Cara Simpel & Ampuh Singkirkan Jerawat di Pantat

Ilustrasi: jerawat muncul di pantat (sumber: skincare.com) Ilustrasi: jerawat muncul di pantat (sumber: skincare.com)

Pada beberapa orang, sepertinya jerawat tidak hanya timbul di kulit wajah. Jerawat bisa muncul di leher, punggung, hingga pantat. Jerawat yang tumbuh di pantat sendiri terkadang membuat banyak orang menjadi malu dan risih. Pasalnya, selain dapat membuat jaringan kulit rusak, jerawat di pantat juga menimbulkan rasa nyeri. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menyingkirkannya.

Apa itu Jerawat Pantat?

Jerawat sendiri merupakan sebuah gangguan kulit yang umum dan dapat memengaruhi kondisi seseorang dari segi fisik dan psikologis. Secara fisik, jerawat bisa menyebabkan rasa gatal, ruam, radang, infeksi, dan nyeri. Sementara, secara psikologis, jerawat dapat membuat orang kehilangan rasa percaya diri dan stres.[1]

Untuk wanita yang gila kecantikan, satu jerawat bahkan bisa membuat mereka merasa stres dan depresi. Jerawat ini dapat timbul di kulit bagian manapun. Jerawat akan lebih sering tumbuh di bagian kulit yang lembap dan berminyak. Inilah alasan mengapa jerawat juga bisa ditemukan di bagian pantat.

Meskipun jerawat pantat bentuknya seperti jerawat, ini bukan jenis jerawat seperti pada umumnya. Dilansir dari allure, jerawat pantat, atau biasa disebut dengan butt acne, merupakan salah satu jenis jerawat yang tidak disebabkan oleh virus atau bakteri penyebab jerawat, seperti jerawat pada umumnya.

Baca juga:  Inilah Rangkaian Produk Garnier Terbaru Untuk Mengatasi Masalah Kulit Berminyak Dan Kusam
Ilustrasi: sosok wanita tampak dari belakang (sumber: pinterest)

Ilustrasi: sosok wanita tampak dari belakang (sumber: pinterest)

Butt acne disebabkan oleh peradangan di sekitar folikel rambut yang dikenal sebagai folliculitis, atau iritasi sekunder akibat penggosokan kronis. Hal tersebut dapat terjadi ketika Anda sering mengenakan pakaian terlalu ketat atau menggunakan waxing. Jerawat pantat sendiri memiliki bentuk menyerupai benjolan kecil yang dangkal dan menimbulkan rasa gatal.

Beberapa orang yang mengalami jerawat pantat juga mengatakan bahwa butt acne dapat menimbulkan rasa nyeri ketika disentuh. Ini tentunya mempersulit mereka ketika ingin mengenakan pakaian yang ketat atau ketika akan duduk. Seringkali jerawat pantat juga mirip dengan bisul kecil.

Ketika memiliki jerawat pantat, seseorang tidak dianjurkan menggaruk jerawatnya, meskipun terasa gatal. Menggaruk butt acne dapat menyebabkan luka dan infeksi. Jerawat pantat yang terinfeksi oleh bakteri pada kuku tangan dapat berkembang menjadi lebih banyak dan dengan ukuran yang lebih besar.

Baca juga:  Waspada, Bedak Bayi Talk Bisa Menyebabkan Kanker

Selain itu, pada beberapa kasus, ditemui bahwa masalah ini dapat menyebabkan kulit pantat menghitam dan meninggalkan bekas luka seperti bopeng. Tentunya, selain membuat risih, ini dapat menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Untuk itu, jika Anda menemukan satu atau dua butt acnes, Anda perlu mengatasinya dengan baik.

Cara Mengatasi Jerawat Pantat

Cara sederhana dan mudah untuk mengatasi jerawat pantat, yaitu menggunakan asam salisilat. Sudah ada banyak produk perawatan tubuh, mulai dari sabun hingga krim pelembap, yang mengandung asam salisilat. Anda juga bisa menemukannya pada bedak gatal atau bedak obat kulit.

Ilustrasi: bedak (sumber: mariobadescu.com)

Ilustrasi: bedak (sumber: mariobadescu.com)

Dilansir dari helloSEHAT, asam salisilat merupakan asam beta hidroksi atau biasa dikenal dengan BHA. Zat asam tersebut dapat membuat sel kulit bekerja lebih efektif untuk memisahkan sel kulit yang menumpuk di area sekitar folikel rambut. Sel kulit akan dengan mudah menyembuhkan dirinya akibat kerusakan yang terjadi karena jerawat.

Penggunaan asam salisilat tidak sulit, Anda hanya perlu mengoleskannya secara hati-hati ke area kulit yang terkena jerawat. Untuk mendapatkan asam salisilat atau krim obat jerawat dengan kandungan asam salisilat juga cukup mudah. Anda bisa membelinya di apotek atau toko obat. Untuk dosis yang dianjurkan, gunakan krim asam salisilat 2%.

Baca juga:  Update Efek Samping dan Manfaat Tawas untuk Miss V, Wanita Wajib Tahu!

Jika Anda masih kesulitan mencari obat asam salisilat, Anda bisa menggunakan bumbu dapur. Rempah-rempah, seperti kunyit, adalah salah satu jenis bumbu dapur yang mudah ditemukan. Kunyit diklaim dapat menghilangkan jerawat pantat dengan ampuh, karena memiliki kandungan vitamin, mineral, minyak atsiri, anti-inflamasi, dan antibakteri.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat butt acne juga tidak sulit. Anda hanya perlu mengupas kulit kunyit dan membukanya hingga halus, lalu aplikasikan pada permukaan jerawat pantat. Apabila dua cara tersebut kurang mempan, Anda bisa mencoba cara terakhir, yaitu berkonsultasi secara langsung ke dokter kulit.

[1] Pratama, Antonius Nugraha Widhi. 2017. Survey Pengetahuan dan Pilihan Pengobatan Jerawat di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan Universitas Jember, Vol. 5(2): 389-393.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*