Cara Membuat Kutek Halal dari Bahan Alami, Warnanya Enggak Kalah Cantik!

Ilustrasi: memakai kutek (sumber: simplemost.com)Ilustrasi: memakai kutek (sumber: simplemost.com)

Kutek dengan embel-embel halal memang sedang hits akhir-akhir ini. Berbeda dari kuteks biasa yang warnanya sangat pigmented dan hanya bisa dihilangkan dengan aseton, kutek halal biasanya menggunakan bahan yang memungkinkan air untuk bisa menembus pori-pori kuku. Cara membuat kutek halal agak berbeda dari kutek biasa karena bahan-bahan yang digunakan juga berbeda.

Teknik nail art ada bermacam-macam, diantaranya: stone, kuteks, stikers nail art dan nail art halal.Seni kuku ini mengalami perkembangan yang pesat, nail art halal dan nail art non halal sama-sama mengalami perkembangan karena mayoritas perempuan zaman sekarang mulai sadar akan fashion masing-masing, berbagai warna baruyang ditawarkan semakin mendorong minat perempuan untuk melakukan nail art.

Nail art yang membungkus kuku lazimnya bersifat anti air sehingga tidak bisa digunakan untuk berwudu. Muslimah hanya menggunakan nail art pada saat berhalangan atau sedang menstruasi, dengan adanya inovasi baru yaitu nail art halal atau kuteks “wudhu-friendly”, nail art kaum wanita yang beragama Islam dapat mengenakan cat kuku setiap harinya, dikarenakan nail art halal terbuat dari bahan polimer istimewa yang dapat tembus udara dan mempunyai pori-pori yang dapat menembus air, sehingga pada saat wudhu air masuk ke pori-pori cat kuku tersebut. Sehingga kaum wanita yang beragama Islam dapat tetap mengikuti model kuku pada zaman sekarang.[1]

Baca juga:  Manfaat Semua Jenis Foundation Wardah

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)kabarnya menjelaskan bahwa selama kuteks tidak berbahan haram dan mampu menembus pori-pori kuku, maka produk itu dinyatakan halal dan boleh digunakan. Oleh sebab itu, selama beberapa tahun belakangan banyak produsen kosmetik yang berlomba-lomba memproduksi kutek halal yang biasanya bersifat mudah dikelupas.

Selain menggunakan produk kutek halal yang beredar di pasaran, Anda sebenarnya juga bisa membuat kutek halal homemade. Bahan-bahan yang digunakan tentunya tidak terlalu sulit. Berikut caranya.

Cara Membuat Kutek Halal

Pewarna makanan (youtube: Dapur Sehat Mei)

Pewarna makanan (youtube: Dapur Sehat Mei)

Kutek dari Pewarna Makanan

Bahan Membuat Kutek dari Pewarna Makanan

  • Pewarna makanan. Bebas warna apa saja.
  • Bedak tabur bayi secukupnya.
  • 2 buah cotton bud.
  • Wadah kecil.

Cara Membuat Kutek dari Pewarna Makanan

  1. Siapkan wadah yang akan dipakai untuk mencampur bahan-bahan.
  2. Tuangkan 8-9 tetes pewarna makanan ke wadah tersebut.
  3. Tambahkan bedak tabur bayi secukupnya.
  4. Aduk kedua bahan hingga rata dan teksturnya mengental.
  5. Aplikasikan kuteks tersebut ke kuku dengan cotton bud.
  6. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas kuku dengan air bersih. Kuku indah dengan kuteks halal pun jadi!
Baca juga:  Info Review & Harga Berbagai Varian Bedak Elishacoy, Merek Populer Asal Korea Selatan

Kutek Alami dari Kunyit

Kunyit (sumber: detik)

Kunyit (sumber: detik)

Bahan Kutek Alami dari Kunyit

  • 20 gram kunyit
  • 10 gram gambir
  • 5 gram kapur sirih bubuk
  • Air beberapa tetes
  • 5 gram pasta gigi tanpa whitening

Cara Membuat Kutek dari Kunyit

  1. Kupas kunyit dan cuci bersih agar mudah ditumbuk dan diolah.
  2. Tumbuk kunyit bersama gambir hingga teksturnya halus.
  3. Jika sudah halus, tambahkan kapur sirih dan pasta gigi sampai teksturnya menyerupai pasta.
  4. Aduk sampai rata. Tambahkan beberapa tetes air supaya teksturnya mirip kuteks. Kemudian, Anda bisa mengoleskan kutek tersebut ke kuku. Tunggu beberapa saat, lalu bilas kuku.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jika Anda kurang yakin dengan kutek-kutek peel-off atau kutek yang diklaim halal di luar sana, tak ada salahnya mencoba menggunakan pewarna kuku lainnya dari daun pacar atau sebagainya. Sebelum menggunakan bahan-bahan tertentu sebagai pewarna kuku, pastikan Anda tidak memiliki alergi yang berpotensi menyebabkan kulit di sekitar kuku mengalami iritasi.

Baca juga:  Apa Itu Perimenopause? Berapa Lama Dan Bagaimana Gejalanya?

Perlu diketahui, kutek dari bahan-bahan alami seperti kunyit atau bahkan pewarna makanan biasanya tidak bertahan terlalu lama. Jika ingin tahan lebih lama, tentunya Anda masih harus mengoleskan top coat di permukaan kuku Anda. Namun, pengolesan top coat kemungkinan akan menghalangi masuknya air ke pori-pori kuku. Jadi, keputusan kembali lagi ke Anda selaku pengguna.

[1]Donasagita. 2019. Minat Konsumen Terhadap Nail Art Halal Di Counter Halal Nail Gresik. Jurnal Tata Rias. 8(1): 104-110.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: