Mudah Dipraktikkan, Ini Cara Membuat Biskuit Kering di Rumah

Ilustrasi: proses membuat kue

Ada banyak jajanan snack sehat di luar sana, salah satunya biskuit. Sementara ada banyak produk biskuit dengan harga kurang ekonomis, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat biskuit dengan citarasa krispi dan kering tidaklah sulit. Bahkan, bahan-bahannya bisa dengan mudah Anda temui di dapur.

Biskuit merupakan produk kering dengan daya awet relatif tinggi. Selain itu, biskuit memiliki volume yang ringan akibat adanya proses pengeringan. Secara fisik, biskuit memiliki permukaan yang agak licin dengan tekstur renyah dan ringan.

Untuk membuat biskuit terbilang mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bahan pengikat dan bahan pembuat tekstur. Secara umum, bahan pengikat adalah tepung, susu, dan sebagainya. Sementara, untuk bahan pembuat tekstur, terdiri dari gula, kuning telur, dan lainnya. Untuk lebih jelas mengenai cara membuat biskuit kering, Anda bisa melihat rekomendasi resep sederhana berikut.

Resep Biskuit Kering Red Velvet

Untuk membuat biskuit kering red velvet, siapkan 120 gr margarin, 120 gr gula halus, 1 sendok teh vanili, 2 sendok teh pasta red velvet, 280 gr tepung terigu, 2 sendok teh baking powder, 1 sendok teh baking soda, dan 6 sendok teh susu cair. Setelah semua bahan siap, siapkan juga loyang yang sudah diolesi margarin sebelumnya dan cetakan biskuit.

Baca juga:  Ide Bisnis Rumahan Yang Sukses Untuk Ibu Rumah Tangga
Biskuit kering red velvet (sumber: iambaker.net)

Biskuit kering red velvet (sumber: iambaker.net)

Panaskan margarin ke dalam panci menggunakan api kecil agar tidak gosong, lalu aduk hingga meleleh. Matikan kompor dan masukkan lelehan margarin ke dalam wadah baskom, lalu tambahkan gula. Kocok dua bahan tersebut menggunakan mixer hingga agak kental. Masukkan tepung terigu, pasta, baking powder, baking soda, dan susu ke dalam baskom. Campur semua hingga rata menggunakan mixer, lalu aduk perlahan memakai sendok atau spatula agar adonan lebih kalis.

Letakkan adonan pada meja atau wadah yang datar dan sudah dialasi dengan plastik bersih, lalu tutupi bagian atasnya memakai plastik yang sama. Tekan-tekan adonan dan gilas menggunakan botol kaca atau penggilas adonan hingga tipis. Buka plastik bagian atas adonan dan cetak dengan cetakan biskuit. Jika Anda tidak memiliki cetakan biskuit, Anda bisa memotongnya dengan pola persegi memakai pisau dapur.

Baca juga:  Kandungan, Manfaat dan Cara Membuat Kecambah Kedelai

Letakkan adonan yang sudah dicetak ke dalam loyang dan biarkan selama 2 menit agar tekstur biskuit lebih renyah dan krispi. Setelah itu, panggang ke dalam oven selama 30 menit. Jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit sebelum dipakai. Biskuit yang sudah matang bisa langsung dihidangkan bersama teh hangat atau segelas susu.

Resep Egg Biskuit

Bagi Anda pencinta kue kering, pastinya sudah sangat familiar dengan egg biskuit atau biasa dikenal dengan tamago boro. Biskuit yang berbentuk bulat telur dengan warna putih kecokelatan tersebut memiliki citarasa manis dan garing, dengan tekstur lembut saat ditelan. Sementara harga biskuit tersebut terbilang tidak murah, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan seadanya.

Egg biskuit (youtube: Yes, I Can Cook)

Egg biskuit (youtube: Yes, I Can Cook)

Untuk membuat tamago boro, Anda memerlukan 1 butir kuning telur, 3 sendok makan skm, dan 9 sendok makan tepung maizena. Jika Anda ingin rasa biskuit telur buatan sendiri lebih enak, Anda bisa menambahkan sedikit susu bubuk dalam adonan. Siapkan juga peralatan berupa wajan teflon, kompor, wadah plastik, dan spatula.

Baca juga:  Meski Dijalankan Dengan Modal Kecil, Bisnis Nasi Bungkus Mampu Datangkan Keuntungan yang Menggiurkan

Pisahkan putih telur dan kuning telur, setelah itu masukkan kuning telur ke dalam wadah plastik. Tambahkan skm ke dalam wadah plastik dan kocok bersama kuning telur hingga teksturnya sedikit mengental dan merata. Tambahkan tepung maizena ke dalam wadah dan aduk. Jika adonan masih terlalu cair, Anda bisa menambahkan tepung lagi ke dalam wadah. Setelah adonan bisa dibentuk dan teksturnya lembut, ambil sedikit adonan dan bentuk menyerupai bulatan telur.

Mencetak adonan harus dilakukan dengan cepat agar adonan yang tersedia tidak cepat mengering. Setelah semua adonan dicetak, panaskan teflon menggunakan api kecil dan panggang adonan pada wajan selama 15 menit atau hingga matang. Lebih mudah lagi jika Anda menggunakan rice cooker untuk memanggang adonan selama 20 menit.

Itulah resep biskuit homemade yang mudah dan praktis. Selain dikonsumsi sendiri, Anda bisa menjualnya dan menjadikannya sebagai lahan bisnis. Selain dinikmati secara langsung, dua jenis biskuit tersebut bisa dinikmati dengan cara dicelup ke dalam cokelat atau krim. Sehingga, rasanya lebih lezat dan legit.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: