Cara Keramas Untuk Menghilangkan Busik Di Kulit Kepala

cara, keramas, untuk, menghilangkan, busik, di, kulit, kepala, membilas, rambut, sampo, bilasan, rambut, pertama, air, hangat, kondisioner, kutikula, dingin, menutup, penampilan, kenyamanan, lembut Cara Keramas Untuk Menghilangkan Busik Di Kulit Kepala (healthline.com)

Busik tidak hanya bisa terjadi pada tangan atau kaki, tetapi juga di kepala. Busik atau bisa juga kulit yang pecah-pecah atau bersisik di kepala, bisa saja disertai dengan rasa gatal. Hal itu tentu saja mengganggu kenyamanan Anda.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kulit kepala kering dan gatal tidak hanya mengganggu penampilan dan kenyamanan saja. Ternyata, kulit kepala kering juga dapat menjadi pertanda adanya masalah yang berkaitan dengan sistem imun (kekebalan) seseorang.

Penyebab kulit kepala bercak bersisik yang disertai rasa gatal biasanya beragam. Mulai dari masalah eksim, kulit kepala psoriasis, atau dermatitis seboroik. Kondisi tersebut disarankan untuk segera ditangani agar tidak semakin parah.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit kepala kering antara lain:

Eksim

Eksim dapat membuat kulit kepala bersisik serta menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Eksim di kulit kepala pada umumnya terjadi pada anak-anak atau bayi. Penyebab timbulnya eksim masih belum diketahui dengan jelas, tapi diduga terkait dengan respon aktif sistem kekebalan tubuh pada unsur yang menyebabkan iritasi.

Selain itu, riwayat asma dan alergi juga terkait dengan munculnya eksim. Untuk mengatasi eksim di kepala dapat dilakukan dengan menggunakan krim steroid dan pelembab yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, sebisa mungkin hindari menggaruk dan penggunaan sabun dengan bahan keras.

Kulit kepala psoriasis

Pada kondisi kulit kepala psoriasis, kulit kepala akan memerah dan bersisik akibat berlapis-lapis kulit yang menumpuk. Kondisi ini tidak hanya terjadi di kulit kepala, tapi juga mungkin terjadi di belakang leher, belakang kuping, dan kening.

Sebagian ahli berpendapat bahwa kulit kepala psoriasis disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan yang menyebabkan kulit tumbuh terlalu cepat dan menumpuk. Psoriasis dapat menyebabkan gatal, serta luka berkerak yang tebal dan bertahan lama. Menggaruk kepala secara berlebih dapat menyebabkan rambut rontok serta infeksi.

cara, keramas, untuk, menghilangkan, busik, di, kulit, kepala, membilas, rambut, sampo, bilasan, rambut, pertama, air, hangat, kondisioner, kutikula, dingin, menutup, penampilan, kenyamanan, lembut

Cara Keramas Untuk Menghilangkan Busik Di Kulit Kepala (laopinion.com)

Kulit kepala psoriasis dapat diatasi dengan menggunakan krim, gel, sampo, salep, minyak, dan sabun khusus. Selain itu, dokter mungkin akan menyuntikkan steroid langsung pada area yang terkena psoriasis. Dan, jika Anda mengalami psoriasis dengan tingkatan sedang hingga parah, dokter akan memberikan obat suntik atau oral, seperti kortikosteroid, metotreksat, vitamin D deviratif, cyclosporine, dan vitamin A deviratif.

Dermatitis Seboroik

Baca juga:  Efek Samping Berhenti Konsumsi Pil KB

Dermatitis seboroik disebut juga dengan istilah eksim seboroik, psoriasis seboroik, atau ketombe. Dermatitis seboroik dapat membuat kulit memerah, timbul ketombe, serta kulit kepala bersisik. Jika Anda menganggap kondisi ini disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan, maka Anda keliru. Penyebab pasti dermatitis seboroik masih belum diketahui, namun diduga disebabkan oleh respon inflamasi yang berhubungan dengan psoriasis, atau jamur malassezia yang berada di kulit kepala.

Dikarenakan kondisi tersebut, biasanya berlangsung dalam jangka panjang dan mungkin akan muncul lagi, maka diperlukan perawatan berulang. Sebelum memberikan resep obat, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan sampo untuk mengatasi ketombe.

Selain sampo dan beberapa obat yang diberikan, Anda juga perlu memerhatikan cara keramas yang dinilai bisa untuk menghilangkan busik di kulit kepala, yaitu dimulai dari membilas rambut.

Sama seperti mencuci pakaian, rambut juga perlu dibasahi/dibilas sebelum menambahkan sampo. Seorang hairstylist Nunzio Saviano, dan lead colorist Kyle White menyarankan agar bilasan rambut pertama sebaiknya menggunakan air hangat. Hal itu dikarenakan air hangat dapat membuka kutikula rambut sehingga memudahkan untuk menghilangkan kotoran atau sisa produk rambut yang menempel pada kulit kepala. Selain itu, air hangat berguna juga untuk menghilangkan kotoran atau sisa produk rambut yang menempel pada kulit kepala.

Bagi Anda yang memiliki rambut dengan panjang di bawah bahu, sebaiknya gunakan kondisioner (pelembap) terlebih dahulu. Kondisioner tersebut tidak hanya membuat ujung rambut tetap sehat, tetapi juga dapat melembapkan kutikula rambut sehingga membuatnya halus dan tampak bersinar.

cara, keramas, untuk, menghilangkan, busik, di, kulit, kepala, membilas, rambut, sampo, bilasan, rambut, pertama, air, hangat, kondisioner, kutikula, dingin, menutup, penampilan, kenyamanan, lembut

Cara Keramas Untuk Menghilangkan Busik Di Kulit Kepala (hellosehat.com)

Kemudian, dalam pengaplikasian sampo, sebaiknya digunakan pada kulit kepala, akar rambut, hingga ujung rambut. Rambut yang paling dekat dengan kulit kepala merupakan rambut termuda dan rentan berminyak. Sementara, ujung rambut adalah yang paling kering dan rapuh. Pastikan tidak menggunakan sampo dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Saat menggosokkan shampoo, perlakukan rambut dengan lembut. Mulailah dari akar rambut dengan cara memberikan penekanan pada kulit kepala melalui pijatan vertikal bertekanan sedang. Cara ini bisa merangsang pertumbuhan rambut serta meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Lalu, untuk bagian ujung rambut agar disisir menggunakan jari agar tetap halus.

Selain mereka yang berambut panjang, setelah aplikasi shampo terapkan kondisioner. Pastikan untuk menerapkan kondisioner di ujung-ujung rambut dan bukan di kulit kepala. Aplikasikan kondisioner, satukan rambut dengan cara menjepitnya, diamkan beberapa saat.

Kemudian, sebagai langkah terakhir dalam keramas adalah membilas. Perlu diperhatikan, saat membilas rambut, sebaiknya menggunakan air dingin yang berguna untuk menutup kutikula rambut.

Setelah dirasa penggunaan sampo tidak berhasil, dokter akan melakukan pengobatan yang dapat memengaruhi sistem kekebalan. Dokter juga akan melakukan perawatan untuk mengatasi inflamasi, memberikan krim atau gel untuk mengatasi bakteri. Selain itu, obat anti jamur, sampo anti jamur, atau photochemotherapi bisa dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi kondisi ini.

Kulit kepala kering tidak hanya mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan. Jika dibiarkan dan semakin parah, kulit kepala kering dapat menimbulkan infeksi kulit kepala karena rasa gatal yang muncul. Beberapa masalah kulit kepala memang dapat diatasi dengan menggunakan pengobatan sendiri, contohnya dengan memakai sampo, krim, atau gel khusus. Tapi jika Anda merasa kondisi kulit kepala kering Anda semakin mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: