Cara Melindungi Diri Dari Serangan Nyamuk

nyamuk, melindungi, keluarga, penyakit, virus, zika, di, amerika, serikat, obat, lotion, semprot, iritasi, mata, kulit, ruang, tertutup, mandi, air, sabun, aroma, cara, tips, serangan, gigitan, siang, malam Ilustrasi: tidur dilindungi tirai antinyamuk

Berita tentang penyebaran virus Zika, terutama pada bayi telah menjadi sebuah kekhawatiran bagi para orang tua. Salah satu hal yang ditakuti adalah . Bukan hanya virus Zika bisa disebarkan melalui , akan tetapi hewan tersebut bisa menyebarkan virus lainnya seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, virus West Nile, dan ensefalitis Jepang.

Sebagian besar orang yang digigit oleh nyamuk bisa saja tidak terjangkit penyakit apapun. Tetapi, apabila Anda tinggal atau bepergian ke suatu daerah di mana suatu penyakit sedang terjadi (misalnya Zika), maka nyamuk menjadi patut diwaspadai. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara melindungi diri dan keluarga Anda dari serangan nyamuk.

Cara Melindungi Diri Dari Serangan Nyamuk

Memilih pakaian

Anda bisa memulai dari pakaian. Sebaiknya pilih pakaian berlengan panjang berbahan ringan (tidak panas), dan juga celana panjang. Bahkan, beberapa  orang menyemprotkan nyamuk pada pakaian mereka sebagai upaya perlindungan.

Membuat Batas Antara Diri Anda Dengan Nyamuk

Memilih tidak bepergian keluar rumah, berada di dalam ruangan ber-AC bisa membuat kemungkinan Anda terserang nyamuk menjadi kecil. Anda juga bisa menggunakan kelambu (jika berada di rumah). Anda bisa memasangnya di sekitar tempat Anda atau bayi. Menyemprot kelambu dengan obat nyamuk juga merupakan ide yang bagus.

Waspadai Air Yang Menggenang

Biasanya nyamuk suka dengan air yang menggenang. Jika di rumah Anda ada bak air, atau ember berisi air yang sudah lama tidak terpakai, sebaiknya buang airnya. Untuk air di dalam bak mandi, Anda bisa menaburkan obat untuk jentik nyamuk yang bisa dibeli di pasaran.

Menggunakan Obat Anti Serangga/Nyamuk

Menurut beberapa orang, obat bernama DEET merupakan salah satu yang efektif mengusir nyamuk. Nyamuk tidak suka terhadap sesuatu yang memiliki atau mengeluarkan aroma, sehingga binatang tersebut akan menjauhinya. Semakin tinggi persentase dari DEET, maka semakin tinggi pula perlindungannya.

Cara Menggunakan Obat Nyamuk Secara Efektif & Aman

Ilustrasi: menyemprotkan cairan antinyamuk (sumber: superdrug.com)

Obat nyamuk yang dijual di pasaran mungkin memiliki samping. yang paling umum terjadi adalah iritasi . Penting diperhatikan supaya Anda tidak menggunakan obat nyamuk (lotion) pada area tubuh yang ada goresan, sayatan, atau ruam.

Jika Anda tidak sengaja menelan produk, (misalnya pada saat mengoleskan di tangan, kemudian terkena bibir, dan Anda refleks untuk menjilatnya), maka bisa membuat Anda mual, kemudian muntah. Menelan obat nyamuk dalam jumlah cukup banyak bisa menimbulkan masalah neurologis seperti kejang. Tetapi, hal tersebut jarang terjadi.

American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa persentase hingga 30 persen masih terbilang aman bagi -anak. Namun, Anda tidak boleh mengoleskan obat nyamuk pada bayi yang berusia kurang dari 2 bulan. Untuk perlindungan terbaik, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan penggunaan setidaknya 20 persen.

Apabila dirangkum, tips menggunakan obat nyamuk antara lain:

  • Pastikan orang dewasa melakukan penyemprotan
  • Ketika menggunakan obat nyamuk semprot, jangan semprot langsung ke wajah, namun semprotkan ke tangan Anda lebih dahulu, dan gunakan tangan untuk mengusapkan produk ke wajah. Kemudian, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda.
  • Selalu semprotkan obat nyamuk ke tempat terbuka.
  • Lakukan penyemprotan berulang kali sesuai dengan kebutuhan.
  • Ketika Anda pulang ke rumah, pastikan keluarga Anda telah membersihkan diri dengan air dan sabun (bisa mandi atau cuci tangan & kaki). Dan, pastikan untuk mencuci pakaian yang telah disemprot obat nyamuk sebelum dipakai kembali.

Bahan Yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengganti Obat Nyamuk

Selain obat nyamuk oles atau lotion, Anda juga bisa memakai bahan-bahan alami, seperti minyak eukaliptus lemon yang dinilai efektif dan juga aman. Walaupun dianggap efektif dan aman, namun tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun.

Minyak eucalyptus lemon (sumber: Reader’s Diggest)

Di samping itu, Anda juga bisa memakai Picadirin sebagai alternatif. Produk ini bisa efektif melawan nyamuk (walaupun mungkin tidak terlalu efektif). Produk ini bisa saja membuat kulit atau mata menjadi iritasi.

Produk lainnya yaitu Undecanone (IBI-246), yang merupakan bahan kimia yang bisa ditemukan di beberapa tanaman. Bahan tersebut bisa melindungi dari serangan nyamuk hingga 4-5 jam, dan tidak beracun.

Alternatif lainnya yaitu IR-3535, di mana ini merupakan bahan aktif di dalam obat nyamuk Avon (dan produk lainnya). Perlindungan yang diberikan bisa berlangsung selama 2 jam. Namun, penggunaan bahan ini mungkin saja bisa menyebabkan mata menjadi iritasi apabila Anda menyemprotkannya secara tidak hati-hati.

Memang, cara paling efektif untuk menghindari terjangkit sebuah penyakit dari virus yang disebarkan oleh nyamuk, baik di rumah atau dalam perjalanan adalah menghindari dari gigitan nyamuk.

Gigitan nyamuk bisa lebih dari sekadar mengganggu dan . Nyamuk bisa menyebarkan virus yang membuat diri Anda sakit, atau bahkan sampai kematian. Meskipun beberapa nyamuk hanya membuat Anda merasa terganggu, tetapi beberapa nyamuk di Amerika Serikat dan di belahan dunia lainnya bisa menyebarkan virus dan menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai melindungi diri dari nyamuk. Binatang tersebut ada pada saat siang dan malam, mencari tempat-tempat hangat ketika suhu mulai dingin. Beberapa nyamuk bahkan hibernasi di ruangan tertutup seperti garasi, gudang, dan ruangan tertutup lainnya. Tidak ada salahnya jika Anda mulai sering-sering membuka ruangan tertutup atau membersihkannya untuk tidak memberi ruang bagi nyamuk bersembunyi. Anda bisa mulai membersihkan ruang tersebut di waktu libur bersama anggota keluarga lain.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: