Cara Memakai Foundation Padat Supaya Mudah Menempel

Ilustrasi: aplikasi foundation padat (sumber: vix.com)Ilustrasi: aplikasi foundation padat (sumber: vix.com)

Foundation, atau lebih dikenal sebagai alas bedak, tidak hanya dijual dalam bentuk cair atau liquid, tetapi juga padat. Dilihat dari tekstur foundation padat yang berbeda dengan foundation liquid, jelas cara memakainya tidak sama. Anda memerlukan beberapa trik agar foundation padat mudah menempel dan di-blend di kulit wajah.

Keunggulan dan Kekurangan Foundation Padat

Foundation merupakan salah satu bahan kosmetik wajib jika Anda ingin mencoba merias wajah dengan metode cikatri. Metode ini adalah cara untuk menutupi kekurangan atau cacat pada wajah, di antaranya lubang bekas jerawat, noda hitam, bekas luka, cacat bawaan, dan pori-pori yang melebar. Metode rias ini akan membuat tampilan kulit Anda yang tidak sempurna menjadi lebih ideal, bahkan mulus seperti tidak ada kurangnya.[1]

Selain itu, foundation kerap dipakai untuk mengubah warna kulit menjadi lebih terang dan pucat agar mudah dirias dan diberi warna. Pemberian warna pada kulit biasanya menggunakan bahan kosmetik golongan dekoratif, antara lain, lipstik, eyeshadow, dan blush on.

Foundation padat biasanya juga dimanfaatkan untuk membuat warna kulit menjadi lebih cerah satu tone. Meskipun sebagian besar foundation bisa mencerahkan kulit, Anda tidak disarankan memakai foundation yang warnanya dua kali jauh lebih cerah dibandingkan warna kulit Anda. Hal ini akan membuat tampilan wajah terlihat seperti topeng dan make up tidak terkesan natural atau lebih tepatnya terkesan menor.

Baca juga:  Apa Penyebab Barbekyu Tidak Higienis dan Jadi Sarang Penyakit?
Varian foundation (sumber: mommyasia.id)

Varian foundation (sumber: mommyasia.id)

Penggunaan foundation padat yang kurang tepat juga akan membuat produk tidak bisa menempel di kulit dengan baik. Foundation padat yang dipakai secara sembarangan akan memberikan efek menggumpal di titik tertentu di bagian wajah. Secara umum, foundation padat bisa menggumpal jika Anda tidak bisa menggunakan aplikator berupa kuas atau puff dengan baik.

Tekstur foundation padat yang seperti compact atau cake biasanya juga tergolong berat di wajah. Hal ini berbeda dengan jenis foundation liquid yang lebih ringan, sehingga foundation padat akan lebih sulit untuk di-blend di atas permukaan kulit. Setiap kondisi kulit juga akan menentukan efek oles foundation padat di kulit.

Kebanyakan foundation padat bersifat matte, meskipun ada juga yang sifatnya dewy. Jika Anda memiliki kondisi kulit normal atau dry, sebaiknya Anda memilih jenis foundation padat yang dewy atau tidak matte. Sementara, bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak atau normal to oily, Anda bisa mencoba menggunakan foundation padat matte. Pemilihan foundation yang sesuai dengan jenis kulit akan memengaruhi hasil oles foundation di kulit.

Baca juga:  Pixy Compact Powder Pure Finish, Kosmetik Pixy Untuk Kulit Berjerawat

Selain mengetahui foundation padat yang cocok untuk setiap kondisi kulit, Anda juga perlu mengetahui cara memakai produk tersebut dengan tepat. Sehingga, foundation tidak akan mudah pecah atau menggumpal saat di-blend.

Cara Memakai Foundation Padat

Ilustrasi: mengaplikasikan foundation padat (sumber: pinterest)

Ilustrasi: mengaplikasikan foundation padat (sumber: pinterest)

  • Sebelum memakai foundation padat, bersihkan kulit wajah Anda menggunakan sabun atau larutan pembersih wajah hingga bersih. Keringkan wajah dan duduklah di depan cermin untuk mengamati kekurangan di wajah Anda. Dengan mengamati kekurangan tekstur atau bentuk kulit wajah, Anda bisa memperkirakan ketebalan foundation yang harus dioleskan ke tiap bagian kulit wajah.
  • Pakai toner terlebih dahulu untuk membuat pH wajah Anda menjadi lebih stabil. Setelah itu, oleskan pelembap atau moisturizer. Hal ini sangat penting untuk membuat foundation mudah menempel sekaligus mencegah kekeringan kulit selama pemakaian foundation. Biarkan moisturizer terserap oleh kulit dengan sempurna. Biasanya, ini ditandai dengan kondisi kulit yang berubah menjadi lebih segar, dingin, dan lembap.
  • Pilih aplikator yang sesuai untuk mengoleskan foundation. Disarankan memakai puff foundation atau beauty blender. Sebaiknya Anda tidak memaksakan memakai kuas. Ini karena foundation padat tidak seringan compact powder atau seperti liquid foundation yang mudah diserap pori-pori.
  • Oleskan foundation ke bagian kulit wajah yang kurang sempurna dengan lapisan agak tebal. Setelah itu, oleskan foundation pada permukaan kulit lainnya lebih tipis. Ratakan foundation menggunakan beauty blender dengan cara tapping.
  • Selain mengoleskannya di wajah, Anda juga harus mengaplikasikan foundation di bagian bawah dagu dan leher. Ini akan membuat tampilan make up yang lebih natural dan tidak belang.
Baca juga:  Jadi Lifestyle di Kalangan Anak Muda, Berapa Harga Menu Kopi di Starbucks?

Itulah cara mudah menggunakan foundation padat. Beberapa orang yang kesulitan mengaplikasikan foundation padat kadang suka mengubah tekstur foundation menjadi cream atau cair. Caranya, Anda hanya perlu menambahkan minyak zaitun atau toner ke foundation dan mengoleskannya ke kulit. Namun, cara ini dapat mengubah komposisi produk secara keseluruhan.

[1] Harlini, Siti Miki. 2015. Pengaruh Pengaplikasian Foundation terhadap Hasil Rias Wajah Cikatri (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: