Resep dan Cara Membuat Bakpia Kukus Khas Jogja, Mudah & Enak!

Bakpia kukus khas Yogyakarta (sumber: omiyago.com)Bakpia kukus khas Yogyakarta (sumber: omiyago.com)

Anda sudah pernah makan bakpia? Ya, jajanan satu ini memang banyak dijual sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Kue berbentuk bulat dengan isian kacang hijau atau lainnya ini memiliki cita rasa manis dan legit, sehingga cocok disantap saat santai. Selain bakpia yang dipanggang, kini juga muncul inovasi baru kue bakpia kukus.

Menurut Ihsan (2010), bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Isi bakpia saat ini sangat variatif. Tak hanya menyajikan rasa kacang hijau saja, melainkan cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta.

Umumnya oleh-oleh bakpia khas Jogja memang dimatangkan dengan cara dipanggang dalam oven. Namun sejak tahun 2017 lalu muncul inovasi oleh-oleh bakpia dalam konsep kukus. Inovasi konsep bakpia kukus ini awalnya dicetuskan oleh gerai Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia kukus tersebut hadir dengan berbagai varian rasa yang lezat seperti Original Keju, Original Kacang Hijau, Original Kacang Merah, Original Cokelat, Brownies Cokelat, dan Brownies Keju.

Berbeda dengan bakpia pada umumnya, bakpia kukus dibuat dengan cara dikukus, sehingga bagian kulit luarnya terasa empuk layaknya melting cake yang lembut dan isiannya pun akan terasa lumer ketika digigit. Hal itu pula yang membuat bakpia kukus terasa berbeda dari pia atau bakpia biasa yang cenderung kering dan agak padat.

Karena tidak dipanggang, otomatis tingkat ketahanan bakpia kukus pun relatif lebih sebentar. Produk ini kabarnya bisa awet disimpan selama 7 hari saja jika berada di suhu ruangan. Namun jika disimpan dalam kulkas atau lemari pendingin, maka bakpia kukus bisa lebih tahan lama hingga 14 hari. Untuk menikmatinya pun bisa kembali dikukus agar terasa lembut dan isiannya lumer.

Nah, jika Anda penasaran dan tak sempat pergi ke Yogyakarta untuk mencicipi langsung seperti apa kelezatan bakpia kukus, Anda juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Terlebih karena bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Berikut resep dan cara membuat bakpia kukus.

Resep Bakpia Kukus

Bakpia kukus dengan isian cokelat (instagram: @jogjataste)

Bakpia kukus dengan isian cokelat (instagram: @jogjataste)

Bahan-Bahan Bakpia Kukus

  • 40 gram bahan isian (bisa menggunakan cokelat, kacang hijau/merah, keju)
  • 40 gram susu cair full cream
  • 40 gram susu bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 80 gram tepung terigu
  • 120 ml minyak sayur
  • 1 sdt (sendok teh) pasta vanilla
  • 4 butir telur ayam

Cara Membuat Bakpia Kukus

  1. Siapkan bahan isian bakpia kukus. Jika Anda ingin membuat bakpia kukus dengan varian rasa keju, maka sebaiknya lumerkan dulu kejunya hingga meleleh di atas api sedang. Untuk mengurangi rasa asin pada lelehan keju, Anda bisa menambahkan sedikit susu.
  2. Setelah isian, kini Anda bisa membuat adonan dengan mencampurkan gula, telur, baking powder, dan tepung terigu. Mixer semua bahan tersebut sampai tercampur rata dan adonannya lembut. Jika sudah tercampur rata, Anda bisa menambahkan susu bubuk, campurkan kembali sampai semuanya merata.
  3. Proses berikutnya adalah mencetak adonan bakpia kukus. Siapkan sebuah plastik kerucut, masukkan adonan bakpia tadi ke dalamnya. Gunting bagian ujung plastik kerucut yang berisi adonan.
  4. Siapkan loyang berbentuk bulatan-bulatan kecil. Lalu, masukkan adonan ke loyang tersebut. Pastikan adonan yang Anda cetak punya ukuran dan bentuk yang sama agar hasil bakpia kukusnya nanti lebih rapi dan cantik.
  5. Setelah semua adonan dicetak, Anda bisa meletakkan loyang bulat dalam panci kukusan. Panaskan (steam) sekitar 3 menit, kemudian angkat dari panci.
  6. Keluarkan adonan yang telah dikukus, masukkan isian keju atau varian lainnya ke dalamnya. Kemudian tutup kembali dengan adonan bakpia. Kukus lagi sampai 10 menit dan bakpia kukus pun siap untuk disantap.

Bagaimana? Cukup mudah bukan membuat bakpia kukus sendiri di rumah? Jika Anda sudah berhasil dan rasanya ternyata enak, Anda bisa mencoba untuk mengemasnya dengan lebih cantik dan memulai usaha berjualan bakpia kukus di sekitar tempat tinggal Anda.

Referensi:

Baca juga:  Pemberian Antibiotik Bagi Anak

Ihsan, Adib. 2010. Usaha Camilan Modal < 1 Juta Balik Modal 1 Bulan. Nurjanah I, editor. Yogyakarta (ID): Pustaka Grhatama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: