Wajib Tahu: Ternyata Begini Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Ilustrasi: wanita berambut panjangIlustrasi: wanita berambut panjang

Siapapun pasti menginginkan rambut yang indah dan tebal, terutama wanita. Apalagi jika memiliki rambut sehat, kuat dan panjang. Sayangnya, berbagai faktor internal maupun eksternal menjadi penyebab menurunnya pertumbuhan rambut. Kesalahan pemakaian produk pada beberapa orang dapat memicu kebotakan permanen. Akibatnya, pertumbuhan rambut secara alami menjadi terhambat. Sehingga rambut sehat, berkilau, dan kuat hanya menjadi sebatas impian saja. 

Tingkat kecepatan pertumbuhan rambut setiap orang berbeda, yang berkaitan dengan faktor keturunan (genetik). Penelitian menyebutkan bahwa rambut biasanya tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci setiap bulannya. Tetapi ternyata ada cara-cara yang dinilai lebih efektif, mudah serta murah untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Pertama, biasakan memijat lembut kulit kepala. Pijatan ini bisa dilakukan saat keramas atau saat menggunakan tonik rambut. Saat keramas, pijat perlahan kulit kepala Anda dengan gerakan memutar mulai dari belakang kepala hingga kening. Gunakan jari, pijat dan urut kepala selama dua hingga tiga menit. Hal ini bertujuan untuk merangsang aliran darah di kulit kepala sehingga akan membantu untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Proses ini berlaku juga untuk produk-produk luar seperti tonik, conditioner dan pelembab rambut. Pastikan semua produk aman untuk digunakan dan tidak menimbulkan alergi. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan produk berbahan alami atau herbal. 

Seorang vlogger wanita asal Indonesia mengklaim bahwa kebiasaan memijat kulit kepala membuat tubuh terasa rileks. “Saya suka memijat kulit kepala saya saat sedang pusing dan ternyata hal tersebut membuat pusing saya berangsur-angsur hilang,” terangnya melalui salah satu videonya di  kanal pribadinya di YouTube. Saat di salon pun, wanita tersebut juga sering request kepada terapisnya untuk memijat kulit kepala lebih lama menggunakan vitamin rambut kesukaannya. Selain baik untuk kesehatan, aktivitas tersebut juga membuat rambut terasa lebih lembut dan halus. 

Ilustrasi: mengeringkan rambut dengan diangin-anginkan (sumber: glamour.com)

Ilustrasi: mengeringkan rambut dengan diangin-anginkan (sumber: glamour.com)

Kedua, jangan mengeringkan rambut dengan handuk. Jika Anda sering melakukannya, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Selain membuat kusut, mengeringkan rambut dengan dibungkus handuk bisa membuat batang rambut menjadi rapuh dan menyebabkan kerontokan. Cara terbaik mengeringkan rambut adalah dengan membiarkannya dan mengangin-anginkannya secara alami atau menggunakan kipas angin. Jangan pula terlalu sering menggunakan hair dryer karena panas yang dihasilkan justru bisa membuat rambut kering.

Ketiga, gunakan masker rambut. Walaupun banyak produk masker rambut yang beredar di pasaran, tetapi Anda dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan campuran bahan-bahan alami. Perawatan rambut alami ini dipercaya dapat memberi nutrisi dan meremajakan rambut, membuatnya jadi lebih bersinar dan berkilau, sekaligus cepat memanjangkan rambut.

Caranya, siapkan minyak kelapa, telur dan madu lalu campurlah ketiga bahan ini dalam proporsi yang sama. Hangatkan sebentar dan tiriskan. Aplikasikan pada rambut kering sebelum keramas sambil dipijat lembut, biarkan selama 30 menit lalu bilas rambut. 

Selain itu, pola hidup yang tidak sehat dapat memicu kerontokan rambut. Jangan terlalu sering begadang dan tidur larut karena dapat meningkatkan stres. Kurangi makanan berlemak, makanan berminyak dan terlalu banyak penyedap rasa. Selain buruk untuk tubuh, makanan-makanan dan gaya hidup tersebut juga memicu kulit kepala menjadi kasar yang berakibat terhambatnya pertumbuhan rambut.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: