Cara Membuat Espresso Manual Tanpa Alat/Mesin Kopi

Ilustrasi: kopi espresso (pexels: samer daboul)Ilustrasi: kopi espresso (pexels: samer daboul)

Menyeruput secangkir espresso di pagi hari memang bisa meningkatkan energi Anda. Selain membelinya di café-café yang memiliki mesin espresso, Anda sebenarnya juga bisa membuat espresso sendiri di rumah secara manual tanpa mengandalkan alat yang mahal harganya. Dengan membuat espresso sendiri, budget ngopi bulanan Anda jadi lebih hemat bukan?

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau “cepat”.

Pembuatan minuman (brewing) kopi seperti ini dikembangkan di Milan, Italia, sejak awal abad ke-20. Awal terciptanya espresso ditandai dengan ditemukannya mesin kopi yang dapat mengeluarkan uap dan air mendidih melalui kopi bubuk oleh Luigi Bezzera pada 1901. Mesin tersebut merupakan cikal bakal dari mesin espresso yang umum digunakan saat ini.

Bezzera membuat mesin tersebut untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada waktu itu, yaitu lamanya waktu pembuatan kopi yang mencapai lima menit. Hak paten untuk mesin yang diciptakan Bezzera kemudian dibeli oleh Desiderio Pavoni pada 1903. Perusahaan milik Pavoni pun mulai memproduksi mesin berdasarkan mesin Bezzera dan menamakannya La Pavona.

Baca juga:  Tak Kalah Enak, Begini Cara Membuat Sagu Mutiara Sendiri di Rumah

Espresso merupakan jenis yang paling basic. Tradisionalnya, satu cup espresso terbuat dari 7-9 gram bubuk kopi dan seharusnya dibuat tidak lebih dari 25 detik. Satu shot espresso biasanya berukuran 25-30 ml. Tekanan tinggi mutlak diperlukan untuk menyeduh espresso agar bisa menciptakan karakter dan lapisan padat berwarna coklat— yang disebut crema dan merupakan penanda bahwa espresso itu baik.

Espresso coffee adalah ekstrak kopi atau disebut juga jiwanya kopi (kopi panas dibuat dengan alat espresso mesin). Merupakan paduan tiga kekuatan kopi, yaitu aroma, kekentalan, dan rasa yang dahsyat. Cara membuat espresso coffee adalah biji kopi kering digiling hingga menjadi bubuk, kemudian dipadatkan atau diperas. Alat yang digunakan dalam membuat espresso coffee adalah mesin espresso, grinder (penggiling biji kopi), dan tamper (pemadat kopi). Espresso dapat disajikan dengan kombinasi dengan busa susu, dengan taburan coklat atau kayu manis bubuk di atasnya.[1]

Baca juga:  Rekomendasi Merk Dark Coklat Terbaik

Untuk membuat espresso yang sempurna, Anda memang membutuhkan mesin pembuat kopi. Seperti diketahui, harga mesin kopi semacam ini memang cukup mahal, bisa berkisar jutaan hingga ratusan juta rupiah. Cara membuat espresso yang memiliki crema dan body yang kuat secara manual tanpa alat apapun memang hampir mustahil untuk dilakukan. Anda setidaknya tetap perlu alat-alat sederhana untuk bisa mencicipi kopi yang nikmat sebagai alternatif mesin espresso. Seperti apa caranya?

Membuat espresso dengan french press (sumber: detik)

Membuat espresso dengan french press (sumber: detik)

Cara Membuat Espresso Manual Tanpa Alat

Aeropress

Jika Anda pencinta kopi manual, tak ada salahnya mencoba alat bernama Aeropress. Aeropress terlihat kompak dan kokoh dengan bentuk silinder dan saringan di bagian bawahnya. Cara membuat espresso dengan Aeropress tidak terlalu sulit. Letakkan saringan di tutup bagian bawah Aeropress yang dipakai untuk menyaring kopi. Kemudian, taruh Aeropress di atas gelas untuk menampung kopi. Masukkan 2 sendok bubuk kopi yang digiling halus, tuang setengah gelas air panas, aduk perlahan dengan sendok, dan diamkan selama 30 detik. Selanjutnya, tekan plunger Aeropress perlahan untuk mengekstraksi kopi espresso. Metode ini relatif murah dan mudah untuk menghasilkan kopi espresso, meski hasil cremanya mungkin tidak setebal jika menggunakan mesin espresso.

Baca juga:  Resep Selada Banjar yang Mudah & Lezat

French Press

Alternatif membuat kopi yang nikmat berikutnya adalah dengan mengandalkan alat french press. Metode ini memang tidak bisa menghasilkan kopi yang terlalu pekat, namun setidaknya cukup untuk menghasilkan kopi yang layak minum ala di kafe-kafe.

Caranya, giling terlebih dahulu biji kopi sampai halus. Letakkan bubuk kopi dalam alat french press. Rebus air dan tuang sedikit dalam gelas french press, diamkan beberapa saat hingga bubuk kopi terekstraksi sepenuhnya. Tuangkan sisa air dan tunggu sekitar 4 menit. Setelah itu, tekan gelas french press dengan kuat secara perlahan. Tuang kopi dalam cangkir dan nikmati.

[1] Danutirta, R & Rahmi S. 2017. Teknik Pembuatan Perfect Espresso Pada Operasional Lobby Lounge, Redtop Hotel Jakarta. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies. 2(1): 1-17.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: