Amankah Konsumsi Suplemen Calcium-D-Redoxon (CDR) untuk Ibu Hamil?

Ibu Hamil Minum Suplemen - www.webmd.comIbu Hamil Minum Suplemen - www.webmd.com

Ibu yang sedang hamil dan menyusui memang perlu mencukup kebutuhan nutrisi hariannya. Pasalnya, segala makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh ibu nantinya bukan hanya diperuntukkan bagi sang ibu saja, tetapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungan. Oleh sebab itu, ibu hamil patut untuk memerhatikan asupan sehari-hari, salah satunya seperti kebutuhan kalsium.

Saat hamil, akan terjadi perubahan metabolisme kalsium, di mana konsentrasi kalsium serum akan menurun sehingga terjadi peningkatan penyerapan kalsium di usus yaitu 25-40%. Hormon PTH juga bertambah untuk meningkatkan penyerapan kembali kalsium di ginjal serta terjadinya peningkatan estrogen untuk melindungi simpanan kalsium di tulang.

Peranan kalsium pada ibu hamil adalah untuk proses mineralisasi pada pertumbuhan tulang dan gigi janin. Janin membutuhkan kalsium sebesar 250-300 mg per hari. Pada saat kelahiran akan terakumulasi kalsium di tubuh bayi sebesar 30 g (2,5% dari tulang ibu). Bayi akan mendapatkan suplai kalsium dari tubuh ibu melalui transport aktif di plasenta. Jika ibu tidak mendapatkan asupan kalsium dengan cukup maka simpanan kalsium ibu hamil akan defisit.

Baca juga:  Beberapa Penelitian Patahkan Mitos Makan Malam Bikin Gemuk

Kalsium terutama dibutuhkan pada trimester 3 kehamilan. Selama kehamilan diperlukan kalsium untuk pertumbuhan bayi, tetapi secara alami penyerapan kalsium pada ibu hamil juga lebih baik. Hasil penelitian belum dapat membuktikan perlunya tambahan kalsium selama kehamilan. Perkecualian, jika kehamilan terjadi saat masih usia remaja. Di Indonesia diperkirakan 50% ibu hamil masih dalam pertumbuhan.

Suplemen Calcium-D-Redoxon (CDR) - (YouTube: Virtual Javanet)

Suplemen Calcium-D-Redoxon (CDR) – (YouTube: Virtual Javanet)

Kebutuhan kalsium pada masa pertumbuhan diperlukan tambahan sekitar 300 mg/hari. Oleh karena itu, pada ibu hamil di Indonesia diperlukan tambahan kalsium sekitar 150 mg/hari. Institute of Medicine (IOM) menganjurkan bagi ibu hamil yang asupan kalsiumnya kurang dari 600 mg/hari perlu diberikan dalam bentuk suplemen. Kecukupan kalsium untuk wanita mulai dari usia 16 tahun adalah 800 mg. Apabila dalam kondisi hamil maka ditambah 150 mg sehingga total kecukupan kalsium bagi ibu hamil adalah 950 mg per hari.[1]

Jika ibu hamil tidak cukup mengasup kalsium, untuk pertumbuhan tulang janin kalsium akan diambil dari tulang ibu sehingga ibu pun kehilangan massa tulangnya. Menurut penelitian, jika asupan kalsium ibu hamil cukup, risiko perkembangan toxemia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil pun akan berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium ini ibu hamil dianjurkan mengonsumsi susu 2 gelas sehari, juga banyak mengonsumsi sayuran hijau, ikan kaleng, ikan teri, sereal, dan susu kedelai yang difortifikasi.[2]

Baca juga:  Tersedia Dalam Beberapa Merk, Asam Folat Bermanfaat Untuk Kesuburan Pria

Calcium-D-Redoxon untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asupan kalsium bisa diperoleh dari suplemen kalsium yang beredar di pasaran, salah satunya seperti Calcium-D-Redoxon (CDR). Pihak Redoxon sendiri mengklaim bahwa produk CDR aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, CDR mengandung vitamin D, B6, C, mineral, dan kalsium yang bermanfaat dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Selain itu, produk ini diklaim berguna untuk meningkatkan imun tubuh, menguatkan tulang, hingga mendukung tumbuh kembang tulang dan gigi bayi Anda.

Meski demikian, ibu hamil atau menyusui yang berencana mengonsumsi suplemen dengan harga sekitar Rp47 ribuan hingga Rp90 ribuan per tube ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat dan risikonya.

Suplemen Calcium-D-Redoxon (CDR) - id.carousell.com

Suplemen Calcium-D-Redoxon (CDR) – id.carousell.com

Perlu diketahui bahwa CDR mengandung pemanis buatan dan juga soda. Apabila kedua zat itu masuk ke tubuh ibu hamil secara berlebihan tentunya kurang baik untuk kesehatan. Soda diketahui bisa meningkatkan produksi gas dalam lambung dan membuat perut terasa mulas. Selain itu, soda pun bisa meningkatkan produksi air seni. Demikian pula dengan pemanis buatan dalam suplemen ini. Walau jumlahnya sedikit bisa saja menimbulkan hipoglikemia.

Baca juga:  Kreasi Kain Flanel Untuk Pemula yang Mudah dan Praktis

Oleh sebab itu, ibu yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya minum suplemen Calcium-D-Redoxon (CDR) hanya bila dibutuhkan dan minum sesuai dosis anjuran. Apabila Anda mengalami reaksi atau efek samping tertentu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

[1] Ramayulis, R dkk. 2009. Menu dan Resep untuk Ibu Hamil. Depok: Penebar Plus+

[2] Soenardi, T. 2013. 100 Resep Makanan Sehat untuk Anak Agar Terhindar Penyakit Degeneratif Saat Dewasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: