Tak Perlu Bingung, Begini Cara Pakai & Membaca Hasil Tes Kesuburan

Cara Pakai Tes Kesuburan - www.goodtoknow.co.uk Cara Pakai Tes Kesuburan - www.goodtoknow.co.uk

Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, mengetahui masa subur adalah hal yang penting. Pasalnya, melakukan hubungan suami-istri saat sedang subur lebih berpeluang untuk hamil. Masa subur bisa diketahui dengan perhitungan kalender. Masa subur juga bisa diketahui melalui alat tes kesuburan atau fertitest. Alat ini mampu mendeteksi masa subur seorang wanita secara tepat, cepat, dan terpercaya. Walaupun hasilnya masih dalam bentuk data kualitatif (positif dan negatif) dan belum menentukan secara kuantitatif.

Tes menggunakan fertitest dapat dilakukan dengan menentukan siklus menstruasi seorang wanita. Fertitest bekerja berdasarkan air urine. Urine yang digunakan untuk tes adalah urine antara pukul 10.00-20.00. Bukan urine pada pagi hari ketika bangun tidur. Berikut ini cara menggunakan Fertitest.

Cara Menggunakan Fertitest

  1. Pertama, tampung urine dalam wadah bersih dan kering.
  2. Sobek kemasan fertitest, keluarkan alat tesnya.
  3. Masukkan ujung penyerap alat tes ke dalam wadah penampung urine untuk midstream selama lima detik (jangan melebihi tanda anak panah yang terdapat pada alat tes).
  4. Tutup kembali alat tes dan tunggu sampai muncul garis warna.
  5. Hasil tes dapat dibaca dalam waktu tiga menit. Jangan melihat hasil lebih dari sepuluh menit.
Baca juga:  Rekomendasi Produk Base Make-Up yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Cara Membaca Hasil Tes Fertitest

  1. Hasil tes positif, menunjukkan bahwa wanita dalam masa puncak kesuburan. Hal ini ditandai dengan munculnya dua garis warna pada alat tes atau timbulnya garis warna pada daerah tes (T) lebih gelap atau sama dengan garis warna pada daerah kontrol (C). Situasi ini menunjukkan bahwa ovulasi akan terjadi dalam waktu 24-48 jam kemudian. Nah, bila Anda menginginkan kehamilan, sebaiknya lakukan hubungan intim 24-48 jam sebelum masa ovulasi.
  2. Hasil tes negatif, berarti masa tidak subur pada wanita. Hal tersebut ditandai dengan munculnya satu garis warna pada alat tes kesuburan atau garis warna daerah tes (T) lebih muda daripada garis warna daerah kontrol (C) pada alat tes.
  3. Tidak muncul garis warna, berarti tes tidak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, sebaiknya ulangi tes menggunakan alat yang baru.[1]

Selain menggunakan fertitest, ada juga alat tes kesuburan lainnya yang menggunakan air liur wanita sebagai sampel pengukurannya. Salah satu alat yang dimaksud adalah Ovutest Scope atau Ovuscopebesutan Sensitif.

Membaca Hasil Tes Fertitest - www.bukalapak.com

Membaca Hasil Tes Fertitest – www.bukalapak.com

Ovutest Scope merupakan alat untuk menguji masa subur (ovulasi) dari wanita untuk memudahkan dalam merencanakan atau menunda proses kehamilan dengan menggunakan air liur sehingga lebih higienis dan ekonomis dibandingkan alat tes urine. Ovutest Scope bekerja sebagai mikroskop mini dilengkapi lensa dengan perbesaran 54 kali sehingga dapat membantu melihat pola ferning dan kristalisasi dari hormon estrogen dengan mudah. Estrogen ditemukan di dalam tubuh dengan kadar yang berbeda sesuai siklus masa subur.

Baca juga:  Premenstrual Dysphoric Disorder, Bentuk Kelainan PMS dengan Gejala yang Lebih Berat

Cara Pakai Ovutest Scope

  1. Lepaskan dulu penutup Ovutest Scope
  2. Lalu, perlahan lepaskan lensa optik dari badan alat, bersihkan lensa objek.
  3. Ambil air liur secukupnya dengan jari tangan atau langsung dari ujung lidah. Kemudian oleskan pada permukaan lensa objek secara merata. Hindari adanya gelembung udara.
  4. Tunggu 7-10 menit sampai air liur mengering. Lensa dapat dipasang lagi ke posisi semula.
  5. Pada bagian samping mikroskop, tekan tombol hingga muncul cahaya. Lalu, dekatkan ke mata. Putar lensa mikroskop untuk mendapat gambar yang jelas.

Cara Membaca Hasil Ovutest Scope

  • Masa subur: Apabila Anda sedang dalam periode masa subur, akan ada pola daun pakis yang dominan di seluruh spesimen. Ovulasi ini telah terjadi maupun segera terjadi. Pada periode ini pembuahan berpotensi besar terjadi dengan maksimal. Masa subur berlangsung 3 hari sebelum 1 hari atau setelah ovulasi.
  • Masa tidak subur: Namun, jika Anda sedang berada pada periode masa tidak subur, Anda dapat melihat pola acak dari titik dan garis tanpa adanya ovulasi yang terjadi.Memungkinkanadanya pola kecil seperti daun-daun pakis yang mulai muncul pada titik dan garis. Ovulasi bisa terjadi dalam rentang waktu 3-4 hari pembuahan.
Baca juga:  Jangan ke Dokter Kandungan Kalau Belum Tahu Hal-Hal Ini!

Alat tes kesuburan seperti Ovutest Scope diklaim memiliki tingkat akurasi hingga 98%. Dibanding alat uji yang mengandung urine, Ovutest Scope dinilai lebih praktis dan satu alat dapat digunakan berulang kali seumur hidup.

Wanita Menggunakan tes Kehamilan - www.health.harvard.edu

Wanita Menggunakan tes Kehamilan – www.health.harvard.edu

[1] Gunawan, S. 2010. Mau Anak Laki-Laki Atau Perempuan Bisa Diatur. Indah Y, editor. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*