Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Menggumpal & Hemat Gas

Sagu mutiara (sumber: freepik)Sagu mutiara (sumber: freepik)

Sagu mutiara tergolong bahan pangan yang murah dan mudah untuk diolah menjadi aneka kudapan yang menggugah selera. Beberapa waktu belakangan bahkan banyak yang menggunakan sagu mutiara untuk membuat resep kuliner hits ala Hong Kong seperti mango sago. Selain diolah menjadi mango sago, sagu mutiara pun kerap diolah untuk membuat aneka jajanan tradisional khas Indonesia seperti kue sagu mutiara yang manis dan kenyal. Nah, sebelum mengolahnya jadi aneka dessert atau kudapan, Anda setidaknya perlu mengetahui terlebih dahulu cara memasak sagu mutiara agar tidak menggumpal.

Sagu mutiara adalah produk olahan pangan dengan bahan baku utama tepung pati. Sagu mutiara merupakan produk diversifikasi akibat pesatnya perkembangan industri pati (starch) di Indonesia. Pati yang digunakan untuk sagu mutiara berasal dari tanaman sagu ataupun ubi kayu.

Sagu mutiara merupakan produk pangan yang biasa digunakan untuk campuran kue atau sebagai campuran makanan seperti es campur dan sekoteng. Di kalangan masyarakat, sagu mutiara dikenal dengan sebutan sekoteng, pacar cina, ataupun biji delima. Umumnya sagu mutiara berbentuk butiran dengan warna merah, putih, atau hijau.[1]

Baca juga:  Keluarga Tidak Terabaikan, Ini Tips Sukses WFH untuk Ibu Rumah Tangga

Biasanya sagu mutiara ini mempunyai warna-warni yang berasal pewarna makanan, pada umumnya tidak berbau dan tidak berasa selain rasa tepung. Karena rasanya yang netral ini, dan karena tampilannya yang menarik berwarna-warni, sagu mutiara ini dipilih untuk dijadikan campuran berbagai macam kudapan; baik yang panas atau yang dingin; baik yang berasa manis, gurih, atau asin.

Beberapa contoh kudapan yang menggunakan Sagu Mutiara sebagai salah satu bahannya, di antaranya adalah bubur mutiara; bubur sumsum; sekoteng; kolak; es campur; es doger; berbagai macam puding; kue-kue seperti nagasari, mendut, dan putu dengan banyaknya peluang yang bisa dimanfaatkan tentu pacar cina banyak dicari oleh pelanggan.[2]

Proses memasak sagu mutiara sebenarnya mudah, namun umumnya membutuhkan waktu yang lama. Proses memasak yang lama tentunya berkaitan dengan penggunaan gas yang lebih banyak pula. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada teknik khusus memasak sagu mutiara yang lebih hemat gas dan hasilnya bisa matang dengan sempurna.

Baca juga:  Resep & Manfaat Kolang-kaling untuk Diet
Memasak sagu mutiara (sumber: mykitchen101en.com)

Memasak sagu mutiara (sumber: mykitchen101en.com)

Cara Masak Sagu Mutiara Agar Tidak Menggumpal

Bahan Sagu Mutiara

  • 100 gram sagu mutiara
  • 900 ml air

Cara Memasak Sagu Mutiara

  1. Siapkan sagu mutiara sebanyak 100 gram.
  2. Didihkan air sebanyak 900 ml.
  3. Setelah air mendidih, masukkan sagu mutiaranya. Lalu, masuk sagu mutiara selama 5 menit sambil pancinya ditutup. Jadi, proses masak sagu mutiara di sini menggunakan metode 5 menit – 30 menit – 7 menit. Start-nya kita masak 5 menit dulu.
  4. Setelah kita masak 5 menit, matikan api kompor. Lalu, tutup pancinya dan diamkan selama 30 menit.
  5. Setelah 30 menit didiamkan, sagu mutiara masih dalam kondisi belum matang. Jadi, sekarang kita masak lagi (gunakan api sedang cenderung kecil) selama 7 menit sambil ditutup pancinya.
  6. Kemudian, setelah 7 menit segera matikan api kompor. Tapi, sagu mutiara di tahap ini belum matang sempurna. Jadi, pancinya perlu Anda tutup lagi dan ditunggu kurang lebih 20 menit atau sampai airnya dingin. Dengan demikian sagu mutiara akan matang dengan sempurna dan lebih hemat gas.[3]
Baca juga:  Sering Dipakai Industri Pengolahan, Adakah Bahaya Asap Cair untuk Makanan?

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Memasak sagu mutiara hingga matang sempurna dan tidak menempel satu sama lain memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, dengan teknik semacam ini Anda akan lebih hemat gas dan hasilnya pun tidak mengecewakan. Jika masih ingin menggunakan sagu mutiaranya nanti, Anda bisa merendamnya dalam air matang agar hasilnya tidak menempel. Kemudian, jika ingin disajikan maka Anda tinggal menyaring lalu menakarnya sesuai selera. Yuk, coba di rumah!

[1] Widiantara, T dkk. 2020. Identifikasi Rhodamin B Pada Sagu Mutiara Di Pasar Induk Kota Bandung Tahun 2019. Pasundan Food Technology Journal (PFTJ). 7(1): 10-16.

[2] Romadhoni, B dkk. 2019. Pengembangan Produk Pacar Cina (Sagu Mutiara) Di Kelurahan Maccorawalie Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Scientia Prosiding Abdimas & Penelitian: Seminar Nasional Silatnas 1 Adpertisi 2019. Hlm 29-33.

[3] Achmady, L. “TIPS MASAK SAGU MUTIARA HEMAT GAS | WAJIB DICOBA !!” YouTube, diunggah oleh Lis Achmady, 15 Oktober 2020, //www.youtube.com/watch?v=s-4nt7_W0H0

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: