Teksturnya Mirip Cream, Begini Cara Membuat Masker Wajah dari Susu

Ilustrasi: aplikasi masker susu (sumber: caprilac.com)

Menggunakan krim wajah secara rutin, entah itu krim siang atau krim malam dipercaya bisa menjaga kesehatan dan juga kelembapan kulit. Sebagian besar produsen skincare kini juga menambahkan bahan-bahan alami ke dalam produk cream wajah, seperti Shea butter, essential oil, ekstrak buah-buahan, aloe vera, atau bahkan susu untuk membantu membuat wajah Anda lebih glowing dan kenyal.

Selain menggunakan krim, Anda juga bisa mencoba memakai masker racikan sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana berupa susu dan tepung. Berikut langkah atau cara membuat masker wajah dari susu dengan tekstur yang creamy.

Cara Membuat Masker Wajah dari Susu

Bahan Masker Susu

  • 3 sendok makan (sdm) tepung terigu
  • 50 ml susu murni
Bahan masker susu & tepung terigu

Bahan masker susu & tepung terigu

Langkah Membuat Masker Susu

  1. Masukkan 3 sdm tepung terigu dalam wadah yang bersih.
  2. Tuangkan 50 ml susu murni ke dalamnya, lalu aduk rata.
  3. Oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit.
  4. Jika sudah mengering, Anda bisa membilas wajah dengan air hangat.

Selain baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan, susu juga berperan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit apabila dikonsumsi setiap hari, selain itu susu juga dapat digunakan untuk perawatan kulit dari luar. Susu mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan menjaga elastisitas kulit wajah.

Baca juga:  Ternyata Inilah Alasan Sederet Artis Wanita Cantik Berhijab Syar’i

Susu mengandung protein yang melembapkan, lemak, serta vitamin dan mineral yang baik untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Susu mengandung lemak yang bermanfaat untuk mempermudah proses pengangkatan kulit mati. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, memberi gizi pada kulit serta berkhasiat sebagai emollient.

Susu mengandung lactic acid, bahan alamiah yang berguna untuk menghaluskan kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus. Perawatan kulit dengan menggunakan susu merupakan salah satu cara untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Susu bubuk bermanfaat untuk memberikan zat-zat gizi pada kulit dan mengentalkan masker.

Selain itu, susu hangat baik untuk perawatan tangan, karena suhu hangat dari susu berguna untuk merilekskan otot.Kandungan lactic acid alamiah dalam susu berguna untuk membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, menjadikan kulit kenyal dan bercahaya, serta berguna untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Baca juga:  Bedak Padat Wardah Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Tips Perawatan Kulit dengan Susu

Ilustrasi: perawatan kecantikan dengan susu

Ilustrasi: perawatan kecantikan dengan susu

  • Untuk menghaluskan kulit wajah. Caranya panaskan susu sampai mendidih lalu dinginkan. Setelah dingin oleskan pada wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah kering bersihkanlah wajah dengan air hangat-hangat kuku. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang halus.
  • Perawatan untuk mengatasi kulit kering dan terbakar matahari. Campur satu sendok makan susu segar dan sari pisang yang telah dihaluskan secukupnya, lalu gunakan sebagai masker wajah.
  • Masker untuk kulit normal dan kering. Didihkan satu gelas susu cair hingga tinggal setengah gelas, lalu dinginkan. Atau bisa juga dengan melarutkan 2 sendok makan susu bubuk dengan setengah gelas air hangat, lalu dinginkan. Haluskan satu buah pisang ukuran sedang dan campur dengan susu. Oleskan masker pada kulit hingga merata sambil dilakukan pijatan ringan. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Menenangkan kulit sensitif dan inflamasi. Buatlah kompres susu dengan cara sebagai berikut: basahi lap basuh dengan susu whole milk dingin. Lalu kompreskan ke wajah selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin.
  • Masker wajah untuk kulit kering. Didihkan 2 sendok makan susu full cream dengan 1/2 gelas air. Biarkan hingga dingin. Ambil lapisan kental yang terbentuk pada permukaan air susu. Oleskan ke kulit sambil dilakukan penggosokan secara lembut, lalu bilas.
  • Pembersih kulit (skin cleanser). Cream susu merupakan pembersih kulit yang baik. Siapkan cream susu secukupnya, lalu tambahkan beberapa tetes juice lemon jika kulit Anda berminyak. Oleskan pembersih tersebut secara merata ke seluruh kulit wajah dan bagian leher, diamkan beberapa menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat kemudian dengan air dingin. Tepuk-tepuklah kulit wajah dengan menggunakan handuk kecil atau tissue.[1]
Baca juga:  Maybelline Color Sensational Lip Tint Review

Bagaimana? Cukup mudah bukan merawat wajah dengan memanfaatkan susu? Meskipun cara ini relatif aman, Anda tetap harus waspada jika kulit Anda ternyata memiliki alergi tertentu.

[1] Surtiningsih. 2005. Cantik dengan Bahan Alami: Cara Mudah, Murah dan Aman untuk Mempercantik Kulit. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: