Tidak Harus ke Salon, Bagaimana Cara Facial Sendiri di Rumah?

Ilustrasi: perawatan wajah (sumber: azulbeauty.com)Ilustrasi: perawatan wajah (sumber: azulbeauty.com)

Bagi Anda yang doyan bersolek, pastinya sudah tidak asing mendengar kata facial. Apalagi jika Anda adalah wanita modern yang hobi ke salon. Namun, karena biaya perawatan wajah di salon cukup menguras kantong, Anda bisa melakukan facial sendiri di rumah. Cara merawat wajah dengan metode tersebut juga tidak terlalu rumit, sehingga bisa Anda terapkan secara rutin.

Facial sendiri merupakan jenis perawatan wajah yang bertujuan untuk membersihkan wajah, memberi nutrisi, dan membersihkan sel-sel kulit mati. Manfaat facial adalah menjaga kulit agar awet muda, mencegah kerutan di wajah, melembutkan kulit, mencegah jerawat, menjaga elastisitas kulit, dan melancarkan peredaran darah.[1] Lalu, bagaimana cara melakukan facial yang benar di rumah?

Mulailah dengan Pembersihan Ganda

Dilansir dari allure, langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu membersihkan muka. Teknik membersihkan wajah yang digunakan adalah pembersihan ganda, terutama jika Anda saat ini sedang menggunakan make up tebal. Pembersihan ganda dilakukan dengan menggunakan produk berbasis minyak, busa, dan gel atau krim.

Ilustrasi: mencuci muka dengan air bersih

Ilustrasi: mencuci muka dengan air bersih

Mulailah dengan pembersih berbasis minyak terlebih dahulu, untuk menghapus tata rias dan menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Sebaiknya, Anda menggunakan aplikator berupa kapas agar make up dan sel kulit mati mudah dibersihkan.

Baca juga:  Cara Memakai Rok Lilit Bertali Agar Tampilan Makin Cantik & Anggun

Selanjutnya, pilih pembersih berbahan dasar busa atau biasa disebut dengan sabun muka. Karena ada beragam varian sabun muka, Anda bebas menggunakan varian apapun, termasuk varian creamy wash atau facial wash biasa. Keringkan wajah dengan handuk, dan oleskan gel pembersih ke seluruh permukaan wajah. Pijat secara lembut wajah Anda agar gel dapat bekerja dengan efisien.

Lakukan Eksfoliasi

Setelah pembersihan, saatnya untuk mengelupas lapisan atas sel kulit wajah Anda. Ini bertujuan agar produk perawatan kulit yang akan dipakai dapat meresap dengan cepat dan lebih efisien. Ada dua jenis produk exfoliant yang bisa Anda gunakan, yaitu produk berbasis kimia dan alami.

Ilustrasi: aplikasi krim untuk eksfoliasi

Ilustrasi: aplikasi krim untuk eksfoliasi

Untuk jenis produk exfoliant kimia, Anda bisa menggunakan jenis yang mudah kering dan dapat dikelupas serta mengandung AHA dan BHA, seperti ketika Anda menggunakan peeling mask. Sementara itu, untuk produk alami, biasanya tidak bisa dikelupas dan harus digosok lembut, seperti scrub dengan bahan ekstrak aneka buah dan tumbuhan.

Baca juga:  Update Manfaat Garnier Light Complete Yoghurt Sleeping Mask Untuk Kulit Wajah Sehat Dan Cerah

Gunakan Masker

Langkah terpenting jika Anda ingin berhasil melakukan facial sendiri di rumah, yaitu menggunakan masker. Untuk masker yang bisa Anda gunakan, tergantung kondisi kulit Anda saat ini. Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit mudah berjerawat atau sedang bruntusan, sebaiknya Anda memilih masker yang mengandung vitamin C dan E.

Aplikasi masker wajah untuk perawatan

Aplikasi masker wajah untuk perawatan

Masker dengan kandungan vitamin C dan E akan membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan menyembuhkan kulit akibat jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C dengan kadar asam yang cukup, mampu membunuh bakteri maupun virus penyebab jerawat. Sementara itu, vitamin E akan melindungi kulit dan meningkatkan daya tahan kulit dari bakteri penyebab jerawat dan zat radikal bebas.

Sementara, bagi Anda yang memiliki kondisi kulit cenderung kering, sebaiknya Anda menggunakan masker dengan kandungan vitamin B5 dan asam hialuronat. Ini akan membantu melembapkan dan menjaga kelembapan kulit. Anda juga bisa menggunakan masker dengan bahan dasar minyak nabati dan aloe vera.

Steamer Wajah

Ilustrasi: steamer wajah memakai handuk (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: steamer wajah memakai handuk (sumber: verywellhealth.com)

Gunakan steamer wajah saat Anda menggunakan masker. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya, basahi handuk dengan air hangat dan peras airnya. Selama handuk masih hangat atau panas, letakkan di atas dahi Anda dan jepit menggunakan jepitan rambut agar tidak lepas.

Baca juga:  Bagaimana Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat?

Uap dari handuk atau steamer akan membuka pori-pori Anda, sehingga kandungan senyawa maupun vitamin yang ada pada masker dapat masuk ke dalam pori-pori dengan baik. Selain itu, cara ini juga diklaim dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembut dan kenyal.

Menggunakan Serum Wajah

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan, yaitu menggunakan serum. Pilihlah serum yang Anda suka, tetapi pastikan juga serum mengandung berbagai macam bahan yang bermanfaat untuk melembapkan kulit, mengurangi kadar minyak, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit wajah.

Ilustrasi: aplikasi serum wajah (sumber: getty images)

Ilustrasi: aplikasi serum wajah (sumber: getty images)

Setelah serum dioleskan, pijat kulit wajah Anda secara perlahan mulai dari bagian dahi, pipi, hingga dagu. Lakukan pemijatan selama 3 menit, agar serum dapat terserap dengan merata. Pemijatan berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga wajah akan terlihat awet muda.

[1] Lisa’yini’mah & Sri Dwiyanti. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen terhadap Perawatan Wajah (Facial) Oxyflash di Klinik Kecantikan Duraskin Surabaya. Jurnal Tata Rias, Vol. 5(2): 84-92.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: