Cara Ampuh Meningkatkan Sistem Imun Bayi & Balita

Cara, meningkatkan, sistem, imun, kekebalan, tubuh, anak, bayi, balita, orang tua, buah, sayuran, multivitamin, suplemen, vitamin, asam, lemak, esensial, penyakit, demam, pilek, alternatif, tidur, waktu, jadwal, kuman, kandungan, daging, ikan, infeksi, fisik, mainan, sinar, matahari, bakteri, virus, Ilustrasi: bayi sedang bermain gembira

tidak terlahir dengan sistem kekebalan yang kuat sehingga perlu ada upaya untuk menguatkannya. Saat berada di dalam rahim ibu, seorang sangat terlindungi. Akan tetapi, ketika lahir ke dunia, ia akan terpapar berbagai macam bakteri dan virus. Inilah alasan rentan terhadap berbagai penyakit.

Bayi dan balita bisa terkena demam delapan kali dalam satu tahun, tetapi ada cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda dan membantunya melawan penyakit. Apa saja? Simak ulasan berikut yang kami lansir dari laman Mother&Baby.

Beri suplemen vitamin

Jika Anda bayi di bawah tiga bulan, pertahanan utama Anda adalah meneruskannya. “ASI mengandung semua nutrisi dan peningkatan kekebalan yang dibutuhkan bayi Anda,” kata GP Catti Moss. “Jika bayi Anda lebih tua dari tiga bulan, Anda bisa memberinya multivitamin setiap hari.” Cobalah Vitabiotics WellKid Baby Syrup. Atau, untuk bayi di atas 3 bulan, coba berikan Haliborange Kids Omega-3 Syrup Dengan Vitamin A, C, D & E.

Setelah bayi Anda disapih, Anda dapat meningkatkan vitaminnya melalui . “Zinc dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan infeksi seperti pilek,” kata ahli gizi Amanda Ursell. Temukan kandungan tersebut dalam daging merah, ikan berminyak, dan sereal gandum utuh. “Dan penelitian menunjukkan bahwa, sementara vitamin C tidak akan mencegah pilek, itu akan mengurangi keparahannya. Penuhi lewat buah beri, buah jeruk, sayuran hijau gelap, dan paprika yang berwarna cerah.

Pastikan Anda mendapatkan banyak udara segar dan sinar

Penting agar bayi Anda mendapat banyak udara segar, bahkan ketika Anda tidak ingin pergi keluar. “Vitamin D adalah vitamin pembentuk kekebalan tubuh yang sangat penting, yang terutama berasal dari paparan sinar matahari,” kata Amanda. “Bahkan di musim dingin, anak Anda mendapatkan sedikit sinar matahari setiap kali mereka melangkah keluar di siang hari – 20 menit sudah cukup. Udara segar juga membersihkan paru-parunya, dan pergi ke luar biasanya mengarah ke beberapa latihan, yang akan meningkatkan suasana hati semua orang.” Ini juga mengurangi paparan bayi Anda terhadap serangga orang lain, jadi pergilah ke taman terdekat.

Cara, meningkatkan, sistem, imun, kekebalan, tubuh, anak, bayi, balita, orang tua, buah, sayuran, multivitamin, suplemen, vitamin, asam, lemak, esensial, penyakit, demam, pilek, alternatif, tidur, waktu, jadwal, kuman, kandungan, daging, ikan, infeksi, fisik, mainan, sinar, matahari, bakteri, virus,

Beraktivitas di luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari

Hal tersebut berarti tidak peduli berapa sering Anda mengajak buah hati Anda keluar, ada baiknya untuk mendapatkan suplemen Vitamin D juga. NHS merekomendasikan bahwa semua bayi dan anak kecil berusia enam bulan hingga lima tahun harus mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung 7-8,5 mikrogram vitamin D.

Bayi yang diberi formula tidak memerlukan vitamin hingga mereka menerima kurang dari 500ml (sekitar setengah liter) formula per hari, karena produk ini diperkaya dengan vitamin D.

Jagalah agar bayi Anda tetap hangat

Meskipun banyak pendapat ahli yang berbeda untuk hal yang satu ini, namun ada penelitian yang menunjukkan secara fisik dingin membuat Anda lebih mungkin untuk terserang kuman, dan itu menurunkan kekebalan tubuh Anda. Satu studi, oleh Common Cold Centre di Cardiff, menemukan bahwa sukarelawan yang menjaga kaki telanjang mereka dalam air dingin selama 20 menit lebih mungkin terkena pilek di minggu berikutnya daripada mereka yang tidak.

“Dingin menekankan sistem kekebalan anak, membuatnya lebih rentan terhadap penyakit,” kata Angela Chalmers, apoteker Boots. “Lapisi dia dengan T-shirt lengan panjang, baju hangat, topi dan syal. Lebih baik untuk melepas lapisan yang diperlukan, daripada menempatkannya dalam satu mantel besar yang dapat menyebabkannya terlalu panas saat dia berlarian. Lepaskan topi basah dan kaus kaki sesegera mungkin – mereka menyebabkan suhu tubuh turun dengan cepat.”

Jagalah agar bayi tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi sama pentingnya, baik di musim dingin ataupun saat musim panas. “Air membantu ginjal kita untuk membuang racun, jadi sangat penting untuk melawan penyakit,” kata Amanda. Selain itu, ketika bayi Anda kedinginan, lendirnya akan lebih kering dan lebih tebal. Minum banyak air akan membantu menyiramnya, bersama dengan infeksi lain, dari tubuh. “Jika balita Anda buruk minum lebih sedikit dari biasanya, berikan jus favoritnya sebagai insentif untuk minum,” kata Catti.

Cara, meningkatkan, sistem, imun, kekebalan, tubuh, anak, bayi, balita, orang tua, buah, sayuran, multivitamin, suplemen, vitamin, asam, lemak, esensial, penyakit, demam, pilek, alternatif, tidur, waktu, jadwal, kuman, kandungan, daging, ikan, infeksi, fisik, mainan, sinar, matahari, bakteri, virus,

Berikan air putih untuk bayi

Rajin mencuci tangan

“Tidak ada yang mengurangi kemungkinan bayi Anda sakit sebanyak mencuci tangan, terutama sekali dia bergerak dan mengambil lebih banyak kuman,” kata Angela.

Gel tangan sangat bagus jika Anda keluar, tetapi ingatlah, mereka biasanya tidak mengalahkan norovirus, yang menyebabkan muntah. “Air hangat dengan sabun membunuh hampir semua kuman, termasuk yang ini,” kata Catti. Untuk bayi yang lebih kecil, seka tangan mereka setelah selesai beraktivitas, dan bersihkan mainannya sampai benar-benar bersih. Karena mainan lebih mungkin memberikan kuman daripada kontak fisik.

Pastikan bayi Anda memiliki rutinitas tidur yang tepat

Selain membuat bayi menjadi rewel, kurang tidur juga membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi. Buatlah jadwal rutin untuk waktu tidur siang dan malam mereka. Sebuah penelitian baru-baru ini di University College London menemukan anak-anak yang memiliki waktu tidur yang teratur, akan tertidur lebih nyenyak. Udara segar juga membantu mereka tidur – penelitian di Liverpool John Moores University menemukan bahwa berada di luar pada sore hari membantu bayi dan anak-anak beristirahat lebih baik di malam hari, karena itu mengatur ritme sirkadian mereka – jam tubuh internal mereka.

Tidur dengan kulit domba

Pelapis kereta dorong bayi yang nyaman atau terbuat dari kulit domba benar-benar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi Anda. Sebuah penelitian baru-baru ini dari Jerman menemukan bayi yang tidur dengan bulu binatang selama tiga bulan pertama kehidupan hampir 80% lebih kecil untuk menderita asma ketika mereka berusia enam tahun.

Cara, meningkatkan, sistem, imun, kekebalan, tubuh, anak, bayi, balita, orang tua, buah, sayuran, multivitamin, suplemen, vitamin, asam, lemak, esensial, penyakit, demam, pilek, alternatif, tidur, waktu, jadwal, kuman, kandungan, daging, ikan, infeksi, fisik, mainan, sinar, matahari, bakteri, virus,

Ilustrasi: bayi tidur memakai baju hangat dari wol

Hal ini juga terkait dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan cenderung tidak memiliki asma dan alergi karena mikroba pada kulit hewan membantu membangun sistem kekebalan yang lebih kuat.

Tingkatkan asam lemak esensial bayi Anda

Memberikan asupan seperti ikan salmon tidak hanya bagus untuk meningkatkan perkembangan otak. Tingginya kadar asam lemak esensial (Essential Fatty Acids) juga telah ditemukan membantu meningkatkan kekebalan pada anak-anak.

Asam lemak esensial diperlukan untuk membantu sel darah putih. Sebuah penelitian dalam Journal of Immunology menemukan bahwa anak-anak dengan riwayat infeksi pernapasan menjadi lebih cepat lebih baik ketika mengonsumsi suplemen asam lemak esensial.

Dan meskipun ikan berminyak merupakan sumber asam lemak esensial yang luar biasa, Anda juga bisa memberikan suplemen sebagai alternatif yang lebih mudah. Cobalah Biocare Children’s OmegaBerry, yang memiliki rasa buah tropis.

Berikan buah berry

Sambil meningkatkan sistem kekebalan balita Anda dengan banyak buah dan sayuran adalah awal yang baik, Anda dapat membantunya dengan elderberry hitam.

Mereka memiliki dua kali kapasitas antioksidan alami blueberry dan lebih dari 50% kemampuan antioksidan cranberry secara keseluruhan. Antioksidan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cobalah Sambucol for Kids, sirup ekstrak elderberry hitam yang cocok untuk anak-anak berusia 1-12 tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: