Anggaran Terbatas? Ini Cara Melengkapi Persediaan Dapur Anda

Persediaan stok makanan di kulkas dapurPersediaan stok makanan di kulkas dapur

Punya penghasilan yang minim memang membuat kita harus menekan pengeluaran agar bisa memenuhi kebutuhan dapur dengan layak. Tak jarang pula orang tidak sarapan, karena dengan cara itu, mereka bisa menyisihkan anggaran untuk makan malam atau makan siangnya. Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melengkapi persediaan dapur dengan budget terbatas.

Sarapan sendiri adalah hal yang wajib dilakukan. Meskipun tidak sarapan makanan pokok, yang penting perut bisa kenyang dan nutrisi terpenuhi. Sarapan sangat penting, terutama bagi anak-anak. Hal ini karena makan pagi adalah sumber energi sekaligus nutrisi utama yang harus diterima tubuh sebelum beraktivitas. Tidak sarapan dapat menyebabkan orang mudah lelah, mudah mengantuk, pusing, dan susah mengontrol emosi.[1]

Agar Anda dan keluarga bisa sarapan dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan budget terbatas, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Kurangi Makan Daging

Ilustrasi: potongan daging

Ilustrasi: potongan daging

Seperti yang kita tahu, harga daging di pasaran tidak pernah murah, bahkan selalu mengalami kenaikan di waktu-waktu tertentu. Untuk itu, sebaiknya Anda mengurangi persediaan daging di freezer. Anda bisa mengganti daging dengan bahan makanan lain yang lebih murah, namun rasanya hampir mirip dengan daging jika diolah.

Baca juga:  Miliki Banyak Konsumen dan Tak Perlu Modal Besar, Bisnis Es Mambo Dianggap Menguntungkan

Inovasi menarik bagi Anda yang ingin ‘makan daging’ bermodal murah, Anda hanya perlu menyiapkan jamur, garam, merica, bubuk kaldu ayam, tepung terigu, dan maizena. Agar rasanya lebih berserat, Anda bisa menambahkan tempe sebagai bahan dasar membuat daging ala vegetarian.

Setelah semua bahan terkumpul, masukkan jamur, tempe, garam, merica, dan bubuk kaldu ayam ke alat penumbuk atau blender dan haluskan. Masukkan adonan ke wadah plastik dan tambahkan tepung terigu serta tepung maizena. Aduk adonan, lalu tambahkan sedikit air hangat untuk membuat adonan lebih kenyal. Setelah itu, bentuk menyerupai daging dan goreng hingga kecokelatan. Sajikan bersama nasi hangat untuk sarapan Anda dan keluarga.

Perbanyak Stok Sayur dan Buah

Ilustrasi: pasar buah & sayuran

Ilustrasi: pasar buah & sayuran

Dilansir dari Harvard Health Publishing, selain meminimalkan kebutuhan daging, Anda juga perlu memperbanyak stok sayur dan buah. Cara hemat yang satu ini bisa Anda terapkan saat anggaran mulai menipis. Anda bisa memasak aneka sayuran setiap hari untuk makan sebanyak 3 kali sehari, karena harganya murah.

Baca juga:  Resep dan Cara Membuat Bakpia Kukus Khas Jogja, Mudah & Enak!

Untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan dengan harga paling murah, Anda bisa membelinya di pasar tradisional. Di pasar tradisional, Anda bisa menawar setiap dagangan yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih sendiri barang yang Anda beli. Pilihlah sayur dan buah yang segar dan baru saja tiba di pasar. Ini adalah bahan makanan yang lezat sekaligus lebih awet saat disimpan di kulkas.

Selain menawarnya, belilah sayuran dan buah dalam jumlah banyak. Misalnya, dalam sekali belanja, Anda membeli sayur dan buah untuk kebutuhan selama seminggu. Tentunya, Anda akan mendapatkan harga grosir yang lebih murah lagi. Sehingga, Anda bisa menganggarkan uang yang tersisa untuk kebutuhan lainnya.

Menanam Sayur Sendiri

Ilustrasi: kebun sayur mini

Ilustrasi: kebun sayur mini

Langkah paling hemat sekaligus menguntungkan, yaitu dengan menanam sayur sendiri. Tanamlah sayuran yang biasa Anda konsumsi, seperti bayam, kangkung, tomat, cabai, dan bawang. Cara menanam sayuran tersebut tidaklah sulit, apalagi untuk konsumsi sendiri. Untuk bayam, cabai, tomat, dan kangkung, Anda bisa menanamnya dari biji yang harganya terbilang murah. Anda bahkan bisa mendapatkannya secara gratis dari petaninya langsung.

Baca juga:  Jangan Sampai Keliru, Ternyata Ini Jenis Pisang yang Paling Cocok untuk Bikin Pisang Goreng

Sementara itu, untuk bawang, lebih praktis dan hemat lagi. Anda tidak perlu membeli bibitnya, cukup gunakan bawang yang ada di dapur dan gelas plastik bekas. Potong bagian akar bawang, lalu dikaitkan dengan lidi di atas mulut gelas plastik yang sudah diisi dengan air. Jika akarnya sudah tumbuh dan merambat ke dalam air, tanam bawang tersebut di tanah pekarangan Anda.

Dengan menanam sendiri, Anda tidak perlu membeli sayur di luar. Sehingga, dalam waktu-waktu tertentu, selain bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tanpa mengeluarkan anggaran, Anda juga bisa menabung untuk keperluan lainnya.

Itulah beberapa cara untuk melengkapi persediaan dapur dengan anggaran terbatas. Selain cara di atas, agar hidup Anda tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dapur, sebaiknya Anda juga berusaha untuk menyisihkan sebagian uang Anda untuk keperluan tabungan dan investasi jangka panjang.

[1] Verdiana, Lydia & Lailatul Muniroh. 2017. Kebiasaan Sarapan Berhubungan dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa SDN Sukoharjo 1 Malang. Media Gizi Indonesia, Vol. 12(1): 14-20.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: