Penting Nih! Begini Cara Cek Kualitas Udara di Wilayah Kita

Ilustrasi: kondisi kualitas udara di salah satu kota besar Indonesia (sumber: cnn)Ilustrasi: kondisi kualitas udara di salah satu kota besar Indonesia (sumber: cnn)

Udara merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Dengan kualitas udara yang sehat, tentunya akan mendukung kehidupan manusia, serta makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Namun, penting bagi kita untuk mengetahui apakah kualitas udara di sekitar ini benar-benar bersih dan terbebas dari polusi atau tidak. Cara cek kualitas udara bisa dilakukan dengan berbagai metode.

Untuk mengukur dengan cara mengetahui kualitas udara di seluruh Indonesia bahkan di berbagai daerah di Indonesia, pemerintah telah menetapkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), sesuai Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor: KEP 45/MENLH/199 tentang Indeks Standar Pencemaran Udara.

Pencemaran udara yang tertera di bawah ini merupakan rentang angka yang tidak mempunyai nilai satuan yang menggambarkan kondisi udara di berbagai lokasi dan waktu tertentu, yang berdasarkan pada dampak kesehatan seluruh kesehatan manusia dan juga nilai estetika dan makhluk hidup lainnya. Berikut dijelaskan kategori baik buruknya kualitas udara.

Kategori Kualitas Udara

Kategori Kualitas UdaraRentangPenjelasan
Baik0-50Pada kategori ini, tingkat kualitas udara tidak memberi efek buruk bagi kesehatan manusia atau hewan, serta tidak memengaruhi tumbuhan, bangunan, dan nilai estetika.
Sedang51-100Pada kategori ini, tingkat kualitas udara tidak memberi efek buruk bagi kesehatan manusia maupun hewan, namun memengaruhi tumbuhan yang sensitif serta nilai estetika.
Tidak sehat101-199Pada kategori ini, manusia maupun kelompok hewan akan rugi akibat tingkat kualitas udara bahkan menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.
Sangat tidak sehat200-299Pada kategori ini, tingkat kualitas udara dapat merugikan pada beberapa segmen populasi yang terpapar.
Berbahaya300-lebihPada kategori ini, tingkat kualitas udara sangat berbahaya secara keseluruhan dan menimbulkan kerugian kesehatan yang sangat serius.
Baca juga:  Cuka Sari Apel, Obat Alami Ampuh Hilangkan Kutil

Dari penjelasan di atas disimpulkan bahwa tingkat rentangnya lebih dari 50, mengakibatkan dampak bagi tumbuhan, manusia, maupun hewan. Kemudian semakin tinggi rentangnya, mengakibatkan dampak buruk dan semakin berbahaya bagi yang dihasilkan.[1] Standar pencemaran udara memiliki data indeks yang diperoleh dari pengoperasian pemantauan kualitas udara ambien otomatis.

Parameter indeks standar pencemaran udara terdiri dari: karbondioksida (CO), partikulat (PM10), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2), dan ozon (O3).[2]

Ilustrasi: aplikasi untuk mengecek kualitas udara (sumber: gizbot.com)

Ilustrasi: aplikasi untuk mengecek kualitas udara (sumber: gizbot.com)

Nah, apabila Anda ingin mengetahui kualitas udara di sekitar Anda, maka Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Berikut ulasannya.

Cara Cek Kualitas Udara

Melalui Website

Untuk mengecek kualitas udara secara online lewat website, Anda dapat membuka browser. Kemudian kunjungi situs resmi IQAir dari browser. Di halaman utama, ketikkannama wilayah di kolom Search. Nantinya, website IQAirakan menampilkan kualitas udara di kota yang Anda maksud. Selain menampilkan kualitas udara, website ini pun menyuguhkan informasi terkait tingkat polusi udara, konsentrasi polutan, hingga rekomendasi kesehatan tentang cara melindungi dari polusi udara di wilayah tertentu.

Baca juga:  Bremelanotide, Obat Baru untuk Hasrat Seksual Rendah pada Wanita

Melalui Aplikasi

IQAir selaku perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss juga telah menciptakan aplikasi informasi kualitas udara bernama AirVisual yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Cara untuk mengecek kualitas udara melalui aplikasi AirVisual juga cukup mudah.

Pertama, buka aplikasi AirVisual di ponsel Anda. Aplikasi akan langsung mendeteksi lokasi Anda berada. Kemudian, pada saat masuk halaman utama, Anda akan disuguhi data kualitas udara di lokasi terdekat.  Namun, jika Anda ingin cek kualitas udara di wilayah lain, tekan menu Search (icon kaca pembesar) di bagian atas. Ketik nama wilayah di kolom Search, lalu tekan tombol Enter. Nantinya akan muncul data kualitas udara dari wilayah yang Anda cari.

Selain AirVisual, Anda juga dapat mengecek kualitas udara dengan mengunduh aplikasi lainnya seperti BreezoMeter atau Plume Labs: Air Quality Apps. Agar memperoleh udara dengan kualitas bagus, Anda juga bisa memanfaatkan peralatan seperti pemurni udara (air purifier). Mesin ini berguna untuk membantu meningkatkan kualitas udara di rumah. Beberapa air purifier yang canggih juga dilengkapi dengan fitur untuk memantau kualitas udara secara terbatas.

Baca juga:  Gangnam District, Surganya Operasi Plastik di Korea Selatan

[1]Tumpu, M dkk. 2021. Pengelolaan Kualitas Lingkungan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, hlm 26.

[2]Ibid., hlm 27.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: