Membuat Cream Cheese untuk Rainbow Cake, Ini Resepnya

Rainbow cake (sumber: tesco.com)Rainbow cake (sumber: tesco.com)

Siapa yang tidak tergoda dengan kelezatan rainbow cake dengan cream cheese sebagai toppingnya? Sementara harga jenis kue yang satu ini semakin mahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi, saat ini sudah banyak orang membagikan resep dan cara membuat rainbow cake beserta cream cheesenya.

Rainbow cake sendiri merupakan jenis roti yang berbahan dasar tepung terigu dan dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya.[1] Untuk membuat roti rainbow cake, yang pasti Anda harus membuat toppingnya terlebih dahulu. Nah, varian topping yang paling populer saat ini adalah cream cheese yang lembut dan tidak terlalu manis.

Resep Cream Cheese untuk Rainbow Cake

  • Membuat cream cheese sebenarnya tidak sulit, Anda bisa membuatnya dengan cara sederhana menggunakan bahan seadanya. Siapkan bahan utama berupa keju cheddar sebanyak 175 gr, susu cair UHT 125 ml, dan 1 sdt maizena.
  • Siapkan juga peralatan yang bisa Anda gunakan, seperti wadah untuk menyimpan cream cheese, plastik wrap, alat parut keju, sendok, saringan, panci susu, wajan, kompor, dan gunting.
  • Parut keju cheddar dan masukkan ke dalam panci susu yang diletakkan di atas wajan dengan air panas di atas kompor. Konsep double boiler seperti ini akan membuat tekstur cream cheese Anda lembut dan lebih creamy.
  • Masukkan susu UHT ke dalam panci berisi keju saat keju mulai meleleh dan sisakan sedikit untuk mencairkan tepung maizena. Aduk hingga keju benar-benar cair dan bercampur dengan susu. Setelah semua bahan tercampur dan mulai mendidih, masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan susu ke dalam panci sambil diaduk, agar tidak gosong.
  • Aduk secara perlahan dengan kecepatan rendah untuk membantu proses penguapan air pada cream cheese lebih baik, sehingga tidak membuat cream cheese terlalu kering atau terlalu encer.
  • Setelah mendidih, matikan kompor dan dinginkan creamcheese Anda sebentar dengan mengangin-anginkannya. Setelah dingin, saring cream cheese dan letakkan di dalam wadah tertutup yang sudah dilapisi dengan plastik wrap. Plastik wrap berfungsi menjaga kelembapan dan tekstur cream cheese selama disimpan di lemari pendingin.
Ilustrasi: cream cheese (sumber: bigbolderbaking.com)

Ilustrasi: cream cheese (sumber: bigbolderbaking.com)

Cream cheese yang sudah jadi sebaiknya segera disimpan di lemari pendingin sebelum siap digunakan. Ini agar tekstur cream cheese tidak terlalu lembek dan mudah diaplikasikan di atas rainbow cake. Selanjutnya, Anda perlu membuat rainbow cakenya.

Baca juga:  Kek Pisang, Camilan dari Pisang yang Unik Khas Batam

Resep Rainbow Cake

  • Membuat rainbow cake tidak harus dipanggang. Bagi Anda yang tidak punya oven, Anda bisa membuat rainbow cake kukus. Siapkan bahannya terlebih dahulu, seperti terigu 250 gr, gula pasir 200 gr, susu cair UHT 200 ml, susu bubuk plain 30 gr, telur 2 butir, emulsifier 1 sendok teh, baking powder ΒΌ sendok teh, loyang, garam sejumput, dan pewarna makanan 6 macam.
  • Peralatan yang harus Anda siapkan adalah serbet bersih, alat pengukus, mangkuk, sendok, saringan, dan whisk pengocok adonan.
  • Panaskan kukusan dan bungkus bagian penutupnya menggunakan serbet bersih. Ikat bagian atasnya agar serbet tidak jatuh saat penutup dibuka. Hal ini bertujuan agar uap air tidak menetes ke adonan kue Anda yang dimasak nantinya.
  • Campurkan semua bahan, kecuali baking powder dan garam, ke dalam mangkuk berukuran besar. Kocok adonan dengan kecepatan tinggi selama 10 menit, hingga adonan mengental. Sebenarnya akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan mixer.
  • Setelah 10 menit, pelankan kocokan Anda dan masukkan baking powder serta garam. Aduk adonan sebentar saja tanpa menghasilkan banyak buih. Jika ada buih di atas permukaan adonan, Anda bisa menghilangkannya menggunakan sendok.
  • Bagi adonan tersebut ke dalam 6 mangkuk yang sudah ditambah pewarna atau essence. Aduk hingga warnanya tampak lebih jelas di adonan tersebut. Tuangkan adonan ke atas loyang yang sudah dialasi kertas minyak dan diolesi mentega.
  • Kukus adonan selama 15 menit hingga matang dan angkat. Angin-anginkan roti hingga dingin, dan lakukan hal yang sama pada 5 adonan lainnya. Setelah itu, Anda bisa mulai menyusun rainbow cake.
Baca juga:  Rekomendasi Meses Kiloan yang Enak dan Harganya Terjangkau

Roti yang sudah jadi bisa diolesi cream cheese terlebih dahulu sebelum disusun. Setelah disusun rapi, sebagai topping dan lapisan luar, Anda juga bisa menggunakan cream cheese yang masih tersisa.

[1] Pato, Usman dkk. 2014. Evaluasi Mutu dan Penerimaan Panelis terhadap Rainbow Cake yang Dibuat dari Tepung Terigu dan Pati Sagu Lokal. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, Vol. 6(3): 59-64.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: