Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Membuat Granola untuk Diet

Granola (sumber: loveandlemons.com)Granola (sumber: loveandlemons.com)

Granola, dengan profil protein dan seratnya yang tinggi, dapat menjadi bagian dari diet sehat, tetapi nikmatilah dalam jumlah sedang, karena ini adalah hidangan padat dan kaya kalori, dan sedikit saja sudah cukup.[1] Cara membuat atau granola yang tepat tentunya akan membantu diet Anda lebih maksimal.

Dikutip dari Hellosehat.com, granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya. Setiap granola bisa mengandung bahan yang berbeda-beda, sehingga juga membuatnya mempunyai nilai gizi yang berbeda. Beberapa mungkin memiliki kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak, tergantung dari bahannya.

Masih menurut sumber yang sama, kandungan utama dari granola adalah oat dan kacang-kacangan, sehingga membuat granola mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam granola ini membuat granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Granola dipasarkan dalam berbagai nama dan variasi. Perhatikan daftar bahannya dengan saksama karena banyak granola yang memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi. Sebaiknya, cobalah membuatnya sendiri. Mudah, lebih murah, dan bahan-bahannya dapat dibuat untuk menyesuaikan dengan pilihan keluarga Anda. Dapat juga digiling menggunakan blender dan disajikan bersama susu kepada batita dan anak kecil Anda, yang akan tersedak jika memakan sereal yang tidak dihaluskan. Cara lain untuk melembutkan granola adalah membiarkannya di dalam semangkuk susu selama semalam di dalam lemari es.

Baca juga:  Makanan ‘Super’ Untuk Wanita
Granola

Granola

Resep Granola Panggang untuk Diet

Bahan Granola Panggang

  • 4 gelas oatmeal, belum dimasak
  • 1 1/2 gelas bibit gandum (mentah atau sudah dibakar)
  • 1 gelas kelapa, diparut
  • 1/4 gelas susu kering tanpa lemak
  • 1-2 sendok teh kayu manis
  • 1 sendok makan gula cokelat
  • 1/3 gelas minyak sayur
  • 1/2 gelas madu
  • 1 sendok makan vanili
  • 1/2 gelas wijen (pilihan)
  • 1/2 gelas kacang mentah, atau kismis (pilihan)

Cara Membuat Granola Panggang

  1. Campur bahan-bahan kering di dalam mangkuk besar. Campurkan minyak, madu, dan vanili di dalam panci dan hangatkan.
  2. Tuang ke dalam campuran bahan-bahan kering dan aduk hingga semua bagiannya tertutupi (mengaduk menggunakan tangan sangat berguna di sini).
  3. Ratakan campuran tersebut pada wajan yang panjang dan rendah atau loyang panggang melingkar yang telah dilumuri mentega. Panggang pada suhu 120°C selama satu jam atau pada suhu 150°C selama setengah jam, tergantung pada jadwal Anda (atau microwave di dalam loyang kaca yang rendah selama 10-15 menit pada panas tinggi, aduk setiap 5 menit). Balik menggunakan sendok adonan dari waktu ke waktu.
  4. Setelah selesai memanggang, tambahkan biji-bijian, kacang, dan buah kering seperti kismis.
  5. Dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.[2]
Granola

Granola

Alternatif Mengolah Granola untuk Diet

Selain dimakan dengan cara dipanggang dalam oven terlebih dahulu, ada banyak cara membuat atau mengolah granola supaya lebih lezat sebagai santapan diet Anda. Misalnya saja dipadukan dengan selai kacang untuk dijadikan snack bites (dikepal dengan selai kacang lalu simpan di kulkas dan dimakan keesokan harinya). Selain itu, Anda juga bisa menyantap granola seperti halnya sereal pada umumnya, cukup ditambahkan susu rendah lemak, susu kedelai, atau bahkan almond milk. Namun ingat, pastikan untuk memiliki susu yang kandungan gulanya rendah (less sugar).

Baca juga:  Berawal Dari Modal Kecil, Ternyata Bisnis Es Lilin Menghasilkan Untung Hingga Jutaan Rupiah

Alternatif lainnya adalah dengan menaburkan granola sebagai topping di semangkuk yoghurt atau smoothie bowl Anda. Selain lebih lezat dan memperkaya nutrisi, penambahan granola tentu akan menambah tekstur dari santapan yoghurt dan smoothie supaya tidak membosankan kala disantap.

Nah, jika Anda hobi baking, tak ada salahnya membuat cemilan sehat lainnya seperti roti, cookies, atau aneka kue dengan kombinasi granola. Selain lebih bersih, tentunya kudapan yang diberi tambahan granola akan jadi lebih kaya serat. Yang lebih menarik lagi, granola bisa Anda manfaatkan sebagai pelapis renyah layaknya tepung roti pada makanan yang digoreng atau dipanggang. Asyik sekali kan?

[1] Stork, T. 2014. The Doctor’s Diet Cookbook: Tasty Meals for a Lifetime of Vibrant Health and Weight Loss Maintenance (hlm 20). New York (USA): Bird Street Books.

Baca juga:  Lulur Alami Untuk Memutihkan Kulit Dengan Cepat

[2] Lansky, V. 2007. 101 Resep Lezat dan Sehat Si Buah Hati Anda (hlm 110-111). Terjemahan oleh Sari KW. Hermawan A, editor. Yogyakarta: B-first.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: