Cara Membuat Kue Lapis Legit Khas ala Toko Anggrek Palmerah

Kue, lapis, legit, Anggrek, toko, Palmerah, Jakarta, menu, daftar, harga, bolu, varian, jenis, brownies, teknik, cara, bahan, membuat, di, rumah, resep, variasi, special, Surabaya, rainbow, Kue lapis legit disajikan di atas piring (instagram: @margaretharisson)

tentu sudah tidak asing lagi dengan lapis legit. Jajanan khas Indonesia ini identik dengan bentuk yang berlapis dan rasanya yang manis. lapis legit sering dijumpai di toko oleh-oleh maupun toko . Bahkan ada banyak toko khusus yang menjual lapis legit saja. Hal ini menunjukkan bahwa ini memang sangat diminati sebagai tangan ataupun untuk disantap sendiri.

Saat menjelang , kue lapis legit sudah menjadi sorotan banyak orang karena rasanya yang legit dan lezat. Kue lapis legit sering juga disebut dengan spekkoek atau a thousand layer cakes. Kata spek dalam Bahasa mempunyai arti lemak babi. Namun dalam pembuatannya, kue ini sama sekali tidak menggunakan lemak babi, hanya bentuk kuenya saja yang mirip dengan lapisan lemak babi yang berlapis-lapis.

Jika Anda ingin membuat variasi kue lapis legit sendiri di rumah, berikut kami sajikan langkah-langkah membuat kue lapis legit yang nikmat.

-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 60 gram tepung terigu.
  • 200 gram creamery butter/ mentega segitiga.
  • 300 gram mentega Wysman.
  • 300 gram gula halus.
  • 20 gram susu bubuk full cream.
  • 30 butir kuning telur.
  • 4 sdm susu kental manis.
  • Vanili secukupnya
Kue, lapis, legit, Anggrek, toko, Palmerah, Jakarta, menu, daftar, harga, bolu, varian, jenis, brownies, teknik, cara, bahan, membuat, di, rumah, resep, variasi, special, Surabaya, rainbow,

Bahan kuning telur dan tepung terigu untuk membuat kue lapis legit

Cara mudah membuat kue lapis legit

  1. Terlebih dahulu masukkan semua telur ke dalam wadah bersih dan kering yang berukuran besar. Hal ini dilakukan agar ketika Anda hendak mengambil kuning telur, Anda tidak perlu lagi memisahkan putih telur dengan kuningnya satu persatu, cukup mengambilnya dengan sendok saja.
  2. Dalam wadah yang berbeda, masukkan mentega Wysman dan mentega segitiga dan kocok hingga mengembang. Tambahkan susu kental manis, kocok kembali hingga tercampur rata, dan sisihkan.
  3. Dalam wadah yang berbeda pula, masukkan 30 butir kuning telur dan gula, kemudian kocok hingga mengembang dan mengental menggunakan mixer. Jangan menggunakan wadah yang terkena minyak/ mentega, karena akan membuat telur tidak mengembang dengan sempurna. Tambahkan vanili bubuk, kocok kembali hingga mengental dan tercampur rata.
  4. Campur tepung terigu dengan susu bubuk dalam wadah yang berbeda, kemudian sisihkan. Tuangkan adonan telur ke dalam adonan mentega, kemudian aduk perlahan-lahan hingga tercampur rata. Tambahkan campuran tepung terigu dan susu bubuk tadi, kemudian aduk kembali hingga tercampur rata.
  5. Siapkan loyang berukuran 18x18x7 cm atau 20x20x7 cm yang telah dialasi kertas roti (jangan lupa, olesi dengan mentega dan taburi sedikit tepung terigu). Panaskan oven dan mulailah dengan lapisan pertama. Ambil 1 sendok makan adonan, ratakan dalam loyang, panggang sekitar 15 menit dengan menggunakan api atas dan bawah sampai permukaan kue berwarna kecoklatan.
  6. Perlu diingat bahwa untuk memanggang kue lapis legit maupun bolu gulung, biasanya menggunakan oven listrik yang ada api atas dan api bawahnya.
  7. Keluarkan loyang dari oven, ratakan dan tekan permukaan kue hingga rata permukaannya. Kemudian tuangkan lapisan berikutnya dan ratakan menggunakan spatula. Matikan api bawah, dan panggang kue hingga matang kecokelatan menggunakan api atas. Ulangi sampai adonan kue habis.
  8. Pada saat lapisan terakhir, hidupkan kembali api bawah dan panggang kue menggunakan api atas dan bawah hingga matang kecoklatan. Keluarkan loyang dari oven, angkat kuenya, dinginkan, potong-potong, dan kue legit pun sudah siap disajikan.

Membuat kue lapis legit sendiri di rumah memang tidak terlalu rumit. Namun, jika Anda tidak terlalu punya banyak waktu, Anda bisa memanfaatkan sejumlah toko kue yang menawarkan kue lapis legit yang nikmat, salah satunya adalah toko kue Lapis Legit Anggrek.

Toko kue lapis legit Anggrek berdiri tahun 2009, berlokasi di Jalan Palmerah Barat 14 RT.3/RW.7 Palmerah. Toko kue Anggrek mampu bersaing dengan kue lainnya, melalui produk andalannya yaitu kue lapis legit. Yang membedakan toko kue ini dengan yang lainnya adalah ia berhasil memberikan citra rasa kue yang berbeda.

Kue, lapis, legit, Anggrek, toko, Palmerah, Jakarta, menu, daftar, harga, bolu, varian, jenis, brownies, teknik, cara, bahan, membuat, di, rumah, resep, variasi, special, Surabaya, rainbow,

Varian kue lapis legit Anggrek (instagram: @prettyjenn)

Selain menawarkan sejumlah pilihan kue lapis legit yang lezat, toko kue Anggrek juga menyediakan varian menu kue lainnya, seperti bolu dan juga brownies. Meski memiliki cita rasa yang nikmat, kue di toko ini tergolong ekonomis. Berikut daftar menu kue di Toko Anggrek.

Menu Harga
Lapis Rainbow Cake Rp40.000
Lapis Surabaya Special Rp35.000
Lapis Surabaya Istimewa Rp30.000
Lapis Legit Special Rp40.000
Lapis Legit Coklat Rp35.000
Lapis Legit Keju Rp35.000
Bolu Tart Keju Rp30.000
Brownies Kukus Rp30.000
Brownies Bakar / Panggang Rp25.000
Bolu Gulung Strawberry Rp25.000
Bolu Special Rp20.000
Bolu Gulung Coklat Rp25.000

Kue lapis legit di pasaran dibanderol dengan harga bervariasi. Namun beberapa toko umumnya menjual kue ini dengan harga ratusan ribu rupiah. Bahkan ada kue lapis legit yang berharga hampir Rp1 juta.

Mengapa kue ini dibanderol dengan harga tinggi? Ternyata, untuk membuat kue lapis legit ini butuh waktu empat setengah sampai enam jam. Selama proses pemanggangan, kue ini harus ditunggui. Tiap lapisnya harus dikontrol, apa ada gelembung di kuenya. Jika ada gelembung, kue dikeluarkan dari oven kemudian gelembungnya ditusuk. Setelah lapisan satu matang, kemudian dikeluarkan dan dilapisi lagi. Begitu seterusnya.

Gelembung pada kue jika tak dipecahkan dapat membuat lapisan kue menjadi tak rata dan adonan yang baru merembes ke lapisan bagian bawah kue. Jumlah lapisan pada kue lapis legit dapat pula disimpulkan sebagai simbol kerja keras sang pembuat kue. Semakin banyak lapisan kue, maka semakin rajin dan sabar sang pembuat kue lapis.

Tak hanya teknik, kue lapis legit dibanderol dengan harga yang tinggi juga karena penggunaan bahannya yang tak murah. Kue lapis legit kualitas nomor satu hanya menggunakan telur merah dari ayam kampung. Jumlah telur yang digunakan bisa mencapai 30 butir (tergantung besarnya loyang).

Jangan lupakan butter, mentega, dan susu kualitas nomor satu yang mempengaruhi rasa kue. Permintaan untuk variasi kue lapis legit menggunakan tambahan keju, plum, atau choco chips seperti kue lapis legit buatan Sanny juga membuat harganya makin tinggi. Inilah alasan mengapa kue lapis legit dibanderol dengan harga yang tinggi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: