Cara Membuat Keju Mozarella Meleleh, Cepat & Sederhana!

Keju mozarellaKeju mozarella

Keju mozzarella memang punya cita rasa dan tekstur yang begitu menggiurkan. Keju satu ini memang umumnya dijual dengan harga lebih mahal dibanding keju cheddar. Keju mozarella biasanya dijadikan topping pizza dan sengaja disajikan selagi panas dalam kondisi keju meleleh. Tak hanya pizza, ada banyak aneka resep makanan nikmat yang bisa dibuat dengan cara mudah menggunakan keju mozzarella.

Keju dibuat dari susu segar yang digumpalkan hingga terpisah dari cairannya kemudian difermentasi. Tahap pemadatan dan fermentasi selama proses pembuatan keju semakin meningkatkan nilai gizinya. Pada saat pembuatannya keju ditambah dengan garam agar berasa gurih/asin. Di pasaran ada beberapa jenis keju seperti keju cheddar, edam, mozzarella, dan parmesan.

Keju mozarella merupakan keju Italia yang lunak, lentur, dan dibuat dari susu kerbau atau sapi tanpa pemeraman. Keju ini berwarna putih, cita rasanya ringan dan biasanya dibungkus dengan plastik karena teksturnya lentur seperti karet. Saat dipanggang atau terkena suhu tinggi keju ini akan meleleh dan mulur seperti karet. Keju ini biasa digunakan pada pizza, roti, dan salad, dan bisa dibeli dalam bentuk sudah diserut kasar, siap pakai, atau dalam bentuk potongan.[1]

Baca juga:  Apakah Sarapan Mampu Menurunkan Berat Badan?

Jika memakai keju mozzarella, sebaiknya sajikan dalam keadaan hangat karena jika sudah dingin keju mozzarella akan kembali mengeras.[2] Seperti yang Anda ketahui, keju mozzarella di pasaran memang dijual dengan harga yang relatif mahal, berkisar mulai Rp20 ribuan ke atas, apalagi yang impor atau merek luar negeri harganya tentu bisa lebih mahal lagi. Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan atau membuat keju mozzarella, berikut panduannya.

Pizza dengan keju mozarella leleh

Pizza dengan keju mozarella leleh

Cara Membuat Keju Mozarella Meleleh

Keju mozzarella yang hendak dilelehkan sebaiknya dibiarkan berada pada suhu ruangan atau dikeluarkan terlebih dahulu dari kulkas. Setidaknya ada beberapa cara untuk melelehkan keju mozzarella, yang pertama adalah menggunakan torch. Teknik ini merupakan yang termudah bila Anda berencana menggunakan keju mozzarella sebagai topping di atas makanan. Pakailah blow torch untuk memanaskan mozzarella supaya meleleh, tetapi jangan memanaskannya dalam kondisi terlalu dekat supaya tidak gosong atau terbakar dan menghitam.

Baca juga:  Bagaimana Caranya Agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang?

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah menggunakan oven atau microwave. Tempatkan di sebuah wadah anti panas dan panggang dalam microwave selama 2-3 menit atau menggunakan oven (api atas) sampai keju meleleh. Cara tersebut juga dapat Anda gunakan bila ingin memakai keju mozarella sebagai isian (filling). Cukup lelehkan mozzarella dan dipotong-potong untuk isian.

Resep Keju Mozarella KW

Bahan Keju Mozzarella KW

  • 180 gram parutan keju cheddar
  • 300 ml susu cair full cream (plain)
  • 1 bungkus agar-agar plain (tanpa rasa)
  • 2 sdm (sendok makan) tepung tapioka yang dilarutkan dengan sedikit susu, atau bisa diganti dengan tepung sagu atau maizena
  • 2-5 sdm susu kental manis
  • Garam secukupnya
Keju mozarella

Keju mozarella

Cara Membuat Keju Mozarella KW

  1. Tuangkan susu cair, susu kental manis, garam, dan agar-agar ke dalam panci, aduk rata (dalam kondisi kompor belum menyala). Jika sudah tercampur, letakkan panci di atas kompor dan nyalakan api kecil.
  2. Masukkan parutan keju cheddar secara perlahan ke dalam panci, sambil terus diaduk memutar.
  3. Jika keju sudah tercampur rata, masukkan larutan tepung tapioka dan aduk terus hingga tekstur adonan menjadi kental dan kenyal. Matikan api apabila adonan telah meletup-letup.
  4. Tuang adonan yang telah matang dalam wadah kering, lalu diamkan sebentar hingga temperaturnya turun. Apabila sudah mulai dingin, tutup wadah dengan rapat dan masukkan ke freezer. Adonan tersebut dapat bertahan hingga berminggu-minggu apabila disimpan dengan baik dan rapat dalam freezer.
Baca juga:  Bahan & Cara Membuat Seblak Mie Instan

Keju mozarela alternatif tersebut bisa dipakai saat sudah mengeras. Anda dapat mengeluarkan keju dari freezer, kemudian potong-potong sesuai kebutuhan. Meskipun tidak bisa se-melar keju mozzarella yang sesungguhnya, namun rasa dari keju mozzarella KW ini tak kalah lezat kok!

[1] Murdiati, Agnes, Amaliah. 2013. Panduan Penyiapan Pangan Sehat Untuk Semua (hlm 86). Jakarta: Kencana.

[2] Marcella, Irma. 2019. Quick ‘N Easy Homemade Snacks (hlm 172). Zepthi, editor. Jakarta: Kriya Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: