Ini Cara Deteksi Kesehatan Tubuh dari Kondisi Kuku

Mengecek kondisi kukuMengecek kondisi kuku

Pernahkah Anda memperhatikan bentuk dan warna kuku sendiri secara detail? Ternyata, ini adalah sebuah metode kuno yang sering dipakai oleh tabib zaman dulu untuk mengetahui kondisi kesehatan pasiennya. Cara melihat tersebut sangatlah sederhana dan bisa dipelajari oleh semua orang.

Bagaimana Kuku Memprediksi Kesehatan Anda?

Menjaga kesehatan dan kebersihan kuku memanglah penting, termasuk memotong dan mencuci kuku setiap hari. Apalagi kuku adalah salah satu bagian tubuh yang bisa dijadikan sarang bakteri dan virus yang menempel di tangan.[1] Meskipun kuku Anda selalu terawat, ternyata bentuk dan warna kuku tidak bisa membohongi kondisi kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari allure, kuku terbuat dari keratin yang sama dengan bahan pembuat sel kulit dan rambut. Meskipun sama, keratin pada kuku lebih banyak lapisannya. Ini adalah alasan mengapa kuku memiliki permukaan yang keras. Selain memiliki fungsi untuk melindungi ujung tangan dan kaki, ternyata keratin yang memiliki struktur yang sama dengan rambut dan kulit, dapat memberi petunjuk mengenai kondisi kesehatan Anda.

Beberapa ahli telah menjelaskan, ada beberapa jenis penyakit yang bisa diketahui dengan melihat bentuk dan warna kuku pasien. Bahkan, seorang ahli kulit di New York mengatakan, kuku adalah salah satu alat prediksi kesehatan yang baik dan praktis. Dengan melihat kuku secara detail, Anda juga bisa mengetahui letak beberapa jenis penyakit yang bersarang di tubuh Anda.

Baca juga:  Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Sebelum Anda mempraktikkan cara tersebut, pastikan Anda rajin membersihkan dan merawatnya. Potonglah ujung kuku setiap dua hingga tiga minggu sekali dan cuci tangan Anda setiap hari. Sehingga, kuku Anda akan selalu terawat dan mempermudah Anda untuk mengetahui jenis penyakit yang Anda alami.

Kuku yang kotor dan kurang terawat membuat orang susah memprediksi kondisi kesehatan Anda. Ini karena perubahan warna serta bentuk pada kuku tidak terbentuk secara alami karena gejala penyakit, tetapi karena kurang dirawat. Kuku seperti ini akan menimbulkan kesalahan hasil prediksi. Setelah Anda membersihkan dan merawat kuku, Anda bisa memperhatikan bentuk dan warna kuku Anda yang sebenarnya, serta melihat tanda-tanda berikut.

Kuku tangan bersih

Kuku tangan bersih

Tanda Gangguan Tubuh Melalui Kuku

  • Adanya bulatan putih yang menutupi setengah bagian kuku. Jika Anda melihat warna putih berbentuk setengah lingkaran yang terlalu tebal dan jelas, bahkan menutupi setengah bagian kuku Anda, sebaiknya waspada. Ini adalah indikasi adanya penyakit sistemik, seperti penyakit hati hingga gagal jantung.
  • Kuku berwarna putih pucat. Bentuk bulan sabit yang berwarna putih di bagian ujung kuku, jika ukurannya kecil dan hanya mengintip, maka pertanda bahwa Anda sedang sehat. Sementara itu, jika bulan sabit tersebut menutupi seluruh bagian kuku, maka Anda harus waspada, karena bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda memiliki kelainan pada jantung.
  • Kuku rapuh dan mudah pecah. Pada saat Anda menggunting kuku, coba perhatikan teksturnya. Jika kuku Anda mudah robek atau pecah saat digunting, bisa jadi Anda sedang stres, memiliki gangguan ginjal, dan defisiensi vitamin.
  • Kuku lemah. Perhatikan ketika Anda mengetukkan kuku Anda di permukaan datar dan keras. Apakah kuku Anda terasa sakit dan menekuk? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami gizi buruk, kekurangan zat besi, anemia parah, insomnia akut, dan kelelahan.
  • Adanya garis hitam atau cokelat secara vertikal di kuku. Jika Anda melihat di bagian dasar kuku tumbuh atau muncul garis cokelat kehitaman secara vertikal, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Ini adalah salah satu indikasi penyakit melanoma atau kanker kulit.
  • Tonjolan horizontal di sepanjang punggung kuku. Jika tonjolan tersebut bisa hilang, maka penyebabnya adalah trauma pada kuku. Sementara, jika tonjolan tersebut tak kunjung hilang dan semakin keras, bisa jadi ini adalah tanda dari malnutrisi, psoriasis, dan gangguan pada kelenjar tiroid.
Baca juga:  Rekomendasi Produk Toner yang Dikenal Bagus untuk Jenis Kulit Kombinasi

Selain itu, kuku yang berwarna merah juga tanda bahwa kondisi Anda tidak sehat. Jika Anda menemukan salah satu kuku jari Anda berwarna merah dan nyeri, ini adalah tanda bahwa Anda mengalami gejala infeksi akut. Infeksi tersebut terletak di ujung jari Anda dan jika sudah membengkak, sebaiknya Anda pergi ke rumah sakit untuk mencegah pembusukan daging.

[1] Yusfidarwati. 2012. Meningkatkan Keterampilan Memotong Kuku Melalui Metode Demonstrasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan khusus, Vol. 1(1): 260-265.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: