Ketahui Penyebabnya, Begini Cara Agar Kulit Tidak Kering!

Ilustrasi: wanita mengalami kulit kekeringanIlustrasi: wanita mengalami kulit kekeringan

Merasakan kulit begitu kering hingga mengelupas tentu akan membuat Anda tak nyaman saat beraktivitas. Kondisi tersebut harus segera mendapatkan penanganan agar tak berakibat fatal nantinya. Namun sebelum itu, Anda wajib mengetahui apa saja faktor penyebab kulit kering dengan istilah medis xerosis atau xeroderma tersebut.

Kulit kering secara spesifik tak terlihat menonjol dibandingkan permasalahan kulit lainnya. Tetapi saat bersentuhan dengan kulit lainnya, kondisi kering dapat begitu terasa sehingga membuat Anda minder. Belum lagi saat mandi, setelah mandi, atau berenang, kulit kering akan menimbulkan sensasi kencang dan kaku.

Gejala yang terlihat saat Anda mengalami kulit kering yakni kemerahan, bersisik, keriput atau garis-garis halus pada kulit, gatal, hingga mengelupas dan berdarah. Jika tidak diatasi dengan tepat, hal inilah yang dapat memicu dermatitis atau radang kulit, bengkak, serta infeksi.

Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Udara kering

Suhu AC yang terlalu dingin menyebabkan udara ruangan kurang lembab sehingga dapat mengambil kelembaban dari kulit manusia. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda dapat menggunakan lotion pelembab. Saat berada di luar, disarankan Anda menggunakan topi, scarf, hingga sarung tangan untuk mengatasi efek buruk untuk kulit.

Sabun

Sebenarnya, sabun dapat begitu cepat menghilangkan minyak alami pelindung kulit. Sehingga, sabun juga menjadi faktor kulit kering Anda. Sebaiknya, hindari menggunakan sabun secara berlebihan. Anda cukup mengoleskan sabun ke seluruh tubuh saat mandi pada area yang kotor saja lalu dibilas dengan air. Begitu pun saat mencuci tangan, mempertimbangkan produk sabun yang digunakan menjadi penting untuk menghindarkan kulit dari bahan berbahaya.

Ilustrasi: mandi (sumber: bustle.com)

Ilustrasi: mandi (sumber: bustle.com)

Menggosok kulit dan mandi terlalu lama

Menggosok kulit saat mandi memang dapat membantu membersihkan kulit dari berbagai kotoran. Namun, tanpa disadari, aktivitas rutin ini dapat menyebabkan kulit kering. Belum lagi saat menggosoknya dengan bantuan spon, flanel, ataupun batu. Sebaiknya Anda juga dapat membatasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja. Pasalnya, semakin lama mandi akan membuat kulit semakin kering. Sebab akan membuat banyak air yang menguap dari tubuh.

Baca juga:  Harga Terjangkau, Pond’s Flawless White Night Cream Ukuran Kecil Membantu Mengatasi Penuaan Kulit

Mandi menggunakan air panas

Air panas memang dapat melancarkan sirkulasi darah jika digunakan untuk mandi, namun air panas juga dapat membuat minyak alami tubuh semakin berkurang dan menimbulkan kulit kering. Anda disarankan mandi menggunakan shower atau pancuran daripada berendam. Sebisa mungkin batasi penggunaan air panas dan kurangi durasi waktu mandinya.

Bahan pakaian

Bahan pakaian menjadi faktor penyebab kulit kering, sebab bahan pakaian yang menimbulkan gesekan lebih pada kulit. Anda sebaiknya dapat mulai memilih dan memilah bahan pakaian yang nyaman digunakan dan hindari bahan yang ketat dan kasar. Seperti handuk, saat mandi disarankan Anda mengeringkan kulit dengan cara menepuk-nepuknya saja.

Faktor genetis dan bertambahnya usia

Setiap orang memiliki ciri khas tertentu, termasuk dalam hal kesehatan dan tekstur kulit. Dalam satu keluarga, karena faktor keturunan, ada yang lebih rentan mengalami kulit kering.  Sehingga menjadi wajar jika Anda mengalami hal serupa. Pertambahan usia juga turut memengaruhi kelembapan kulit. Semakin bertambah usia seseorang, produksi pelembap alami pada kulitnya juga semakin menurun. Kulit juga makin tipis dan semakin kering karena pengaruh hormonal.

Ilustrasi: wanita mengalami kulit kekeringan (sumber: consumerreports.org)

Ilustrasi: wanita mengalami kulit kekeringan (sumber: consumerreports.org)

Gangguan kesehatan dan efek obat-obatan

Terdapat sejumlah penyakit yang memperparah kondisi kulit kering Anda. Seperti diabetes, kebiasaan yang salah dalam mengontrol kadar gula darah bisa memicu dehidrasi sehingga kulit jadi kering. Tak hanya itu, penderita hipotiroidisme juga rentan mengalami kulit kering karena rendahnya kadar hormon tiroid yang dapat mengurangi produksi minyak alami kulit.

Baca juga:  Sederet Manfaat Ajaib Kolagen untuk Kecantikan Wajah yang Perlu Anda Ketahui

Kurangnya asupan gizi (malnutrisi) juga berpotensi memperparah kulit kering Anda.  Sementara itu, efek mengonsumsi obat tertentu juga menjadi penyebab kulit kering. Sehingga lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter terkait dosis dan efek sampingnya.

Salah memakai pelembab

Pelembab menjadi bagian penting untuk mengatasi kulit kering, namun memilih pelembab yang tepat sesuai dengan jenis kulit juga bukanlah hal mudah. Penting bagi Anda memahami produk pelembab yang digunakan berikut dengan cara aplikasi yang benar. Kesalahan terbesar hampir setiap orang dalam menggunakan lotion yakni mengoleskannya saat kulit dalam keadaan kering. Padahal pelembab seharusnya dioleskan ketika kulit dalam keadaan basah. Sehingga pelembab menahan kelembaban di kulit.

Seringkali minum obat sudah dapat mengatasinya, namun untuk kondisi tertentu, Anda mungkin harus tetap melakukan beberapa tips perawatan alami yang rutin dilakukan di rumah. Untuk merawat kulit kering, Anda dapat mulai mengoleskan petroleum jelly dan tabir surya. Kedua bahan ini dapat menjaga kulit semakin lembab. Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Meski tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori, sebenarnya molekul jeli ini terlalu besar untuk merasuk ke dalam kulit.

Baca juga:  Ovale Facial Mask Lemon, Masker Wajah Untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Sebagai gantinya, Anda dapat meracik sendiri masker wajah alami untuk mengatasi masalah kulit kering bersisik. Misalnya membuat kombinasi masker alpukat dengan madu. Kedua bahan ini merupakan sumber yang baik dari sterolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan kulit. Berendam susu juga disarankan bagi Anda karena lemak dan asam laktat di dalamnya berfungsi sebagai pembersih wajah ringan yang juga mampu memberikan kelembapan ekstra.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: