Ingin Tampilan Rambut Ikal Keren? Ini Cara Memakai Roll Rambut yang Benar

Cara Memakai Roll Rambut - www.allthingshair.comCara Memakai Roll Rambut - www.allthingshair.com

Mempunyai rambut yang panjang dan lurus-lurus saja memang menjadi dambaan dari hampir setiap wanita. Namun terkadang ada juga yang merasa bosan dengan tatanan rambut yang lurus dan biasa-biasa saja. Terlebih sejak kemunculan tren tatanan rambut yang lebih menarik seperti beach wave, messy hair, keriting gantung, dan sebagainya yang hadir dengan tatanan rambut cenderung ikal. Alhasil alat bantu seperti roll atau curler biasa dipakai oleh para pemilik rambut lurus untuk menghasilkan rambut keriting bergelombang sesuai harapan.

Sayangnya, meski terlihat sepele rupanya masih ada beberapa orang yang mungkin belum mengerti betul bagaimana cara memakai roll rambut yang benar. Dibandingkan menggunakan curler listrik yang memanfaatkan energi panas dari listrik, memakai roll rambut efeknya tidak terlalu merusak. Selain itu hasil keriting yang ditawarkan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah ingin keriting yang cenderung kecil-kecil atau bahkan keriting yang cenderung bergelombang natural. Nah, agar tidak penasaran, simak langkah-langkah atau cara memakai roll rambut berikut ini.

Cara Pakai Roll Rambut Sesuai Jenisnya

Roll Velcro

Roll Velcro atau Velcro rollers adalah jenis roll yang belakangan ini cukup populer. Jenis satu ini cukup mudah digunakan daripada jenis roll lainnya. Seperti yang Anda ketahui, material Velcro biasanya akan cenderung menempel di rambut, sehingga dapat memudahkan Anda atau menggulung bagian rambut maupun poni dalam waktu sekejap tanpa perlu dijepit atau diikat terlebih dahulu. Cara menggunakan roll Velcro cukup mudah, Anda tinggal membagi-bagi rambut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil/tipis, kemudian tarik rambut sampai tidak kusut dan mulai gulunglah rambut Anda dengan roll, baik dari ujung rambut atau dari tengah sesuai selera. Harga Velcro rollers pun cukup murah, mulai Rp10 ribuan di pasaran, tergantung ukurannya.

Memakai Roll Rambut Terlihat dari Samping - www.alltheprettypandas.com

Memakai Roll Rambut Terlihat dari Samping – www.alltheprettypandas.com

Nylon Daiou Roll

Sebelum kemunculan Velcro roller, Nylon Daiou roll bisa dibilang sebagai roller rambut yang cukup populer di masanya. Sampai saat ini pun tetap banyak pengguna setia roll rambut dari bahan plastik ini. Namun seperti yang Anda tahu, Nylon Daiou roll terdiri dari 2 bagian, yakni roll atau penggulung rambut, serta bagian penjepit roll. Beberapa orang mungkin kurang suka dengan roller jenis ini karena dianggap tidak praktis dan pemakaiannya terkadang bisa menimbulkan ‘drama’ seperti tangan terjepit atau bahkan tidak muat digunakan karena rambut yang terlalu tebal. Meski demikian, Nylon Daiou termasuk roll yang cukup efektif untuk menghasilkan rambut ikal.

Dibanding roll Velcro, harga Nylon Daiou roller jauh lebih murah, berkisar mulai Rp3 ribuan per pack isi 5 pcs. Cara pakainya, buka terlebih dahulu penjepit roll. Kemudian gulung rambut Anda mengelilingi roll, dan tutup roll rambut dengan penjepit tadi. Roll satu ini cukup kuat dan tidak mudah terlepas dari rambut meski dibawa tidur.

Strawberry Roll

Jika Anda sering berselancar di situs jual-beli online, tentu sudah tak asing lagi dengan jenis roller yang bentuknya menyerupai buah stroberi ini. Selain bentuknya yang lucu dan menggemaskan, roll dari bahan spons ini juga tak terasa menyakitkan di kepala meski digunakan sembari tidur semalaman. Pemakaian Magic Strawberry Sponge Hair Curler ini kabarnya bisa menghasilkan rambut wavy alias bergelombang yang natural. Harga strawberry roll dibanderol sekitar Rp20 ribuan di pasaran.

Cara pakainya pun mudah. Anda bisa keramas terlebih dahulu, kemudian keringkan rambut sampai 80% kering. Selanjutnya roll rambut Anda sedikit demi sedikit dengan cara diselipkan ke bagian tengah roll strawberry ini selama 20-30 menit. Namun bila ingin me-roll rambut semalaman, sebaiknya rambut diroll dalam keadaan benar-benar kering.

Jepit Roll

Model roll rambut berikutnya yang juga tidak kalah populer adalah jepit roll. Sesuai namanya, roller rambut ini dilengkapi dengan jepit yang fungsinya untuk menahan gulungan rambut supaya tidak mudah terlepas. Cara memakai jepit roll juga hampir sama seperti roll rambut pada umumnya, Anda tinggal menggulung sedikit demi sedikit rambut Anda dengan roll, kemudian tahap terakhir tinggal dijepit dengan jepitan yang sudah disediakan. Harga jepit roll berkisar antara Rp11 ribuan hingga Rp29 ribuan.

Hasil Memakai Roll Rambut - (Youtube: RisasRizos)

Hasil Memakai Roll Rambut – (Youtube: RisasRizos)

Cara Roll Rambut Agar Tahan Lama

  • Dinginkan rambut setelah mengikalkannya. Setelah me-roll rambut, Anda bisa menggunakan udara dingin dari pengering rambut untuk diarahkan ke seluruh rambut. Udara dingin tersebut dapat membuat rambut rileks dan membantu rambut ikal Anda lebih tahan lama.
  • Memakai gel rambut. Gel rambut yang berbahan dasar protein akan kering dalam 15-30 menit dan mampu membuat rambut ikal Anda kaku. Namun sebaiknya gunakan gel rambut sedikit saja agar rambut tidak terlihat terlalu kaku.
  • Memakai hair spray. Hair spray menjadi salah satu produk yang wajib ada di salon-salon. Apabila ingin hasil curly yang lebih tahan lama, Anda bisa menyemprotkan hair spray ke seluruh rambut. Tapi seperti halnya gel, sebaiknya gunakan hair spray secukupnya saja agar rambut tetap tampak natural. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan foam rambut atau hair mousse supaya rambut tetap terlihat indah.
  • Pakai rol rambut lebih lama. Memakai roll lebih lama tentunya akan menghasilkan tatanan rambut ikal yang lebih lama pula. Jika ingin hasil terbaik, Anda bisa memakai roll ketika rambut dalam keadaan basah dan panaskan dengan hair dryer.

Demikian cara memakai roll rambut dan tips-tips untuk membuat roll rambut tahan lama. Semoga Anda bisa mencobanya di rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: