Cara Memasak & Manfaat Mengonsumsi Kubis Ungu

Mengonsumsi Kubis Ungu - www.orami.co.id

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan sayur kol alias kubis. Sayuran satu ini memang murah dan mudah ditemui di pasaran. Jenis kubis sendiri ada bermacam-macam, ada kubis putih, hijau, hingga yang belakangan sedang populer dijadikan campuran salad dan dikonsumsi saat diet adalah kubis ungu. Sesuai namanya, kol ungu memiliki warna ungu gelap di tiap helainya. Semakin ke dalam biasanya warnanya akan semakin muda atau putih.

Jika dibandingkan dengan kol putih atau hijau, kubis ungu memang umumnya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal, bisa mencapai Rp 100 ribuan per 1 kg. Tapi apakah benar manfaat yang terkandung dalam kubis ungu lebih banyak dari kubis pada umumnya? Lalu bagaimana cara memasak kubis ungu yang benar? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Memasak Kubis Ungu - www.dimensioneorto.it

Cara Memasak Kubis Ungu – www.dimensioneorto.it

Manfaat/Khasiat Kubis Ungu

Kaya Serat
Dalam 1 cangkir kubis ungu cincang disebut-sebut mampu memenuhi 2 gram serat. Jumlah tersebut sama dengan 8% dari nilai kebutuhan harian 25 gram serat yang harus Anda penuhi, sesuai dengan rekomendasi dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Serat dapat mencegah kelebihan kolesterol memasuki aliran darah melalui dinding usus kecil. Serat berfungsi untuk menyerap kolesterol yang ada, lalu mengeluarkannya lewat ampas makanan di anus.

Kalium
Secangkir kubis ungu cincang diklaim memiliki 216 mg kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga tingkat cairan tubuh supaya tidak berfluktuasi. Menurut Institute of Medicine, manusia dianjurkan untuk mengonsumsi 4.700 miligram kalium per hari untuk mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat. Kalium pun dapat mencegah tekanan otot jantung dengan mendukung kontraksi yang memicu detak jantung Anda.

Sumber Vitamin C
Kubis ungu yang masih mentah ternyata mengandung vitamin C lebih tinggi daripada setelah dimasak. Satu gelas kubis ungu mentah mengandung 51 mg vitamin C atau 85% dari kebutuhan harian Anda (60 mg). Vitamin C diketahui sebagai antioksidan yang efektif untuk melindungi sel dari radikal bebas.

Sumber Vitamin A
Kubis ungu mengandung vitamin A 20% dari kebutuhan 5000 IU kita setiap hari (993 IU). Seperti yang sudah sering Anda dengar, vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan dan mendukung respons kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko infeksi mikroba.

Mencegah Kanker
Kandungan lupeol, sinigrin, dan sulforaphane dalam kubis ungi diyakini bisa merangsang aktivitas enzim serta menghambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah studi pernah ditemukan hasil bahwa sejumlah wanita yang rutin mengonsumsi sayur unik ini mengalami penurunan kasus kanker payudara.

Manfaat Kubis Ungu - www.sunfooddalat.com

Manfaat Kubis Ungu – www.sunfooddalat.com

Cara Mengkonsumsi Kol Ungu

Memasak dengan Cara Direbus

  1. Siapkan kol ungu yang hendak direbus.
  2. Bilas kol atau kubis ungu di bawah air dingin yang mengalir. Kemudian keringkan kol dengan handuk kertas.
  3. Belah kubis ungu dengan pisau hingga menjadi beberapa bongkah.
  4. Masaklah kol. Isi sebuah panci besar dengan air hingga setengahnya. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam atau gunakan takaran 5 ml garam per 1 liter air.
  5. Masukkan bongkahan kol yang telah dipotong-potong tadi ke dalamnya. Rebus sampai air mendidih, lalu kecilkan kompor ke api sedang.
  6. Rebus kol hingga 1 jam tanpa ditutup, sampai kol ungu menjadi lunak saat ditusuk dengan garpu.
  7. Buang air rebusan, kemudian Anda bisa menambahkan mentega atau garam sesuai selera.

Memasak dengan Cara Ditumis

  1. Siapkan kol yang hendak dimasak.
  2. Cuci kol sampai bersih di bawah air yang mengalir.
  3. Buang helaian kubis ungu bagian paling luar dan potong bonggol kubis menggunakan pisau. Lalu iris-iris tipis setengah bagian kubis ungu.
  4. Masaklah kol. Panaskan wajan di atas kompor dengan api sedang.
  5. Tambahkan 2 sendok makan (30 ml) minyak zaitun extra virgin olive oil. Masukkan 1 bawang putih kecil yang telah diiris. Masukkan kubis ungu ke dalamnya, aduk, dan tumis kubis ungu sampai layu selama sekitar 3-5 menit.
  6. Masukkan 1/3 gelas (80 ml) cuka sari apel ke dalam wajan. Taburkan 2 sdm (30 ml) gula ke atas kol dan aduk sampai rata.
  7. Anda bisa membumbui kol ungu dengan 1 sendok teh (5 ml) biji mustard, garam, dan merica sesuai selera.
  8. Masak selama 10 menit lagi. Kemudian angkat, dan sajikan di atas piring.

Memasak dengan Cara Slow Cooking (Memasak Lambat)

  1. Siapkan kubis ungu yang hendak diolah.
  2. Cucilah kubis ungu tersebut dengan air mengalir. Keringkan kubis ungu dengan handuk kertas.
  3. Potong-potong kubis ungu dengan pisau hingga menjadi 6 bongkah.
  4. Rebus kubis ungu dengan cara menambahkan air setinggi 1 cm ke dalam wajah.
  5. Didihkan air, kemudian masukkan kubis ungu yang telah dipotong-potong tadi beserta 1/2 sdt (2,5 ml) garam.
  6. Kecilkan api kompor sampai air dalam wajan mendidih. Tutup wajan, dan masak kubis ungu selama 8-10 menit.
  7. Balik kubis ungu dan lanjutkan lagi memasak selama sekitar 8-10 menit. Buang semua air yang tersisa, dan letakkan kembali wajan di atas kompor agar semua cairannya menguap.
  8. Masukkan 3-4 sendok makan (40-50 ml) mentega cair. Anda juga bisa menambahkan garam dan merica sesuai selera agar rasa kubis ungu tersebut lebih sedap.

Perlu Anda ingat bahwa kol atau kubis ungu biasanya warnanya akan berubah menjadi biru ketika dimasak. Supaya warnanya tidak hilang dan tetap bisa terlihat berwarna keunguan, Anda bisa menambahkan beberapa tetes cuka ke dalam rebusan ketika air mendidih.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: