Cara Membuat dan Cara Pakai Cuka Apel Untuk Toner

Cuka apel (sumber: elliekrieger.com) Cuka apel (sumber: elliekrieger.com)

Pemanfaatan cuka apel untuk kesehatan kulit memang sudah tersohor, namun bagaimana jika digunakan dalam jumlah besar seperti menambahkannya dalam air mandi? Tak hanya dapat memperkaya rasa makanan dan membantu meningkatkan kesehatan, pamor cuka sari apel atau cuka apel juga cukup terkenal sebagai pembasmi jerawat dan membantu perawatan kulit. 

Cuka apel telah lama dikenal sebagai toner alami yang baik untuk kulit wajah, khususnya Anda dengan tipe kulit berminyak. Sifat astringent dalam cuka apel membantu menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Penggunaan cuka apel secara teratur dapat mencerahkan kulit wajah. Cuka apel juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda, mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

Selain memiliki fungsi toner pada umumnya yaitu membersihkan kotoran di wajah, termasuk make up dan sunscreen, toner cuka apel tentunya memiliki manfaat lain. Sebagai informasi, toner yang terbuat dari cuka apel mampu membantu memperbaiki pH kulit, meratakan tona kulit, mengurangi penampilan noda-noda di wajah akibat sinar matahari, memperkecil pori-pori, serta membuat wajah Anda terlihat lebih flawless. Tidak hanya itu, berkat kandungan antibakteri dan antiseptic di dalamnya, toner cuka apel ini juga bisa membantu menyembuhkan maupun mencegah jerawat. 

Cara Membuat dan Cara Pakai Toner Cuka Apel

Untuk membuat toner cuka apel ini, Anda hanya memerlukan 3 alat dan bahan, yaitu:

  • Cuka apel
  • Air Mineral
  • Botol atau wadah bersih

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air mineral dengan cuka apel ke dalam botol atau wadah bersih, kemudian mengocoknya hingga tercampur sempurna. Nah, untuk perbandingan volume air mineral dan cuka apel yang dicampurkan, sebaiknya Anda menyesuaikan takarannya dengan jenis kulit Anda, agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa menyebabkan masalah kulit. Berikut ini detailnya:

  • Kulit Sensitif: Cuka apel : air mineral = 1 : 4, jadi misalnya Anda menggunakan 5 sdm (sendok makan) cuka apel, Anda perlu mencampurkannya dengan 20 sdm air mineral.
  • Kulit Normal: Cuka apel : air mineral = 1 : 2, jadi misalnya Anda menggunakan 8 sdm cuka apel, Anda perlu mencampurkannya dengan 16 sdm air mineral.
  • Kulit Berminyak: Cuka apel : air mineral = 1 : 1, jadi misalnya Anda menggunakan 15 sdm cuka apel, Anda perlu mencampurkannya dengan 15 sdm air mineral.
Ilustrasi: bahan membuat toner cuka apel (sumber: thegdaygirl.com)

Ilustrasi: bahan membuat toner cuka apel (sumber: thegdaygirl.com)

Saat mencoba pertama kalinya, mereka menyarankan dengan perbandingan 1:3 meski berkulit normal atau berminyak. Setelah itu gunakan secara bertahap sampai kulit terbiasa dengan cuka apel. Indera penciuman Anda juga harus terbiasa dengan baunya yang menyengat.

Langkah selanjutnya bersihkan wajah dengan pembersih lembut dan keringkan. Celupkan kapas ke dalam cuka apel yang sudah dilarutkan, peras sisa air yang berlebih lalu usapkan pada wajah. Hindari area mata untuk mencegah iritasi. Rasanya mungkin akan sedikit terbakar, tapi tidak terlalu menyengat. Wajah pun langsung terlihat bersih.

Namun perlu diingat, cuka apel dapat membuat kulit menjadi kering. Setelah mengaplikasikannya pada wajah lanjutkan dengan mengoleskan pelembap. Para ahli kecantikan merekomendasikan agar menggunakan cuka apel sebagai toner sekali atau dua kali seminggu.

Meski tak ditampik, sejumlah pendapat kontroversial juga hadir dalam perdebatan mengenai manfaat cuka apel untuk kulit ini. Tak kalah ramai diperbincangkan belakangan ini, konon dengan menambahkan cuka apel pada air mandi bisa mendatangkan beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan. Nah, berikut beberapa manfaat mandi dengan cuka apel seperti yang kami lansir dari laman Women’sHealth. 

Meringankan kulit kering

Cuka sari apel dapat membantu mengembalikan pH kulit Anda yang tepat, kata Dr. Navya Mysore, M.D. di OneMedical. Ini asam, dan kulit Anda harus sedikit asam agar tetap lembab. Jika Anda memiliki kulit kering, berendam dalam air cuka apel dapat membantu menenangkannya. Itulah yang membuatnya sangat efektif untuk orang dengan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Pastikan Anda tidak mandi cuka sari apel dengan luka terbuka, memar, atau luka terbakar matahari, karena bisa dipastikan rasanya akan sakit sekali. 

Dapat Melawan Ketombe

Menggosok kulit kepala Anda dengan cuka sari apel adalah langkah cerdas jika Anda memiliki ketombe. Ini membantu menyeimbangkan pH kulit kepala Anda dan, seperti kulit di seluruh tubuh Anda, membantu menjaga kelembaban. Bahkan lebih baik, karena cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur, ia menyerang sifat jamur ketombe, kata Mysore.

Ilustrasi: menuangkan toner pada kapas (sumber: womenshealthmag.com)

Ilustrasi: menuangkan toner pada kapas (sumber: womenshealthmag.com)

Menenangkan Sunburn

Bila Anda baru saja liburan dan terkena sunburn atau kulit terbakar, cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menenangkan kulit adalah dengan berendam dalam air yang diberi tambahan cuka apel. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya dapat menenangkan kulit sehingga tidak terasa perih lagi, bahkan bisa mempercepat penyembuhan.

Dapat melawan jerawat dan kutil

Jika Anda memiliki jerawat di wajah atau di tubuh, mandi cuka sari apel bisa menjadi cara yang bagus untuk membersihkan dan menenangkan kulit yang meradang. Apple vinegar akan mengeringkan minyak berlebih, dan membantu melawan bakteri, kata Mysore. Itu membuatnya menjadi perawatan rumah yang bagus untuk kutil juga.

Pengelupas alami

Dendy Engelman, M.D., seorang ahli bedah kulit yang berbasis di New York City, sebelumnya mengatakan kepada Women’s Health bahwa cuka sari apel juga mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membantu pengelupasan kulit. Anda akan memiliki kulit yang lebih halus, dan mungkin lebih sedikit gundukan pisau cukur di sepanjang garis bikini Anda atau di manapun Anda bercukur.

Membantu Menghilangkan Bau Badan dan Kaki

Engelman juga mengatakan bahwa berendam dalam cuka sari apel dapat membantu menetralkan bau kaki berkat sifat antiseptik dan antijamurnya. Mandi dengan cuka apel juga akan mengeluarkan bau dari lubang-lubang keringat Anda.

Bagaimana tepatnya cara merendam tubuh dalam cuka sari apel?

Sementara beberapa merekomendasikan menambahkan dua hingga tiga cangkir cuka sari apel ke air panas, Mysore menyarankan mulai dengan setengah cangkir hingga satu cangkir untuk pertama kalinya. Dengan begitu, Anda dapat melihat reaksi kulit Anda terhadap perendaman di dalamnya, dan kemudian menambahkan lebih banyak di lain waktu.

Anda juga dapat menambahkan garam Epsom jika Anda ingin manfaat tambahan dari menenangkan sendi yang sakit atau otot yang sakit, katanya. Rendam setidaknya selama 30 menit, dan jika ingin dibilas sesudahnya, pastikan untuk tidak menggunakan sabun — yang akan menghilangkan semua manfaat cuka sari apel sebagai penyeimbang dari kulit Anda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: