Bagaimana Cara Membuat Hair Clip Sendiri di Rumah?

Wanita berambut panjangWanita berambut panjang

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut tampak lebih panjang dan bervolume dengan cara instan, seperti memasang hair extension. Sementara tarif memasang dan harga hair extension tidak murah, Anda bisa membuat rambut sambungan sederhana dengan varian hair clip yang mudah dipasang sewaktu-waktu. Lalu, bagaimana cara membuat hair clip sendiri?

Cara membuat hair clip sendiri memang terbilang gampang-gampang susah, apalagi bagi pemula. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena prinsipnya hampir sama dengan hair extension, sehingga bisa dipelajari dengan mudah. Hair extension sendiri adalah metode memanjangkan rambut dengan memasukkan rambut buatan atau alami yang dikumpulkan dari orang lain, menggunakan perekat.[1]

Meskipun menggunakan perekat, prinsip hair clip tidak memakai lem yang harus dipanaskan, sehingga tidak merepotkan Anda. Hair clip menggunakan perekat dengan bentuk jepitan atau biasa disebut dengan clip rambut. Sehingga, rambut sambungan akan mudah dibongkar pasang tanpa merusak rambut Anda.

Cara Membuat Hair Clip

Hairclip extension (sumber: vipinhairextension.com)

Hairclip extension (sumber: vipinhairextension.com)

  • Sebelum membuat hair clip, Anda harus menyiapkan bahan utamanya, seperti rambut. Untuk rambut yang digunakan, Anda bisa memakai rambut asli atau sintetis yang bisa Anda dapatkan di salon atau toko rias.
  • Selain mendapatkannya dari orang lain, Anda juga bisa menggunakan rambut sendiri. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan potong rambut dengan ukuran yang panjang, sebaiknya jangan dibuang. Simpan rambut Anda dan jadikan sebagai hair clip. Sehingga, jika Anda merasa rambut Anda terlalu pendek setelah potong, Anda bisa menggunakan hair clip Anda untuk menyambungnya.
  • Untuk rambut sintetis, pilihlah jenis bahan yang tidak terbuat dari nilon kaku. Mereka yang memilih menggunakan rambut sintetis berbahan nilon yang terlalu kaku, biasanya hair clipnya mudah kusut dan sulit diatur.
  • Siapkan juga benang jahit yang warnanya senada dengan warna rambut. Selain itu, siapkan alat seperti, gunting, lem, jepitan rambut, senar, jarum, dan sisir.
  • Ukurlah senar selebar kepala Anda atau selebar spot yang akan ditempelkan hair clip, dengan cara membuat pola huruf U di bagian belakang kepala. Gunting senar dan lakukan hal yang sama hingga dua kali.
  • Bagi Anda yang menggunakan rambut asli atau sintetis dengan bentuk paketan, Anda bisa langsung memotongnya sesuai dengan panjang yang Anda inginkan.
  • Sementara bagi Anda yang menggunakan rambut asli, Anda perlu menjahitnya terlebih dahulu. Caranya, tempelkan rambut asli Anda pada senar dan benang, lalu jahit menggunakan mesin jahit. Setelah membentuk paket rambut, Anda baru bisa memotongnya sesuai dengan panjang rambut yang Anda inginkan.
  • Rambut yang sudah dipotong harus segera dilekatkan pada tali senar yang sudah diukur sebelumnya. Cara melekatkannya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menumpuk paket rambut pertama dengan ke-2 dan seterusnya. Jahit menggunakan benang dengan rapi.
  • Untuk menjahit tumpukan rambut, Anda tidak perlu menggunakan mesin jahit, cukup dengan jarum dan benang jahit, maka rambut tidak akan terurai.
  • Pilihlah jenis penjepit rambut yang tipis, namun memiliki daya rekat kuat terhadap rambut Anda. Kebanyakan orang biasanya memiliki jepitan dengan model kepala buaya atau jepit lidi yang dapat dikunci.
  • Jahitlah jepit agar menyatu dengan rambut sambungan yang sudah jadi. Setelah hair clip jadi, rapikan bagian rambut dan jepitnya, agar terlihat alami. Sisirlah rambut pada hair clip dari bagian atas ke bawah dalam satu pola.
  • Untuk membuat tampilan hair clip lebih menarik, Anda bisa mewarnai sesuai dengan warna rambut Anda. Beberapa orang juga mewarnai hair clip untuk menciptakan efek highlight dan omber dengan warna cerah.
  • Bagi Anda yang ingin membuat hair clip dengan varian lurus, Anda bisa mencatoknya menggunakan alat catokan yang biasa Anda gunakan.
  • Selain itu, Anda bisa membuat bentuk keriting gantung pada hair clip dengan teknik mengeriting bagian ujung hair clip.
Baca juga:  Wardah Instaperfect Series, Rangkaian Produk Kosmetik Terbaru yang Praktis & Ramah di Kantong

Setelah Anda puas dengan hasil hair clip buatan Anda, jangan lupa untuk mencobanya di depan cermin. Cara memakai hair clip tidak sesulit mengaplikasikan hair extension dengan model lem lilin.

Cara Memakai Hair Clip

Cara memasang hairclip extension (sumber: kosa-bg.com)

Cara memasang hairclip extension (sumber: kosa-bg.com)

Untuk memakai hair clip, pastikan warna rambut dan warna hair clip Anda senada atau bergradasi. Ini akan membuat tampilan rambut menjadi lebih natural dan tidak terkesan sambungan. Jangan lupa untuk menata rambut Anda dan merapikannya menggunakan sisir. Penting untuk menata rambut agar hair clip mudah dipasang.

Sesuaikan bentuk hair clip dengan model rambut Anda. Jika saat ini Anda memiliki model rambut lurus, maka Anda harus mencatok hair clip agar terkesan natural. Bagi menjadi dua bagian rambut, bagian atas dan tengah Anda. Akan lebih mudah jika Anda menandai bagian tengah pertumbuhan rambut Anda.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Bengkoang di Rumah

Sibakkan rambut bagian atas dan jepit menggunakan jepitan rambut, sehingga Anda seolah melihat ada garis pemisah antara rambut bagian atas dan bawah. Ambil hair clip Anda dan buka penjepit bagian tengah hair clip, lalu jepitkan di rambut bagian bawah garis pemisah. Jepit hair clip sesuai dengan posisi rambut bagian tengah bawah Anda.

Setelah jepit bagian tengah hair clip terpasang dengan kokoh, buka penjepit hair clip di bagian samping kiri dan kanan. Jepit hair clip pada rambut samping dan kiri di bagian bawah garis pemisah. Pastikan Anda menjepit hair clip dengan baik, agar hair clip tidak mudah jatuh atau lepas.

Lepas jepitan atau ikatan rambut bagian atas untuk menutup garis pemisah pada rambut. Setelah itu, Anda bisa berkaca dan merapikan bentuk rambut Anda. Sisir secara perlahan bagian atas rambut (rambut asli) hingga ke bagian bawah (rambut sambungan). Sehingga, bentuk rambut akan terkesan natural.

Cara memasang hairclip extension (sumber: thesun.co.uk)

Cara memasang hairclip extension (sumber: thesun.co.uk)

Untuk membuat kesan natural dan membuat wajah terlihat lebih segar, banyak juga orang membuat tampilan bun pada bagian tengah rambut. Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu memasang hair clip terlebih dahulu. Setelah itu, ambil lapisan pertama hair clip dan campur dengan rambut bagian atas (rambut asli). Sisir secara perlahan dan gulung rambut ke atas, lalu jepit membentuk bun di bagian tengah. Sehingga, Anda mendapatkan bentuk rambut setengah bun dan setengah terurai.

Baca juga:  Inspirasi Padu Padan Baju Atasan Untuk Celana Kulot Panjang

Bagian bawah rambut, agar tidak terkesan membosankan, ambil catokan silinder Anda. Gulung sedikit rambut dan panaskan, maka terciptalah model rambut keriting gantung. Cocok untuk Anda yang ingin tampil dengan wajah segar dan tirus. Model rambut ini konon akan membuat Anda terlihat lebih feminin. Sebagai hiasan, gunakan tusuk konde atau jepit rambut dengan aneka ornamen. Anda bisa menggunakan jepit rambut berbentuk pita atau bunga.

Setelah puas menggunakan hair clip, lepas hair clip dengan cara memisahkan rambut asli bagian atas dengan bagian hair clip. Ikat rambut bagian atas agar tidak tercampur dengan rambut sambungan. Secara perlahan, buka jepit bagian samping kanan dan kiri, kemudian buka jepit bagian tengah secara bergilir.

Buka ikatan rambut asli Anda dan rapikan menggunakan sisir. Untuk menyimpan hair clip, Anda tidak bisa meletakkannya begitu saja. Hair clip harus digantung atau diletakkan pada kepala manekin, sehingga bentuknya tidak berubah. Selain itu, Anda harus rajin mencuci hair clip dengan shampoo agar tidak mudah berjamur, lembap, bau, atau berkutu.

[1] Laily, Nurindah. 2017. Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Rambut untuk Hair Extension pada Salon Revy (Skripsi). Program Studi Muamalah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: