Untuk membuat wet food, Anda membutuhkan 1 ekor ikan tongkol berukuran kecil, 1 buah wortel segar berukuran kecil, dan 1/3 cangkir oatmeal. Untuk ukuran cangkirnya, Anda bisa memakai cangkir berisi 200 hingga 250 ml air.

Baca juga:  Merk Alternatif Ragi Instan Pengganti Fermipan untuk Aneka Roti & Kue

Bersihkan dan cuci ikan tongkol yang segar dan rebus hingga matang. Sambil menunggu ikan tongkol matang, cuci dan parut wortel segar. Tongkol yang sudah matang bisa ditiriskan dan dipindahkan ke dalam mangkuk plastik berukuran sedang, lalu dihancurkan hingga lembut. Buang bagian ikan tongkol yang tidak dibutuhkan, seperti sirip, ekor, dan durinya. Setelah itu, rebus parutan wortel hingga matang dan tiriskan.

Siapkan panci dan rebus air untuk memasak oatmeal. Usahakan air tidak terlalu banyak, sehingga tekstur oatmeal seperti bubur yang tidak terlalu banyak mengandung air. Dinginkan oatmeal yang sudah matang dan masukkan ke dalam mangkuk berisi ikan. Masukkan juga wortel ke dalam mangkuk tersebut dan aduk hingga rata. Setelah itu, diamkan selama 1 menit dan pakan basah siap diberikan pada hewan kesayangan Anda. Karena tidak mengandung pengawet, makanan kucing ini dapat bertahan selama 3 hari di dalam lemari pendingin.

[1] Putri, Nadia & Lia Handayani. 2019. Pemanfaatan Limbah Ikan dan Tanaman Anting-Anting (Acalypha indica L.) Sebagai Pakan Kucing: Tingkat Kesukaan. SEMDI UNAYA, Vol. 1(7): 11-17.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: