Cara Melembutkan Rambut Kering Secara Alami dan Menggunakan Produk Perawatan Rambut

Ilustrasi: rambut kering (sumber: glamourmagazine.co.uk)Ilustrasi: rambut kering (sumber: glamourmagazine.co.uk)

Rambut yang kering seringkali identik dengan rambut kaku dan rusak. Rambut kering juga salah satu indikator bahwa ia sering terkena cahaya matahari dan kekurangan nutrisi. Untungnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melembutkan rambut kering. Berikut adalah cara melembutkan rambut kering yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Menggunakan Shampoo Khusus

Sudah banyak produk shampoo dengan manfaat untuk melembutkan rambut. Anda bisa menggunakan produk seperti ini untuk mengatasi rambut kering. Kandungan formula pada shampoo khusus seperti ini dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan lembut. Tidak sulit menemukan produk shampoo seperti ini. Anda bisa menjumpainya di gerai kosmetik atau pusat perbelanjaan. Cara ini juga terbilang lebih praktis dan mudah, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus ke salon dan mengeluarkan banyak uang.

Memakai Conditioner

Tidak hanya menggunakan shampoo, untuk membuat rambut menjadi lebih lembut, Anda juga perlu menggunakan conditioner. Pilihlah conditioner yang memiliki manfaat untuk melembutkan dan melembapkan rambut. Anda bisa menggunakan conditioner setelah keramas, setiap tiga hari sekali. Beberapa conditioner juga membuat rambut Anda lebih ringan dan tidak bergerombol. Sehingga, Anda lebih mudah menata rambut dan menyisirnya.

Mengaplikasikan Hair Mask

Anda bisa menggunakan hair mask atau produk masker rambut untuk melembutkan rambut kering. Beberapa produk hair mask juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dapat menutrisi rambut Anda. Bagi Anda yang memiliki rambut kusam dan kaku, juga bisa menggunakan hair mask untuk mengatasinya. Penggunaan hair mask yang baik adalah setelah Anda keramas. Pastikan ketika Anda menggunakan hair mask, Anda tidak membilas rambut dengan air panas atau air hangat. Air dengan suhu tinggi dapat merusak rambut dan membuat hair mask tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Toner yang Dikenal Bagus untuk Jenis Kulit Kombinasi
Ilustrasi: wanita mengaplikasikan masker rambut (sumber: bustle.com)

Ilustrasi: wanita mengaplikasikan masker rambut (sumber: bustle.com)

Menggunakan Lidah Buaya

Cara yang mudah dan alami yang bisa Anda lakukan untuk melembutkan rambut, yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya tidak hanya melembutkan rambut kering, tetapi juga membuat rambut Anda menjadi lebih tebal dan hitam. Ini karena kandungan nutrisi dan mineral pada lidah buaya. Untuk mengaplikasikan lidah buaya, Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung dengan menggosokkan daging buah lidah buaya pada kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit hingga 30 menit. Setelah Anda mengaplikasikan lidah buaya, bilas menggunakan air hingga bersih.

Menggunakan Putih Telur dan Madu

Anda bisa membuat produk hair mask alami dengan bahan dan peralatan seadanya dari dapur. Caranya, Anda bisa menggunakan satu butir putih telur yang dicampur madu dan dikocok lepas hingga dua bahan tersebut tercampur. Setelah itu, sisir terlebih dahulu rambut Anda dan usahakan rambut Anda dalam keadaan bersih. Gunakan kuas atau sisir cat rambut untuk mengaplikasikan campuran putih telur dan madu ke rambut Anda.

Baca juga:  Mengenal Nutrigenomik, Makan Sehat Sesuai Gen

Setelah hair mask alami ini diaplikasikan secara merata di rambut, diamkan selama 10 menit hingga 15 menit lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Usai menggunakan hair mask alami ini, agar rambut Anda tidak bau amis, Anda bisa menggunakan sedikit shampoo ketika membersihkan rambut Anda.

Menggunakan Hair Tonic

Hair tonic adalah produk yang sering digunakan untuk mengatasi rambut rusak, termasuk mengatasi rambut kering. Ini merupakan salah satu produk andalan yang bisa Anda gunakan untuk melembutkan rambut yang kering. Penggunaan hair tonic sendiri tidak sulit dan terbilang praktis. Anda hanya perlu menggunakannya setelah keramas dan memijat bagian kulit kepala Anda selama tiga menit agar hair tonic dapat meresap dengan baik. Anda pun bisa menyemprotkannya ke setiap ujung rambut agar rambut ternutrisi dan menjadi lebih lembut.

Ilustrasi: mengaplikasikan minyak rambut/hair tonic/vitamin (sumber: allthingshair.com)

Ilustrasi: mengaplikasikan minyak rambut/hair tonic/vitamin (sumber: allthingshair.com)

Menggunakan Vitamin Rambut

Pilihlah produk vitamin rambut dengan kandungan vitamin E tinggi untuk melembutkan rambut Anda. Vitamin rambut tidak hanya berfungsi untuk melembutkan rambut kering saja, tetapi dapat menutrisi dan merawat rambut rusak, apalagi bagi Anda yang sering menggunakan hair dryer, catok, sisir panas, dan cat rambut. Untuk menggunakan vitamin rambut, sangat mudah, Anda hanya perlu membuka kemasan vitamin rambut dan mengaplikasikannya mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Baca juga:  Bisakah Menghilangkan Keloid dengan Dermatix Ultra?

Menggunakan Minyak Zaitun

Rambut yang kering ternyata bisa saja karena kurang lembap. Untuk melembapkan rambut Anda, Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni. Penggunaan minyak zaitun murni pada rambut dapat melembutkan rambut yang kering, menutrisi rambut, dan membuat rambut menjadi mudah untuk diatur atau disisir. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui kondisi kulit kepala Anda ketika menggunakan minyak zaitun. Jika kulit kepala Anda mudah berminyak, ada baiknya Anda mencoba produk lainnya. Penggunaan minyak zaitun pada kulit kepala berminyak, malah dapat membuat rambut mudah lepek dan kotor.

Menggunakan Minyak Kemiri

Anda juga bisa mencoba minyak kemiri. Ini adalah salah satu produk tradisional yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Penggunaannya memang bagus untuk rambut, terutama untuk melembutkan rambut kering dan menghitamkan rambut. Minyak kemiri cocok untuk Anda yang memiliki rambut kering dan kusam, atau bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari. Minyak kemiri akan menjaga kelembutan rambut dan membuat rambut menjadi lebih halus.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan untuk melembutkan rambut kering. Namun, perlu diingat bahwa hasil pada tiap orang akan berbeda, ini tergantung dari kondisi rambut Anda masing-masing. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda harus melakukannya secara rutin, dan jauhi beberapa hal yang dapat membuat rambut Anda semakin kering.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: