Alternatif Pengganti Nasi, Begini Cara Memasak Beras Sorgum

Beras sorgum (sumber: lidea-seeds.com)Beras sorgum (sumber: lidea-seeds.com)

Masyarakat Indonesia sebagian besar lebih memilih mengonsumsi nasi yang mudah untuk dipadukan dengan aneka lauk. Padahal, ada juga bahan pangan lain yang tak kalah bernutrisi seperti beras, yakni sorgum. Cara memasak beras sorgum pada dasarnya hampir sama seperti beras biasa. Tetapi, karena tekstur sorgum lebih kelas, Anda setidaknya butuh air dua kali lebih banyak dibanding saat memasak beras putih biasa.

Sorgum (Sorghum bicolor L. Moench) merupakan tanaman pangan penting kelima setelah padi, gandum, jagung, dan barley, dan menjadi makanan utama bagi lebih dari 750 juta orang di daerah tropis beriklim kering di Afrika, India, dan Amerika Latin. Di Afrika, biji sorgum dikonsumsi dalam bentuk olahan roti, bubur, minuman, berondong, dan keripik. Di India, tepung sorgum dibuat roti bahan chapati, yang merupakan makanan pokok masyarakat pedesaan. Di Indonesia, sorgum merupakan tanaman sereal pangan ketiga setelah padi dan jagung. Namun penggunaannya sebagai bahan pangan maupun industri masih terbatas, bahkan menurun tajam seiring ketersediaan beras yang makin mencukupi kebutuhan dengan harga yang relatif murah.

Sorgum merupakan bahan pangan pendamping beras yang mempunyai keunggulan komparatif terhadap jagung, gandum, dan beras. Pada tahun 1950-1960, sorgum sosoh dan tepung sorgum biasa dibuat nasi pengganti beras dan banyak dikonsumsi oleh penduduk di wilayah selatan Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sebagian Sulawesi Selatan.

Baca juga:  Sekilas Mirip, Apa Saja Perbedaan Dumbell dan Barbel?

Sorgum mempunyai kandungan gizi dasar yang tidak kalah dibandingkan dengan serealia lain dan mengandung unsur pangan fungsional. Biji sorgum mengandung karbohidrat 73%, lemak 3,5%, dan protein 10%,bergantung pada varietas dan lokasi penanaman. Kelemahan sorgum sebagai bahan pangan adalah kandungan tanin dalam biji. Tanin merupakan senyawa polifenol, dapat membentuk senyawa kompleks dengan protein sehingga menurunkan mutu dan daya cerna protein.

Salah satu upaya mempromosikan keunggulan sorgum sebagai bahan pangan adalah dengan memperkenalkan potensi pangan fungsional yang terkandung dalam biji sorgum. Unsur pangan fungsional dalam biji sorgum meliputi beragam antioksidan, unsur mineral terutama besi, serat pangan, oligosakarida, β-glukan termasuk komponen karbohidrat non-starchpolysaccharide (NSP), dan lainnya. Pangan fungsional bermanfaat untuk mencegah penyakit yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, endokrin, saraf, sistem pencernaan, sistem sirkulasi, dan lain-lain.[1] Beberapa jenis makanan dari sorgum berdasarkan cara pengolahannya yaitu sebagai berikut.

Masakan dari beras sorgum (sumber: simplysorghum.com)

Masakan dari beras sorgum (sumber: simplysorghum.com)

Jenis Makanan dari Sorgum

  • Makanan sejenis roti tanpa ragi, misalnya chapati, tortila.
  • Makanan sejenis roti dengan ragi,misalnya injera, kisia, dosai.
  • Makanan bentuk bubur kental, misalnyato, tuwu, ugali, bagobe, sankati.
  • Makanan bentuk bubur cair, misalnyaogi, ugi, ambili, edi.
  • Makanan camilan, misalnya popsorgum, tape sorgum, emping sorgum.
  • Sorgum rebus, misalnya urap sorgum,som.[2]
Baca juga:  Hati-hati, 4 Kandungan Pada Makanan Ini Diklaim Berbahaya Untuk Tubuh

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, sorgum dengan berat 100 gram mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut.

Kandungan Gizi Sorgum

  • Energi: 366 Kalori (Kal)
  • Protein: 11 g
  • Karbohidrat: 73 g
  • Lemak: 3.3 g
  • Serat: 1.2 g
  • Vitamin B1 (thiamin): 0,09 miligram (mg)
  • Vitamin B2 (riboflavin): 0,14 mg
  • Niasin: 2.8 mg
  • Besi: 4.4 mg
  • Fosfor: 287 mg
  • Kalium: 249 mg
Beras sorgum (sumber: today.com)

Beras sorgum (sumber: today.com)

Mengolah sorgum menjadi makanan harian pada dasarnya tidak sulit, karena hampir sama seperti menanak nasi biasa. Agar tidak bingung, berikut kami rangkum langkah-langkah memasak beras sorgum yang bentuknya hampir mirip seperti merica ini.

Cara Masak Beras Sorgum

  1. Cuci beras sorgum 2 kali dengan air bersih mengalir. Tiriskan airnya.
  2. Letakkan sorgum yang telah dicuci bersih di rice cooker. Tuangkan air dengan takaran 2 kali air masak beras biasa.
  3. Nyalakan tombol masak di rice cooker. Jika sudah terdengar air masak sorgum mendidih, buka tutup rice cooker dan aduk rata.
  4. Ketika air sudah mau kering, aduk rata lagi sorgum. Beras sorgum memiliki karakter mudah menempel di panci masak, jadi sebaiknya rajin-rajinlah untuk mengaduk sorgum selama dimasak.
  5. Cicipi sorgum. Apabila sudah empuk dan air rice cooker sudah mengering, matikan tombol masak rice cooker.
  6. Aduk rata supaya uap panas keluar dan biarkan tutup rice cooker terbuka hingga sorgum agak dingin. Sorgum pun siap disantap dengan berbagai lauk.
Baca juga:  Apakah Diet yang Dipersonalisasi Baik untuk Penderita Diabetes?

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara memasak beras sorgum? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

[1]Suarni. 2016. Peranan Sifat Fisikokimia Sorgum Dalam Diversifikasi Pangan Dan Industri Serta Prospek Pengembangannya. Jurnal Litbang Pertanian. 35(3): 99-110.

[2]Sirappa, MP. 2003. Prospek Pengembangan Sorgum Di Indonesia Sebagai Komoditas Alternatif Untuk Pangan, Pakan, Dan Industri. Jurnal Litbang Pertanian. 22(4): 133-140.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: