Tips & Cara Memasak Ikan Tuna Kaleng yang Mudah & Praktis

Ikan tuna kalengan (sumber: today)Ikan tuna kalengan (sumber: today)

Bahan makanan segar seperti ikan tuna memang tidak begitu awet untuk disimpan. Meski demikian, sajian ini begitu disukai oleh masyarakat luas. Nah, untuk memperpanjang umur simpannya, sudah banyak produsen yang memasarkan produk ikan tuna kalengan. Ikan tuna yang dikemas dalam kaleng biasanya lebih tahan lama untuk disimpan dalam suhu ruangan, asalkan kemasannya belum terbuka. Di samping itu, cara memasak ikan tuna kaleng juga tidak terlalu sulit.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengolah ikan tuna kaleng, ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada dalam tuna kaleng berikut ini.

Komposisi Ikan Tuna Kaleng

NutrisiKandungan
Asam Amino Esensial (mg per 16 gr N)
Histidin5,07
Isoleusin4,47
Leusin8,33
Lysin8,67
Systein2,27
Fenilalanin1,47
Threonin3,81
Triptofan1,19
Valin5,33
Vitamin dan Mineral (per 100 gr)
Thiamin (μg)11
Riboflavin (μg)152
Sodium (g)2,39
Kalsium (g)0,80
Besi (mg)5,59
Tembaga (mg)0,63

Tuna banyak mengandung protein berkualitas tinggi, dan kandungannya lebih besar daripada yang terdapat pada daging sapi atau daging ayam dan salah satu kandungan nutrisi yang terbaik yang terdapat pada tuna adalah asam amino.[1]

Baca juga:  5 Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tuna mengandung vitamin B12 dan D, sangat kaya akan fosfor, iod, dan fluor. Penelitian tentang komposisi kimia tuna menunjukkan bahwa daging tuna terdiri dari 69%-72,6% air; 22,4%-22,5% protein; 1,6%-2,6% lemak, dan 1,5-2,4 abu. Pada beberapa spesies tuna yang hidup di daerah bersuhu rendah, kandungan lemaknya lebih dari 4,1%. Hal ini disebabkan karena spesies tuna ini harus beradaptasi dengan keadaan lingkungan, sehingga lemak ikan tuna di daerah dingin harus lebih banyak agar dapat menjadi “selimut” bagi tuna saat hidup di perairan yang bersuhu di bawah suhu perairan tropis.[2]

Ikan tuna kalengan (sumber: mashed)

Ikan tuna kalengan (sumber: mashed)

Nah, bagi Anda yang berencana untuk mengolah atau menambahkan ikan tuna kaleng ke dalam masakan, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk menghasilkan masakan yang maksimal, belilah ikan tuna kaleng yang bermutu tinggi. Tidak perlu membeli daging tuna dengan rasa yang aneh-aneh, cukup tuna yang direndam dalam minyak saja sudah cukup. Belilah tuna dengan tekstur yang chunky yang artinya potongan kotak-kotak besar, bukannya halus seperti untuk sandwich.[3]

Baca juga:  Asal Tiongkok, Apa Saja Manfaat Bawang Putih Kating?

Cara Memasak Ikan Tuna Kaleng

Dibandingkan memasak ikan tuna yang masih segar, memasak ikan tuna kaleng sebenarnya relatif lebih mudah, praktis, dan cepat. Pasalnya, ikan tuna kalengan umumnya sudah dalam wujud potongan (chunk) dan bahkan ada juga yang sudah dibumbui, sehingga tinggal dihangatkan saja dan disantap sebagai lauk pendamping nasi atau lainnya.

Secara umum, ada dua jenis ikan tuna dalam kaleng yang beredar di pasaran Indonesia, yakni tuna dalam minyak (tuna chunk in oil) atau tuna dalam air garam (tuna chunks in brine). Di antara kedua varian tersebut, tuna kaleng dalam minyak disebut-sebut mengandung kalori dan lemak total lebih tinggi dibanding tuna kaleng dalam air.

Selain itu, tuna kaleng ada yang kondisinya masih setengah matang atau sudah matang sempurna. Anda bisa mengolah tuna kaleng dengan bumbu yang minimalis saja. Ikan tuna kaleng bisa dimasak dengan cara ditumis, dipadukan dengan sambal, atau bahkan dijadikan isian martabak mini atau isian roti sandwich.

Supaya bau amisnya hilang, Anda bisa menambahkan aneka bumbu aromatik seperti serai, daun jeruk, atau bahkan irisan bawang merah, dan bawang putih. Minyak yang ada dalam tuna kaleng pun bisa dimanfaatkan untuk menumis bumbu seperti ketika Anda membuat oseng atau sambal tuna. Minyak tuna dalam kemasannya tersebut biasanya juga sudah memiliki cita rasa yang sedap karena digunakan sebagai bahan untuk merendam potongan ikan tuna.

Baca juga:  Maizena dan Tapioka Cocok Dijadikan Pengganti Tepung Sagu?

Sebagai contoh, untuk membuat sambal tuna kaleng misalnya, Anda bisa membuat sambal terlebih dahulu dengan bahan standar seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tomat, lalu diulek kasar. Tiriskan tuna dari minyaknya, tuang minyak ke dalam wajan panas. Gunakan minyak tersebut untuk menumis sambal sampai harum, kemudian masukkan potongan ikan tuna. Masak sebentar saja sampai sambal tercampur rata dan ikan tuna berubah warna.

[1]Sumampouw, OJ. 2019. Buku Ajar Kesehatan Masyarakat Pesisir Dan Kelautan. Yogyakarta: hlm 36.

[2]Ibid., hlm 37.

[3]Gondowijoyo, S. 2010. Back to The Kitchen – Anyone Can Cook – WESTERN. Theresia AP, editor. Yogyakarta: ANDI, hlm 55.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: