Ternyata Mudah Kok, Begini Cara Membuat Granola Panggang & Tanpa Oven

Ilustrasi: memanggang granola dalam oven (sumber: pacificresort.com)Ilustrasi: memanggang granola dalam oven (sumber: pacificresort.com)

Granola adalah makanan sarapan dan makanan ringan yang terdiri dari rolled oat, kacang-kacangan, madu atau pemanis lainnya seperti gula merah, dan terkadang puffed rice, yang biasanya dipanggang sampai renyah dan berwarna cokelat keemasan. Selama proses memanggang, campuran diaduk untuk menjaga konsistensi sereal sarapan yang gembur.

Dilansir dari Klikdokter, granola pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat pada 1890-an. Meski biasanya terbuat dari oat yang dicampur kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, granola juga dapat dibuat dari barleys, gandum hitam, atau biji-bijian lainnya. Campuran diaduk dengan minyak canola, mentega atau lemak lain, kemudian dibuat lebih manis dengan madu atau sirup maple dan dipanggang sampai bahan-bahan itu membentuk gumpalan renyah. Karena sudah dipanggang dan memiliki rasa, granola bisa langsung dimakan tanpa perlu diproses dahulu.

Jenis sereal ini tidak seperti muesli atau oat yang penyajiannya harus menggunakan susu atau campuran yoghurt. Kalaupun menggunakan campuran dalam penyajiannya, hal tersebut bisa disesuaikan dengan selera setiap orang.

Baca juga:  Manfaat dan Resep Teh Bunga Mawar

Granola dipasarkan dalam berbagai nama dan variasi. Perhatikan daftar bahannya dengan saksama karena banyak granola yang memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi. Sebaiknya, cobalah membuatnya sendiri. Mudah, lebih murah, dan bahan-bahannya dapat dibuat untuk menyesuaikan dengan pilihan keluarga Anda. Dapat juga digiling menggunakan blender dan disajikan bersama susu kepada batita dan anak kecil Anda, yang akan tersedak jika memakan sereal yang tidak dihaluskan. Cara lain untuk melembutkan granola adalah membiarkannya di dalam semangkuk susu selama semalam di dalam lemari es.

Granola

Granola

Resep Granola Panggang

Bahan Granola Panggang

  • 4 gelas oatmeal, belum dimasak
  • 1 1/2 gelas bibit gandum (mentah atau sudah dibakar)
  • 1 gelas kelapa, diparut
  • 1/4 gelas susu kering tanpa lemak
  • 1-2 sendok teh kayu manis
  • 1 sendok makan gula cokelat
  • 1/3 gelas minyak sayur
  • 1/2 gelas madu
  • 1 sendok makan vanili
  • 1/2 gelas wijen (pilihan)
  • 1/2 gelas kacang mentah, atau kismis (pilihan)

Cara Membuat Granola Panggang

  1. Campur bahan-bahan kering di dalam mangkuk besar. Campurkan minyak, madu, dan vanili di dalam panci dan hangatkan.
  2. Tuang ke dalam campuran bahan-bahan kering dan aduk hingga semua bagiannya tertutupi (mengaduk menggunakan tangan sangat berguna di sini).
  3. Ratakan campuran tersebut pada wajan yang panjang dan rendah atau loyang panggang melingkar yang telah dilumuri mentega. Panggang pada suhu 120°C selama satu jam atau pada suhu 150°C selama setengah jam, tergantung pada jadwal Anda (atau microwave di dalam loyang kaca yang rendah selama 10-15 menit pada panas tinggi, aduk setiap 5 menit). Balik menggunakan sendok adonan dari waktu ke waktu.
  4. Setelah selesai memanggang, tambahkan biji-bijian, kacang, dan buah kering seperti kismis.
  5. Dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.[1]
Ilustrasi: granola bars

Ilustrasi: granola bars

Jika Anda membutuhkan cemilan sehat seperti granola bars tetapi tidak mempunyai oven, tak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa membuat granola bars tanpa dipanggang, alias no bake granola bars.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengupas dan Membuat Tepung Kacang Hijau?

Resep Granola Bars Tanpa Oven

BahanGranola Bars

  • 75 ml susu cair
  • 100 ml madu
  • 150 gram selai kacang
  • 250 gram rolled oats, sangrai
  • 100 gram almond panggang, cincang kasar
  • 150 gram mixed dried fruit/buah kering, cincang kasar

Cara Membuat Granola Bars Tanpa Oven

  1. Masukkan susu cair, madu, dan selai kacang dalam panci. Rebus hingga susu panas,selai kacang leleh, dan tercampur rata. Angkat.
  2. Masukkan rolled oats, almond, dan mixed dried fruit. Aduk rata.
  3. Tuangkan ke dalam loyang persegi ukuran 16×16 cm yang sudah dialasi dengan parchment paper. Tekan hingga padat.
  4. Masukkan loyang ke dalam lemari es dan biarkan granola padat. Keluarkan, potong-potong ukuran 2 x 8 cm. Sajikan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan membuatnya? Anda bisa menyantap granola panggang maupun granola bars sewaktu-waktu ketika rasa lapar menghampiri.

Baca juga:  Lebih Alami, Begini Cara Membuat Saus Tomat Sendiri dengan Bahan Sederhana

[1] Lansky, V. 2007. 101 Resep Lezat dan Sehat Si Buah Hati Anda (hlm 110-111). Terjemahan oleh Sari KW. Hermawan A, editor. Yogyakarta: B-first.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: