Info Lengkap Cara Membuat Kecap Asin untuk Mie Ayam

Ilustrasi: kecap asinIlustrasi: kecap asin

Siapa yang tak kenal kecap? Kecap menjadi bagian dari bumbu dapur yang berperan sebagai penambah rasa. Kecap umumnya memiliki rasa yang manis atau asin dengan fungsi berbeda. Kecap asin menjadi bumbu populer yang disajikan untuk berbagai jenis masakan salah satunya mie ayam. Di pasaran, Anda dapat dengan mudah menggunakan kecap asin yang banyak dijual. Selain itu, Anda dapat membuat kecap asin sendiri di rumah dengan cara dan bahan yang mudah didapatkan.

Sebelum membahas cara pembuatan kecap asin, maka ada baiknya Anda memahami terlebih dulu asal-usul kecap. Kecap atau soy sauce merupakan bumbu yang sudah sejak berabad-abad silam dipakai di dapur masyarakat China, kemudian berkembang hingga ke seluruh Asia bahkan kini telah mendunia. Kecap adalah hasil fermentasi biji kedelai atau kedelai hitam yang melalui berbagai tahapan sehingga diperoleh cairan berwarna kecoklatan hingga hitam. Kecap selanjutnya diberi tambahan gula atau garam untuk membentuk rasa manis atau asin. Selain dibuat dari kedelai, kecap juga dapat dibuat dengan memfermentasi protein ikan sehingga kecap ini dikenal sebagai kecap ikan.

Awalnya, kedelai difermentasi oleh kupang atau jamur Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. menjadi semacam tempe kedelai. Kemudian tempe dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam sebagai senyawa yang efektif terhadap pertumbuhan mikrobia. Hanya mikrobia tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut.

Mikrobia yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti Khamir Zygosaccharomyces dan bakteri susu Lactobacillus. Mikrobia ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15-20%.[1]

Secara umum, kecap dapat dibuat atau diproduksi dalam usaha skala kecil atau menengah bahkan rumah tangga. Namun, masing-masing industri kecap memiliki bumbu rahasia atau resep khusus sehingga rasa kecap yang dihasilkannya memiliki nilai lebih atau ciri khas dibandingkan dengan yang lain.

Baca juga:  Jangan Tertipu Harga Mahal, Begini Cara Mengetahui Peringkat Susu Formula Terbaik

Untuk membuat kecap dari 1 kg kedelai, pertama kedelai dicuci lalu direndam dalam 3 liter air selama satu malam. Kemudian direbus sampai kulit kedelai menjadi lunak, lalu ditiriskan di atas tampah dan didinginkan. Kapang tempe ditambahkan pada kedelai yang didinginkan tersebut sambil diaduk hingga rata dan disimpan pada suhu ruangan selama 3-5 hari.

Setelah kedelai ditumbuhi kapang yang berwarna putih merata, tambahkan larutan garam. Kedelai tersebut lalu ditempatkan dalam suatu wadah dan dibiarkan selama 3-4 minggu pada suhu kamar dengan batas maksimum proses penggaraman adalah 2 bulan. Setelah selesai penggaraman, segera dituangi air bersih dan direbus hingga mendidih lalu disaring. Hasil saringan ditambah gula, dan bumbu-bumbu seperti daun usar, daun salam, daun sereh, daun laos, gula merah, air untuk melarutkan gula merah dan garam dapur.

Tak jauh berbeda dari kecap manis, proses pembuatan kecap asin terbilang sama. Hanya saja ditambahkan garam lebih banyak dan gula lebih sedikit sehingga memiliki asin dengan tekstur encer, dan warnanya lebih terang. Kecap asin dapat berfungsi sebagai pengganti garam ataupun penambah rasa asin pada masakan. Agar aroma kecap asin dalam makanan tetap segar, kecap asin ditambahkan sesaat sebelum masakan diangkat.

Kecap Asin untuk Mie Ayam

Ilustrasi: kecap asin

Ilustrasi: kecap asin

Rasanya tidak lengkap bila tumisan dimasak tanpa kecap asin, khususnya masakan mie ayam. Rasa khas asin-manis yang diberikan tentu berbeda dengan asinnya garam atau manisnya kecap. Namun, Anda dapat membuat bahan alternatif lain yang dapat menyerupai rasa kecap asin.

Cuka dan Bawang Putih

Dengan menggunakan kedua bahan ini, Anda dapat membuat bumbu mie ayam yang mengandung rendah sodium, sehingga tak perlu cemas akan tekanan darah. Anda tinggal menyiapkan 2 siung irisan bawang putih, 3 sdm bawang merah bubuk, ¾ gelas cuka, dan 3 sdm molase (tetes tebu) hitam. Anda dapat memanaskan cuka dan irisan bawang putih, letakkan di wadah kedap udara lalu dinginkan semalaman. Anda dapat menyaring larutan dan menambahkan sisa bahan lain.

Baca juga:  Dengan Sensasi Rasa Segar, Olahan Kolang Kaling Banyak Diminati Masyarakat

Kaldu Sapi Bubuk

Kegurihan kaldu sapi memang tidak perlu diragukan. Tapi, agar mirip dengan kecap asin, Anda perlu bahan tambahan yang bercita rasa asam dan manis. Jadi, siapkan juga molase (tetes tebu) hitam dan cuka apel. Dimulai dengan mencampur 1,5 gelas air dengan 4 sendok makan kaldu sapi bubuk, 4 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan molase, ¼ sendok teh jahe bubuk, serta sedikit bawang putih bubuk dan merica yang dimasak dengan api sedang-besar.

Kaldu Sayuran Bubuk

Kaldu sayuran memang tidak segurih kaldu sapi, tetapi sensasi segar, ringan dan jernih yang diberikan dijamin tidak ada duanya. Mulai dengan mencampurkan 1,5 gelas kaldu sayuran, 1,5 gelas air, 4 sendok makan cuka, 1 sendok makan molase, 1 sendok teh minyak wijen, ¼ jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya. Masak campuran tersebut hingga menyusut setengahnya dan aduk terus agar bumbu larut.

Anda dapat menggunakan bahan tersebut karena mudah ditemui di dapur sebagai pengganti kecap asin. Selama memasak, Anda dapat mengkreasikan bahan pengganti kecap asin sesuai hidangan yang hendak dimasak.

Resep dan Cara Membuat Mie Ayam

Sajian mi ayam dengan saus dan kecap (sumber: insanmedika.co.id)

Sajian mi ayam dengan saus dan kecap (sumber: insanmedika.co.id)

Bahan untuk membuat mie ayam:

  • 500 g mie basah atau mie telor
  • 300 g daging ayam
  • ½ liter minyak ayam

Bumbu yang dihaluskan untuk mie ayam:

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 cm kunyit
  • 3-4 butir kemiri
  • 1 ruas jari jahe sebagai pelengkap

Air kaldu mie ayam:

  • 2 liter air rebusan daging ayam
  • ½ sdt lada bubuk
  • ½ sdt garam atau sesuai selera
  • Jika kurang kental bisa menambahkan tulang ayam secukupnya.
Baca juga:  Ini Tips & Cara Memotong Daging Sapi yang Benar

Bahan Pembuat Minyak Ayam:

  • ½ liter minyak goreng
  • 125 g bawang putih iris tipis-tipis
  • 75 g ketumbar
  • 75 g kulit ayam

Bahan Pelengkap mie ayam:

  • 2-3 batang daun bawang dirajang ukuran 1 cm
  • Daun caisim secukupnya, lalu rajang ukuran 2 cm
  • 1 botol kecil kecap manis
  • 1 botol kecil kecap asin
  • 1 botol kecil kecap Inggri (boleh tidak)

Langkah Penyajian Resep Mie Ayam:

  1. Pertama adalah membuat kaldu mie ayam dulu : Rebus lagi air rebusan daging ayam, apabila kurang dari 2 liter bisa tambahkan air biasa sampai 2 liter.
  2. Tambahkan potongan tulang ayam secukupnya, masukkan lada bubuk dan garamnya. Masak sampai mendidih dan sisihkan.
  3. Membuat masakan ayamnya : rebus ayam yang telah dipotong kecil-kecil.
  4. Setelah matang, masukkan bumbu yang dihaluskan. Lalu, tumis menggunakan sedikit minyak goreng sampai aromanya harum dan matang.
  5. Masukkan garam beserta penyedap rasa secukupnya. Angkat dan tuangkan ke wadah bersih.

Cara membuat minyak ayam:

  1. Siapkan wajan, masukkan semua bahan pembuat minyak ayam ke dalamnya. Masak dengan api kecil sampai bawang putih dan kulit ayamnya matang, biasanya berwarna coklat.
  2. Setelah itu, minyak ayam sudah siap untuk mie ayam yang enak dan gurih.
  3. Ambil mangkuk dan isi dengan air panas. Lalu, masukkan mie dan irisan daun caisim.
  4. Siapkanlah mangkok sajian, kemudian tuangkan 2 sdm minyak ayam dan beri penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk agar berbaur.

Setelah mie matang, Anda dapat memasukkannya ke dalam mangkuk dan menambahkan topping ayam sesuai selera dan terakhir menyiramnya dengan air kaldu dan taburi daun bawang secukupnya. Agar hidangan lebih lengkap, dapat ditambahkan saus sambal, saus tomat serta sambal balado.

[1] Garjito, Murdijati. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia(Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013), hlm. 83

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: