Jangan Asal Cukur! Ini Cara Hilangkan Bulu Wajah Terbaik di Rumah

Dermaplanning (sumber: neogenesis.com)Dermaplanning (sumber: neogenesis.com)

Perawatan rambut, termasuk cukur bulu wajah biasanya dilakukan di salon atau barbershop dan ini tidak hanya dilakukan pria, tetapi juga wanita untuk meningkatkan nilai estetik wajah.[1] Kendati demikian, melakukan treatment rambut seperti ini dinilai mahal, sehingga banyak yang mencobanya di rumah. Namun, bukannya malah baik, hasilnya justru semakin berantakan. Untuk itu, Anda harus mempelajari cara hilangkan bulu wajah berdasarkan tips dari ahlinya.

Menggunakan Alat Cukur

“Mitos mencukur rambut dapat membuatnya tumbuh lebih tebal, membuat banyak orang mencabutnya menggunakan tweezer,” kata Joshua Zeichner, seorang profesor dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai. “Jika Anda memotong rambut dengan alat cukur, maka Anda hanya akan memotong bagian atasnya. Itu tidak mengubah jumlah akar dan rambut yang tumbuh, hanya saja rambut yang memanjang akan terlihat lebih hitam, sehingga terlihat lebih tebal.”

Para ahli tidak menyarankan Anda menggunakan tweezer untuk menghilangkan bulu wajah. Ini bisa menyebabkan berbagai efek samping.

“Saya tidak merekomendasikan mencabut bulu di wajah, baik secara manual maupun menggunakan tweezer. Sebaiknya, Anda menggunakan alat cukur biasa,” kata dokter kulit Courtney Rubin. “Menggunakan tweezer berisiko trauma pada folikel rambut dan rambut yang tumbuh ke dalam, sehingga bisa menyebabkan jaringan parut dan hiperpigmentasi dalam waktu yang lama.”

Baca juga:  Bahan Kosmetik Yang Sebaiknya Dihindari Untuk Kulit Sensitif Dan Berjerawat

Menggunakan Dermaplaning

Metode dermaplaning termasuk salah satu perawatan eksfoliasi, sekaligus menghilangkan rambut halus di wajah. Caranya memang agak sulit, yakni menggunakan pisau bedah kecil yang tajam dan harus dilakukan secara perlahan supaya hasilnya sempurna. Teknik perawatan wajah ini juga diklaim mampu menghaluskan dan mengangkat sel kulit mati.

“Dermaplaning dapat dilakukan dengan aman di rumah, tetapi sebaiknya Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter,” kata Jeannette Graf, asisten profesor klinik dermatologi di Mount Sinai School of Medicine. “Anda juga bisa mempelajari tekniknya dari menonton video di sejumlah platform media sosial.”

Mengoleskan Eflornithine

Eflornithine merupakan produk topikal yang bisa Anda dapatkan dari dokter kulit. Obat resep ini diketahui bisa memperlambat pertumbuhan rambut wajah dan bagian bawah dagu, baik pria maupun wanita. Namun, karena termasuk produk topikal keras, penggunaan Eflornithine tidak disarankan untuk menghilangkan bulu tubuh. Cara kerja Eflornithine, yakni menghambat enzim pertumbuhan rambut di bagian wajah.

Baca juga:  Update Review Cream Siang dan Malam Citra Hazeline Pearl White
Ilustrasi: hilangkan bulu wajah (sumber: johnlewis.com)

Ilustrasi: hilangkan bulu wajah (sumber: johnlewis.com)

“Ini sangat baik untuk Anda yang malas bercukur, karena bisa memperpanjang waktu untuk menghilangkan rambut wajah,” kata Janiene Luke, seorang profesor dermatologi di Loma Linda University.

Anda juga bisa menggunakan obat oles Eflornithine untuk mengontrol waktu yang tepat dalam bercukur. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan obat tersebut. Apalagi, jika pertumbuhan rambut wajah Anda sudah terkontrol dengan baik.

“Ada kondisi tertentu ketika pasien sangat membutuhkan Eflornithine, yakni ketika hormon androgen yang sangat tinggi dan pasien dengan sindrom ovarium polikistik,” jelas dokter kulit Nkem Ugonabo. “Pasien dengan sindrom ovarium polikistik dapat memiliki rambut wajah berlebih diiringi dengan jerawat dan siklus menstruasi yang tidak teratur.”

Menggunakan Laser Hair Removal

Salah satu treatment penghilang bulu yang cukup digandrungi wanita adalah laser hair removal. Cara ini diklaim aman, karena tidak memiliki efek samping yang membuat kulit menjadi rusak. Tak hanya bisa dilakukan di salon, kini laser hair removal bisa dilakukan di rumah.

Anda bisa menggunakan laser hair removal mini portable yang sudah dijual di pasaran. Namun, sebelum melakukannya, Anda harus mempelajari cara dan teknik penggunaan alat dengan tepat. Ini sangat penting untuk hasil yang sempurna.

Baca juga:  Bagaimana Ciri Jerawat Hormonal? Berikut Penjelasannya Beserta Cara Menangani

Mengoleskan Krim Penghilang Bulu

Biasa dikenal dengan nama depilatory cream, produk kecantikan ini sudah diperjual-belikan di pasaran. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa menggunakan resep dokter. Meskipun begitu, pilihlah krim penghilang bulu khusus wajah. Kesalahan dalam memilih produk depilatory cream bisa membuat kulit Anda hipersensitif dan iritasi.

Sebagai saran, pilihlah produk yang tidak mengandung banyak bahan kimia. Apalagi, kebanyakan krim penghilang rambut saat ini mengandung natrium, titanium dioksida, dan barium sulfida. Jika dosisnya berlebihan, maka diklaim bisa menyebabkan ruam dan sensasi panas pada kulit.

Untuk memakai krim penghilang bulu wajah juga harus disesuaikan dengan dosis dan tidak boleh rutin. Gunakan krim jika rambut wajah Anda sudah benar-benar panjang. Selain itu, gunakan alat khusus untuk mengaplikasikan dan menghilangkan rambut supaya lebih higienis.

[1] Santoso, Santi. 2016. Perancangan Workstation Barbershop Keliling. Calyptra Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 5(1): 1-19.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: