Bahannya Mudah, Begini Cara Membuat Air Alkali dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis (sumber: pinterest)Jeruk nipis (sumber: pinterest)

Selama ini Anda tentu sering mendengar bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Oleh sebab itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting. Selain meminum air putih biasa, Anda juga kerap disarankan untuk minum air alkali agar keseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh terjaga. Tak hanya air alkali kemasan, Anda pun bisa membuat sendiri air alkali secara sederhana dan praktis dengan menggunakan jeruk nipis.

Cairan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat vital bagi manusia. Persentase cairan tubuh ini bervariasi antara individu sesuai dengan jenis kelamin dan umur individu tersebut. Dalam cairan tubuh terlarut zat-zat makanan dan ion-ion yang diperlukan oleh sel untuk hidup, berkembang, dan menjalankan fungsinya. Untuk mempertahankan volume cairan tubuh kurang lebih tetap, maka harus ada keseimbangan antara air yang ke luar dan yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh adalah melalui diet. Pada dasarnya, air mineral cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Namun, alkaline water atau air alkali dapat menjadi alternatif lain, selain digunakan untuk penyeimbang asam basa dalam tubuh, air alkali juga tetap memiliki fungsi hidrasi dan kesehatan bagi tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

Baca juga:  Bisakah Makan Ikan Meningkatkan Risiko Kanker Kulit atau Melanoma?

Banyak orang yang tidak mengetahui khasiat air alkali selain untuk menghilangkan dahaga saja. Air alkali dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah dan murah. Tubuh membutuhkan air tapi air yang memiliki kadarkeasaman (pH) yang sehat. Air pH netral baik untuk tubuh. Tetapi masalahnya, hasil pembakaran dan racun yang ada dalam tubuh kita bersifat asam.

Air alkali adalah air yang diolah sehingga mencapai keasaman dalam ukuran pH 8 hingga 9 atau lebih dari 9. Sebagai informasi, pH air yang sehat untuk diminum harus berkisarantara 8,5 – 11,5. pH tinggi pada air minum dapat membuat pH darah juga menjadi alkali atau basa, yang diyakini bisa membuat tubuh lebih sehat.

Air alkalin membantu menyeimbangkan pH tubuh, yang cenderung lebih asam karena pola makan, stress, serta lingkungan. Air alkali dapat menaikkan secara perlahan pH sel dan jaringan tubuh dan menetralisir asam, karena air alkali telah memperoleh sejumlah besar elektron bebas melalui proses elektrolisis, serta bisa menyumbangkan elektron kepada radikal oksigen aktif bebas dalam tubuh, menjadi antioksidan super. Dengan cara ini, air alkali mampu menahan oksidasi jaringan normal oleh radikal oksigen bebas.[1]

Baca juga:  Khasiat serta Perbedaan Binahong Merah dan Hijau

Dilansir dari Hellosehat, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dari meminum air alkali untuk kesehatan.

Ilustrasi: air alkali jeruk nipis (sumber: tastingtable.com)

Ilustrasi: air alkali jeruk nipis (sumber: tastingtable.com)

Manfaat Air Alkali

  • Air alkali dengan pH basa (pH 8+) bermanfaat untuk menjaga hidrasi tubuh sekaligus melancarkan aliran darah.
  • Menetralkan kelebihan asam dalam tubuh.
  • Membantu mengendalikan tekanan darah dan gula darah.
  • Menjaga kesehatan tulang.

Nah, jika Anda tertarik untuk merasakan sejumlah manfaat dari air alkali, Anda cukup menyiapkan beberapa bahan, yakni jeruk nipis, garam himalaya, dan juga air. Berikut cara membuat air alkali dengan jeruk nipis.

Resep Air Alkali dengan Jeruk Nipis

Bahan Air Alkali

  • 3 buah jeruk nipis
  • Seujung sendok teh himalayan pink salt
  • 500 ml air hangat

Cara Membuat Air Alkali dengan Jeruk Nipis

  1. Cuci bersih jeruk nipis, iris dan peras airnya.
  2. Masukkan himalayan pink salt (garam himalaya), aduk, lalu tambahkan air.
  3. Air alkali jeruk nipis pun siap untuk diminum. Air alkali satu ini disarankan untuk diminum dalam kondisi hangat sebelum sarapan.
Baca juga:  Ketahui Gejala RSV, Penyebab Infeksi Paru-Paru Anak

Bagaimana? Cukup mudah kan cara membuat air alkali sendiri di rumah? Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan buah-buahan lain seperti jeruk lemon atau bisa juga mengonsumsi air alkali dari rendamanbuah nanas.

[1]Shafira, dkk. 2019. Perbedaan Pengaruh Air Alkali dengan Air Mineral terhadap Status Hidrasi dan pH Urin pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Jurnal Farmaka. 17(1): 15-21.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: