Rekomendasi Camilan Sehat dan Bernutrisi Lengkap untuk Ibu Hamil

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi makanan (sumber: starspost.com)Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi makanan (sumber: starspost.com)

Penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan saat hamil. Menjaga kesehatan tidak hanya dengan mengikuti senam ibu hamil, tetapi juga dengan memperhatikan makanan yang harus dikonsumsi. Beberapa ibu hamil yang suka ngemil tampaknya perlu waspada dengan camilan yang dikonsumsinya. Karena itu, Anda perlu mengetahui camilan yang sehat untuk perempuan mengandung.

Ada banyak camilan sehat khusus ibu hamil yang sudah beredar di pasaran. Produknya tidak hanya berupa biskuit atau cookies, ada pula camilan ibu hamil yang berupa snack, kacang kemasan, dan wafer. Meskipun begitu, produk-produk tersebut kadang harganya mahal. Untuk itu, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan seadanya, seperti berikut ini.

Buah Potong

Camilan buah potong (sumber: dailymail.co.uk)

Camilan buah potong (sumber: dailymail.co.uk)

Camilan paling sederhana yang bisa Anda dapatkan dengan mudah adalah buah-buahan. Pilihlah beberapa jenis buah kesukaan Anda, yang pasti tidak membahayakan kesehatan Anda. Anda bisa memilih apel, pir, mangga, dan beberapa jenis buah lainnya untuk dikonsumsi.

Cucilah buah hingga bersih, ada baiknya menggunakan sabun khusus pencuci buah. Ini akan membantu menghilangkan zat kimia, seperti pestisida yang ada di permukaan kulit buah. Setelah itu, potong dadu buah-buahan tersebut dan konsumsilah selagi segar. Buah bagus untuk ibu hamil, karena mengandung serat, mineral, air, dan vitamin. Kandungan vitamin pada buah juga lengkap dan bisa menutrisi tubuh Anda serta membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Baca juga:  5 Inspirasi Jaket Jeans Wanita Hijab, Bikin Tambah Manis!

Selai Kacang dan Apel

Selai apel (sumber: rbth.com)

Selai apel (sumber: rbth.com)

Bagi Anda yang suka dengan selai kacang, tetapi tidak tahu bagaimana mengolahnya, Anda bisa membuat selai kacang dan apel. Dilansir dari WebMD, cara mudah mengonsumsi selai kacang dan apel adalah mencampurnya menjadi satu. Terlebih dahulu, kupas 2 buah apel dan potong kecil-kecil, lalu tuangkan 2 sendok makan selai kacang di atasnya.

Pilihlah selai kacang alami yang tidak mengandung minyak berlebih, karena ini jauh lebih sehat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jenis buah lain yang senada untuk menambah citarasa, seperti buah pir serta taburan kacang almond. Anda akan mendapatkan camilan yang manis, gurih, dan sedikit asam.

Keripik Tortilla dengan Guacamole

Keripik tortilla dengan guacamole (sumber: fullcirclefoods.com)

Keripik tortilla dengan guacamole (sumber: fullcirclefoods.com)

Keripik tortilla, atau biasa disebut dengan keripik jagung, juga baik untuk ibu hamil. Dengan catatan, keripik tidak mengandung bahan kimia, seperti MSG, pemanis, dan pengawet. Pilihlah keripik tortilla plain yang mengandung jagung alami dan rendah lemak. Selain dapat dikonsumsi begitu saja, Anda juga bisa membuat bumbunya.

Bumbu keripik tortilla pada umumnya adalah guacamole. Cara membuatnya tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan buah alpukat, lemon, dan garam. Campur semua bahan menjadi satu dan blender hingga lembut, lalu taburkan di atas keripik tortilla. Camilan seperti ini selain lezat, juga memiliki kandungan nutrisi, seperti folat, vitamin B, protein, mineral, dan serat.

Baca juga:  Mau Punya Wajah Glowing? Ini Rekomendasi Bedak yang Membuat Wajah Mengkilap

Salad Yogurt

Salad yogurt (sumber: savoryexperiments.com)

Salad yogurt (sumber: savoryexperiments.com)

Alternatif camilan sehat lainnya untuk ibu hamil, Anda bisa membuat salad yogurt. Cara membuatnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa jenis buah yang dipotong kecil-kecil. Anda bisa menggunakan buah apel, jeruk, tomat, mangga, pisang, alpukat, dan lainnya. Kemudian, sebagai saus dan penambah rasa, tuangkan yogurt di atasnya.

Agar camilan tersebut lebih bernutrisi, Anda bisa menggunakan jenis yogurt buah atau yogurt Yunani dengan kandungan protein yang tinggi. Anda pun bisa menggunakan plain yogurt dengan kandungan rendah gula, karena ini juga sehat. Sebagai topping, Anda bisa menambahkan daun mint atau kacang almond.

Sandwich Tuna

Sandwich tuna (sumber: seriouseats.com)

Sandwich tuna (sumber: seriouseats.com)

Untuk membuat sandwich tuna yang lezat dan baik untuk ibu hamil, perlu disiapkan ikan tuna dengan kandungan protein banyak, lemak sedikit, dan rendah merkuri atau tidak memiliki merkuri. Ada baiknya jika Anda ingin memasak tuna, direndam dengan air terlebih dahulu dan dimasak hingga matang untuk menghilangkan zat kimia serta bakteri pada ikan.

Perlu Anda ketahui pula, ada baiknya ibu hamil menjauhi ikan mentah dan makanan lain yang mengandung bahan daging mentah, seperti sushi. Setelah Anda menyiapkan ikan tuna dengan kondisi matang, siapkan juga sayur, keju, saus tomat, mayonaise, dan setangkup roti sebagai pelengkap. Sandwich tuna ini mengandung protein, omega 3, dan DHA yang baik untuk pertumbuhan serta perkembangan janin Anda.

Baca juga:  Proses Suntik Filler, Bahan, Prosedur, dan Risiko Efek Sampingnya

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (sumber: dailymail.co.uk)

Kacang-kacangan (sumber: dailymail.co.uk)

Sebagai camilan sehat, sederhana, dan mudah didapatkan, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan. Anda bisa memilih jenis kacang kesukaan Anda, mulai dari kacang tanah, kacang kedelai, hingga kacang almond atau kacang mete. Semua jenis kacang tersebut tentunya akan lebih baik jika diolah dengan benar.

Bagi ibu hamil, hindari makanan dengan kandungan minyak berlebih. Untuk itu, Anda bisa mengolah kacang dengan cara merebus, mengukus, atau membakarnya menggunakan oven. Agar kacang Anda lebih lezat, Anda bisa menambahkan potongan bawang putih, sedikit garam, dan potongan jeruk purut.

Popcorn

Popcorn (sumber: thepioneerwoman.com)

Popcorn (sumber: thepioneerwoman.com)

Popcorn merupakan salah satu camilan yang disukai banyak orang, termasuk ibu hamil. Meskipun begitu, jika Anda sedang hamil, maka pilihlah jenis popcorn yang sehat. Popcorn plain tanpa rasa-rasa bisa menjadi salah satu camilan harian Anda. Hindari popcorn kemasan dengan kandungan MSG, pewarna, pemanis, dan perasa buatan.

Selain membeli, Anda pun bisa memasak jagung popcorn sendiri di rumah, dan sebagai penambah rasa, Anda bisa menambahkan madu atau sedikit cokelat. Popcorn sendiri mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menutrisi tubuh Anda selagi hamil.

Itulah beberapa camilan sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Pastikan juga bahan-bahan yang Anda gunakan adalah bahan berkualitas yang mengandung gizi dan serat yang baik. Selain itu, pastikan juga bahan-bahan bersih dan terhindar dari kuman. Perlu Anda ketahui, ibu hamil sangat rentan terhadap beberapa penyakit, seperti flu dan demam.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: