Cara Membuat Bedak Dingin Beras Kencur

cara, membuat, bedak, dingin, simpel, di, rumah, beras, kencur, peralatan, bahan, tepung, kupas, kulit, perasan, bulatan, adonan, lumatkan, cara, menggunakan, wajah, manfaat, jerawat, ruam, bayi Ilustrasi: bahan pembuatan bedak dingin beras kencur (suratkabar.id)

Dulunya, produk sering digunakan, sebelum produk-produk modern bermunculan. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti pada produk kecantikan modern. Misalnya saja dingin, yang dulunya sering digunakan oleh untuk merawat dan menyejukkan . Bahkan, bedak tradisional tersebut dianggap dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang muncul, seperti dan kulit kusam.

Bedak dingin bentuk atau teksturnya bukan seperti bedak yang seringkali Anda gunakan saat merias wajah, tetapi mirip dengan masker wajah. Untuk mendapatkan khasiat dari bedak dingin, Anda hanya tinggal mengoleskan ke seluruh bagian wajah dan juga leher secara merata. Waktu yang disarankan untuk menggunakan bedak dingin adalah saat sebelum tidur di malam hari.

Beberapa manfaat yang mungkin bisa didapatkan jika menggunakan bedak dingin atau ramuan tradisional dalam merawat wajah, antara lain:

Menjaga kelembapan dan menghaluskan kulit. yang menjadi bahan utama pembuatan bedak dingin mengandung berbagai nutrisi untuk kulit, salah satunya vitamin B dan tiamin yang mampu menjaga kelembapan dan kesegaran kulit wajah.

Selain itu, penggunaan bedak dingin ingin akan memberi efek menyejukkan pada wajah, apalagi setelah Anda beraktivitas seharian di luar rumah dan terkena terik matahari secara langsung. Penggunaan secara teratur akan membuat wajah Anda tampak lebih sehat dan cerah secara , dibanding jika Anda menggunakan bedak atau masker wajah yang sudah melewati proses kimia.

Menghilangkan jerawat. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena ukuran pori-pori wajah yang besar sehingga memudahkan debu ataupun bekas make up masuk ke dalam pori-pori, yang pada akhirnya dapat memicu timbulnya jerawat.

Manfaat dari bedak dingin yaitu dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori wajah yang besar, sehingga dapat memperkecil risiko munculnya jerawat. Selain itu, bedak dingin juga dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.

cara, membuat, bedak, dingin, simpel, di, rumah, beras, kencur, peralatan, bahan, tepung, kupas, kulit, perasan, bulatan, adonan, lumatkan, cara, menggunakan, wajah, manfaat, jerawat, ruam, bayi

Ilustrasi: kecantikan awet muda

Anti penuaan dini. Bedak dingin dapat menjaga kelembapan kulit sehingga menjauhkan kulit dari kekeringan dan garis-garis halus yang menjadi salah satu tanda penuaan dini. Bedak dingin ini juga dapat membantu proses regenerasi atau perbaikan sel-sel kulit dan menghilangkan sel-sel mati yang menumpuk pada kulit wajah.

Pereda demam dan ruam pada bayi. Tidak hanya memberi manfaat untuk kulit orang dewasa, bedak dingin dinilai juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang dialami bayi, seperti demam, ruam pada kulit dan menghilangkan bekas luka setelah terkena campak.

Untuk bayi yang mengalami demam atau panas tinggi, Anda cukup mengoleskan bedak dingin pada bagian dahinya. Efek menyejukkan dari bedak dingin ini akan membantu meredakan panas yang dialami bayi. Sementara itu, untuk menghilangkan ruam dan bekas luka, oleskan bedak dingin pada bagian-bagian tubuh yang memiliki ruam dan bekas luka secara teratur hingga bekas luka tersebut memudar.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba bedak dingin beras , bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan juga peralatannya cukup mudah. Berikut cara dan bahan pembuatan bedak dingin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung beras
  • Kencur
  • Air

Peralatan yang digunakan:

  • Parutan
  • Pisau
  • Piring
  • Mangkuk

Langkah pembuatan:

  • Buang/kupas kulit kencur. Anda bisa menggunakan beberapa buah kencur sesuai dengan keinginan/kebutuhan. Setelah semua terkupas, letakkan kencur di mangkuk/piring.
  • Lalu, jangan lupa untuk mencuci kencur yang telah terkupas tadi hingga bersih. Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air dingin atau air hangat. Cuci kencur dengan cara menggosok-gosokkan perlahan untuk membuang kotoran yang menempel, seperti pasir, atau sisa kulit kencur yang belum terkelupas.
  • Setelah dicuci bersih, siapkan parutan beserta wadah untuk menampung hasil parutan. Letakkan wadah di bawah parutan. Lalu, ambil satu per satu kencur yang sudah bersih tadi, kemudian diparut hingga lembut.
  • Selesai diparut, kencur yang sudah halus tersebut diperas dengan tangan (seperti ketika Anda membuat santan dari kelapa di rumah). Peras kencur tersebut. Jangan lupa siapkan wadah untuk menampung perasan kencur. Banyaknya hasil perasan dapat disesuaikan dengan keinginan atau pun kebutuhan Anda.
  • Setelah dirasa cukup, pindahkan perasaan kencur tadi ke tempat ke mangkuk yang lebih besar. Tuangkan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan tepung beras secukupnya ke dalam wadah.
  • Campurkan perasan kencur dengan tepung beras hingga menjadi adonan yang pulen seperti roti.
  • Setelah menjadi adonan, Anda dapat membentuk bulatan dari adonan tersebut seperti membuat kue.
  • Keringkan adonan bulat-bulat tadi di bawah sinar matahari.
  • Simpan adonan bedak dingin di dalam wadah

cara, membuat, bedak, dingin, simpel, di, rumah, beras, kencur, peralatan, bahan, tepung, kupas, kulit, perasan, bulatan, adonan, lumatkan, cara, menggunakan, wajah, manfaat, jerawat, ruam, bayiIlustrasi: bedak dingin beras kencur (beautyappetite.com)

Selain cara di atas, Anda juga bisa membuat bedak dingin dengan cara yang lebih simpel, yaitu tepung beras ditumbuk dengan sedikit air mawar, lalu dipadatkan menjadi bulatan kecil. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan keinginan.

Setelah bedak dingin jadi, bagaimana cara menggunakannya? Sebelum mengoleskan bedak dingin ke wajah, Anda disarankan terlebih dahulu untuk membersihkan wajah. Ambil bulatan bedak dingin, kemudian lumatkan dengan sedikit air mawar. Setelah itu, oleskan ke wajah secara merata. Tunggu sekitar 10-15 menit hingga kering, lalu bilas menggunakan air, bisa air biasa/air dari kran atau air hangat.

Bagi Anda yang ingin praktis, kini bisa membeli bedak dingin yang sudah jadi dan dijual di pasaran. Cara penggunaannya adalah dengan melumatkan bedak dingin dengan air/air mawar, kemudian dioleskan secara merata ke wajah. Produk-produk yang sudah jadi dalam kemasan itu, biasanya dibuat dengan teknologi yang lebih maju, dan kandungan nutrisi di dalamnya bisa jadi berbeda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: