Tips & Cara Memanggang Croissant Agar Hasilnya Mekar Sempurna

Croissant (unsplash: Mae Mu)Croissant (unsplash: Mae Mu)

Croissant termasuk jenis pastry yang berasal dari negara Prancis dengan bentuknya yang khas dan mirip bulan sabit. Jenis roti ini dibuat seperti halnya adonan puff pastry (adonan berlapis). Seperti layaknya roti dengan bahan standar tepung terigu, mentega, telur, dan ragi. Bedanya dengan roti lain, adonan croissant dibuat berlapis tipis karena penambahan lemaknya dengan cara digilas yang melapisi campuran tepung.[1] Cara memanggang croissant pada dasarnya mudah, tetapi memerlukan kesabaran dan juga ketelitian agar hasilnya sempurna.

Croissant sering digunakan untuk menu makan pagi, sebagai teman minum teh atau kopi. Croissant bisa dimakan begitu saja tanpa pelengkap makanan lain. Pastry ini mudah diperoleh di berbagai toko kue atau bakery atau di pasar swalayan, ada yang polos, berisi cokelat, keju, atau kacang almond. Aslinya, croissant disajikan kosong, tidak perlu mengoleskan mentega ketika menyantapnya. Namun dalam perkembangannya, croissant berkembang sesuai dengan dinamika selera penikmat makanan lezat.[2]

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menikmati croissant di rumah, berikut cara memanggang croissant yang benar.

Cara Memanggang Croissant dengan Oven Listrik

  1. Panaskan terlebih dahulu oven hingga suhu 200 derajat celsius. Anda bisa memanaskannya sekitar 5-10 menit.
  2. Sembari menunggu oven panas, Anda bisa membuat olesan telur untuk croissant. Caranya, pecahkan sebutir telur di sebuah mangkuk kecil, pisahkan bagian kuningnya. Lalu, garpu untuk mencampu 1 kuning telur dengan 1 sdt (sendok teh) air.
  3. Oleskan bahan olesan tersebut ke permukaan croissant menggunakan kuas kue secara lembut.
  4. Nah, jika oven sudah panas, Anda bisa langsung memanggang croissant di bagian rak tengah dengan durasi sekitar 12-15 menit (menggunakan api atas dan bawah), sesuaikan dengan oven masing-masing. Pastikan croissant harus berwarna cokelat keemasan di bagian atasnya saat sudah matang.
  5. Setelah croissant dikeluarkan dari oven, pastikan untuk meletakkannya di atas cooling rack agar hasilnya tetap renyah dan tidak lembap karena terkena uap panas.Sajikan selagi hangat.
Baca juga:  Tak Cuma Bikin Sushi Makin Nikmat, Telur Ikan Terbang Ternyata Simpan Beragam Manfaat

Nah, bagi Anda yang belum memiliki oven listrik dan hanya mempunyai otang (oven tangkring) yang menggunakan kompor di rumah, tak perlu risau. Anda tetap dapat memanggang croissant dengan hasil yang tak kalah cantik dari croissant yang dipanggang menggunakan oven listrik. Berikut langkah-langkahnya.

informasi, info, cara, memanggang, croissant, membuat, dengan, puff pastry, instan, adonan, beku, makan, membuat, suhu, ideal, tepat, baking, waffle, adalah, makanan, kue, kuliner, jajanan, asal, perancis, oven, listrik, tangkring
Ilustrasi: memanggang croissant (unsplash: Olia Gozha)

Cara Memanggang Croissant dengan Oven Tangkring

  1. Panaskan dulu oven tangkring hingga suhu 180 derajat celsius. Anda bisa menggunakan termometer khusus oven untuk mengukur agar suhunya tepat.
  2. Selama menunggu oven panas, Anda bisa mengolesi croissant dengan bahan pelapis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya (campuran kuning telur dan sedikit air). Agar lebih mengilap, Anda bisa mengolesi croissant dengan kuning telur sekali lagi, sesaat sebelum dimasukkan oven.
  3. Panggang croissant dalam oven tangkring dengan suhu 180 derajat celsius selama 30 menit, boleh juga dilebihkan 5 menit.
  4. Apabila croissant sudah matang (warnanya cokelat keemasan), angkat.
  5. Setelah croissant dikeluarkan dari oven, pastikan untuk meletakkannya di atas cooling rack agar hasilnya tetap renyah dan tidak lembap karena terkena uap panas. Sajikan selagi hangat.
Baca juga:  Tips Membuat Smoothie yang Sehat dan Bisa Bikin Awet Kenyang

Sebelum memanggang croissant, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya hasil pastry Anda tersebut mekar sempurna dan tidak bantat. Berikut ulasannya.

Tips Memanggang Croissant

  • Pastikan oven telah dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang croissant.
  • Saat menggunakan oven listrik, sebaiknya jangan suka membuka-tutup pintu oven agar temperaturnya tidak turun. Hal ini bisa mengganggu proses mengembangnya croissant Anda.
  • Untuk puff pastry seperti croissant membutuhkan suhu oven ideal antara 180-200 derajat celsius dengan waktu antara 15-20 menit.
  • Pada oven tangkring, Anda harus rajin menukar posisi oven dengan cara memutarnya hingga 3 kali agar croissant bisa matang sempurna. Selain itu, supaya memperoleh panas yang merata, Anda juga bisa menukar posisi rak dari bawah ke atas dan sebaliknya. Hal ini dilakukan supaya croissant tidak gosong di sisi bawah saja.
Baca juga:  Kumpulan Resep Kue Pukis Lezat & Sederhana Tanpa Cetakan

Selama memanggang croissant, memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Anda setidaknya harus rajin mengamati prosesnya agar hasil croissant tidak gosong. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Jika masih pemula, Anda bisa menjajal memanggang croissant dari lembaran puff pastry instan saja agar lebih praktis.


[1] Aliza, Dapur. 2012. Croissant Mini Gizi Maksi. Petra AB, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 4.

[2] Ibid.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: