Resep & Cara Mudah Membuat Kimchi Tanpa Gochujang

Kimchi (sumber: pepper.ph)Kimchi (sumber: pepper.ph)

Kimchi atau kimci merupakan makanan tradisional Korea yang kini dikenal luas hampir di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Kimchi biasanya dibuat secara manual ketika musim panen sawi tiba atau ada juga pabrikan yang menjual kimchi dalam kemasan plastik maupun kaleng agar lebih praktis untuk disantap. Setiap keluarga biasanya memiliki resep dan cara atau teknik sendiri-sendiri untuk membuat kimchi. Ada yang menambahkan gochujang (saus pedas khas Korea Selatan) dan ada juga yang membuat kimchi tanpa gochujang.

Kimchi adalah sejenis asinansayuran hasil fermentasi dengan bumbupedas. Sayuran yang di rendam ataudigarami selama beberapa jam kemudiandicuci dan diberi bumbu yang terbuat daricampuran udang krill, kecap ikan, bawangputih, jahe, dan cabe merah bubuk. Karenahasil fermentasi, kimchi memiliki rasamasam seperti acar.

Selain memiliki citarasa yang khas, kimchi juga dipercayadapat memberi manfaat bagi kesehatantubuh manusia karena mengandung kadarserat makanan yang tinggi dan memilikikadar kalori yang rendah. Hal inidisebabkan karena kimchi terbuat dariberbagai jenis sayuran, seperti bawangbombai, bawang putih, dan cabai merahyang kaya akan vitamin dan dapatmenyehatkan tubuh.

Baca juga:  Pemberian Antibiotik Bagi Anak

Bakteri Laktobacillusyang berperan dalam proses fermentasidapat menghasilkan asam laktat dengankadar tinggi, sehingga jika dikonsumsidapat memperlancar sistem pencernaan.Kimchi juga diyakini memiliki khasiatuntuk mencegah kanker.Selain itu kimchi berperan dalam antiinflamasi, antibakteri, antioksidan,antikanker, antiobesitas, sifat probiotik,pengurangan kolesterol, dan sifatantipenuaan bagi tubuh.

Karakteristik kimchi berbedatergantung dengan varietas bahan bakuyang digunakan, metode proses, bumbu,lokalitas dan sifat fungsional kimchi.Kimchi dapat diklasifikasikan atas duakelompok, yaitu kimchi dan mul-kimchi(kimchi dengan penambahan air). Kimchitanpa penambahan air termasuk baechukimchi (potongan kubis), tongbaechukimchi (kubis utuh), yeolmoo kimchi (lobakmuda), kakkdugi (kimchi lobak yangberbentuk kubus), sedangkan mul-kimchitermasuk baek kimchi (baechu kimchidengan penambahan air), dongchimi(kimchi lobak dengan penambahan air),dan nabak kimchi (kimchi denganpotongan lobak dan kubis).[1]

Berdasarkan sejarahnya, kimchi awalnya tidak berwarna merah seperti sekarang. Orang Korea baru mengenal cabai setelah pedagang Portugis dari Jepang datang ke Korea pada abad ke-16. Namun demikian, kreasi kimchi terus berkembang dari waktu ke waktu. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat kimchi sendiri di rumah tanpa menggunakan gochujang, simak resep berikut ini!

Kimchi tanpa gochujang (sumber: pikiran-rakyat)

Kimchi tanpa gochujang (sumber: pikiran-rakyat)

Resep Kimchi Tanpa Gochujang

Bahan Kimchi

Baca juga:  Memilih Gaya Hidup Sehat Untuk Kesuburan Pria & Wanita
  • 1 buah sawi putih besar
  • 1/2 batang lobak putih, iris memanjang
  • 4 batang daun bawang, iris
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 ruas jahe, haluskan
  • 6 sdm bubuk cabe
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 gelas garam kasar
  • 2 sdm kecap ikan
  • Air secukupnya

Cara Membuat Kimchi Tanpa Gochujang

  1. Cuci sawi hingga bersih sampai ke bagian dalam, lalu sisihkan.
  2. Tuangkan 1/2 gelas garam kasar ke wadah yang berisi air. Kemudian, rendam dan biarkan sawi selama 2 jam atau lebih.
  3. Setelah 2 jam, cuci sawi sampai bersih. Anda juga bisa memotong sawi menjadi dua bagian, sisihkan.
  4. Di wadah yang berbeda, campurkan bawang putih, jahe, daun bawang, lobak, kecap ikan, gula, bubuk cabai, dan juga garam.
  5. Balurkan bumbu tersebut secara merata ke seluruh bagian sawi, termasuk bagian dalam-dalamnya. Ketika membalurkan bumbu, usahakan sambil sedikit meremas-remas sawi supaya bumbunya lebih meresap.
  6. Jika sudah, letakkan sawi yang telah dibumbui tersebut dalam wadah yang kedap udara. Diamkan selama 2 hari untuk proses fermentasi.
  7. Setelah dua hari, kimchi homemade bisa disajikan atau diolah lagi jadi kimchi jjigae (sup kimchi).
Baca juga:  Apa Saja Merk Gelatin Halal Menurut LPPOM MUI?

Nah, itulah cara membuat kimchi tanpa gochujang. Apabila Anda ingin mencicipi rasa kimchi yang lebih mendekati original, Anda bisa menggunakan pasta cabe khas Korea, yakni gochujang. Di pasaran kini sudah banyak produk gochujang yang halal dan dibanderol dengan harga relatif terjangkau. Untuk rasa yang lebih maksimal, Anda bisa membiarkan proses fermentasi kimchi selama 2-3 hari.

[1] Azka, ABF dkk. 2018. Pengaruh Konsentrasi Garam Dan Lama Fermentasi Terhadap Sifat Kimia Dan Organoleptik Kimchi. Agroindustrial Technology Journal. 2(1): 91-97.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: