Bantu Atasi Jerawat, Begini Cara Membuat Bedak Dingin dari Beras dan Kunyit

Kunyit & tepung berasKunyit & tepung beras

Metode perawatan kulit kini sudah semakin maju berkat penerapan teknologi yang canggih. Namun demikian, perawatan kulit secara tradisional masih begitu disukai. Terlebih karena perawatan secara tradisional umumnya mengandalkan bahan-bahan alami yang dikenal memiliki manfaat yang positif dan cenderung tanpa efek samping yang berbahaya. Salah satu produk perawatan kulit tradisional yang masih banyak dicari dan disukai oleh para wanita saat ini adalah bedak dingin. Produk satu ini biasanya terdiri dari campuran beras atau rempah-rempah lain seperti kunyit, bengkuang, dan sebagainya.

Bedak dingin merupakan salah satu kosmetik tradisional yang telah digunakan secara turun-temurun di Indonesia. Bahan utama dalam pembuatan bedak dingin yaitu beras putih. Bedak dingin dibuat untuk menyembuhkan jerawat, pendingin wajah, melindungi efek buruk wajah dari sinar matahari.

Bedak dingin ampuh untuk melindungi kulit wajah dari sengatan matahari, melembapkan kulit yang kering karena air laut,mencerahkan wajah, mengurangi noda atau flek, hingga mengobati jerawat. Selain itu fungsi bedak dingin bukan hanya mendinginkan kulit wajah, namun melancarkan peredaran darah, mencegah keriput, mencegah timbulnya jerawat dan memberi warna pada kulit, bedak dingin memiliki sifat mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca juga:  Kebiasaan Yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Bahan utama dalam pembuatan bedak dingin yaitu beras putih yang sudah mengalami proses pengolahan menjadi tepung beras. Salah satu kandungan dari beras putih yaitu, gamma oryzanol. Gamma oryzanol (antioksidan kuat) yang terkandung dalam beras putih berfungsi mengatur produksi kolagen, menangkal radiasi ultraviolet, dapat menghilangkan noda hitam, mengangkat sel-sel kulit mati dan kandungan vitamin E-nya dapat membuat kulit wajah menjadi bersih, mulus, dan bercahaya.

Sementara itu, Kunyit (Curcuma domestica Val) merupakan salah satu rimpang yang selain untuk dibuat menjadi bahan makanan dapat juga dijadikan obat untuk penyakit-penyakit dalam dan juga dapat dijadikan sebagai bahan perawatan kulit. Kandungan utama kunyit adalah senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin dan desmetoksikumin, serta vitamin C. Selain itu, kunyit mengandung antiinflamasi dan antiseptik alami yang mampu mengatasi kerusakan kulit, mencegah peradangan kulit wajah akibat jerawat maupun iritasi, mendinginkan kulit akibat sengatan dan paparan sinar matahari, efektif menghilangkan gatal, serta mencerahkan warna kulit.

Fungsi, bedak, dingin, manfaat, khasiat, tradisional, modern, merek, merk, berastagi, ovale, jerawat,

Ilustrasi: bedak dingin (mediasehatku.com)

Cara membuat bedak dingin berbahan dasar tepung beras biasanya bedak dingin dibuat dari beras yang direndam air selama dua atau tiga hari, kemudian ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan beberapa ramuan alami khas Indonesia. Setelah itu dikeringkan dan dibentuk menjadi berukuran bola-bola kecil berwarna putih.[1] Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah pembuatan bedak dingin dari beras dan kunyit berikut ini!

Baca juga:  5 Parfum Casablanca untuk Wanita yang Harganya Dibawah Rp50 Ribu!

Bedak Dingin dari Beras dan Kunyit

Alat & Bahan untuk Pembuatan Bedak Dingin

  • Blender atau food processor
  • Baskom
  • Panci
  • Alat pengering
  • Mixer
  • Beras kualitas baik
  • Kunyit

Cara Membuat Bedak Dingin dari Beras & Kunyit

  1. Rendam beras selama 7 hari hingga lunak seperti bubur. Ganti air setiap hari, lalu haluskan beras.
  2. Saring beras dengan kain selama 3 hari dan diangin-anginkan. Lalu, jemur di bawah sinar matahari selama 1 hari.
  3. Haluskan kunyit, lalu sisihkan.
  4. Campurkan adonan bedak dingin kering dengan kunyit yang telah dihaluskan, tambahkan sedikit air. Aduk hingga kalis.
  5. Setelah adonan jadi, bentuk menjadi bulat-bulat lalu jemur selama 1-2 hari hingga kering.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuatnya? Selain kunyit, Anda bisa menambahkan rempah-rempah lain ke dalam bedak dingin buatan Anda.Untuk membuat kulit tangan Anda cerah dan menghilangkan belang, parutlah kunyit dan campur dengan sedikit air dan diamkan beberapa menit hingga mengendap. Ambil endapan sari kunyit tersebut, campurkan dengan tepung beras atau bedak dingin, dan oleskan ke kulit hingga mengering. Bilas dengan air hangat.[2]

Baca juga:  Kantongi Label BPOM, Amankah Kosmetik Jafra Untuk Ibu Hamil?

[1]Paradilla, D dkk. 2019. Bedak Dingin Campuran Tepung Beras Dan Kunyit Sebagai Pengurangan Jerawat Pada Kulit Wajah. Prosiding Seminar Nasional dan Call for PapersPengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. 19-20 November 2019.

[2]Andini. 2009. 199 Tips Cantik Mudah dan Murah. Yogyakarta: Media Pressindo, hlm 28.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: