5 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

bunga kertassumber: rooang.com

Bunga yang mudah ditanam di rumah begitu banyak ragamnya. Mulai dari bunga yang tanamannya digantung, merambat, hingga berbentuk pohon kecil. Orang-orang lebih mengenalnya dengan tanaman hias bunga. Tanaman hias ini mengandalkan estetika dari keindahan bunganya.

Jenis bunga yang mudah tumbuh di iklim tropis tentulah sangat banyak. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang mampu menghasilkan beragam jenis tanaman dengan berbagai varietas. Sampai sekarang pun masih banyak varietas yang dikembangkan oleh para ahli.

Nah, untuk kamu yang baru awalan ingin memulai membudidayakan tanaman hias, ada baiknya untuk memilih kelima bunga yang mudah ditanam di halaman berumah berikut ini.

1. Bunga Marigold

bunga yang mudah ditanam, bunga marigold

sumber: pixabay.com

Warna cerah yang membuat mata kita langsung terarah pada keindahan bunganya. Identik dengan padu padan warna merah hati, orange, dan kuning ini cocok untuk ditanam di halaman rumah. Ya, bunga marigold, namanya. Bunga ini juga terkesan mewah karena memancarkan warna keemasan.

Baca juga:  Bisnis Es Pisang Cokelat, Manis Semanis Rasanya

Kamu bisa menanamnya di halaman depan rumah. Karakteristik bunga ini sangat adaptif di iklim tropis, sehingga optimal di bawah sinar matahari yang intens. Bahkan tanpa perlindungan sedikitpun. Apabila kamu sedang berlibur ke Bali, kamu akan melihat bunga-bunga ini tumbuh di halaman rumah penduduk, atau saat upacara adat.

2. Bunga Pentas

bunga pentas

sumber: rancupidfarm.com

Kalau yang masa kecilnya sering main-main keluar, pasti pernah nih nyoba-nyoba buat menghisap madu di putik bunga. Nah, salah satu tanaman yang terkenal adalah bunga pentas. Di bagian ujung dalam, terdapat madu yang manis seperti madu pada umumnya. Bisa dicicipi langsung lho.

Karakteristik bunga ini ya tampilannya yang mungil dan menggemaskan. Warna merah muda dengan padu padan putih di tengahnya, juga bisa menghisai sela-sela telinga kita. Bunga ini cocok ditanam di halaman rumah karena tahan panas. Juga, sering dimanfaatkan sebagai hiasan buket tanaman.

3. Bunga Euphorbia

bunga euphorbia

sumber: wikipedia.com

Lagi-lagi, bunga yang mudah ditanam di halaman rumah identik dengan warna cerah. Kali ini merah merona yang dikeluarkan oleh bunga euphorbia. Warna yang cukup mencerahkan dan melegakan mata. Ukurannya memang kecil-kecil, dan kelopaknya bulat, persis seperti konde yang ada di pakaian adat jawa.

Baca juga:  Kanji Rumbi, Bubur Ayam Ala Lhokseumawe, Aceh

Bunga euphorbia punya putik dan benang sari yang berwarna kuning. Selain warna merah, bunga euphorbia juga da lho yang berwarna merah muda (pink), dan putih bersih. Hingga sekarang, spesies bunga euphorbia terbilang cukup banyak karena terus dibudidayakan, bahkan mencapai 2.400an spesies di dunia.

4. Bunga Kamboja

bunga kamboja

sumber: suherlin.com

Terpesona dengan wanita-wanita Bali yang kerap menyelipkan bunga berwarna putih dan kuning di sela-sela telinganya? Yap, benar, bunga itu bernama bunga kamboja. Keindahan bunga ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Warna kuning menuju putih yang begitu terlihat adem, juga anggun.

Kamu bisa jadikan bunga kamboja sebagai penghias halaman rumah, lho. Bunga ini cukup adaptif di iklim tropis di negara kita. Tumbuh maksimal walau hanya dengan perawatan minim. Cukup disiram air secara rutin minimal sekali dalam sehari, juga diberi tambahan pupuk.

Baca juga:  Manfaat dan Cara Membuat Manisan Lidah Buaya

5. Bunga Kertas

bunga kertas

sumber: rooang.com

Nah, tanaman bunga ini mungkin kamu juga sering melihatnya di rumah-rumah tetangga. Bunga bougenvillle, nama lainnya. Bunga yang begitu akrab dengan masyarakat Indonesia, karena memiliki keindahan tekstur, bentuk, dan juga warna-warninya. Pun, mudah tumbuh di iklim tropis di negara kita.

Bunga kertas ini tidak hanya berwarna merah muda, lho. Tetapi juga ada warna-warna lainnya yang bisa kamu tanam. Yakni warna ungu, kuning, orange, merah, hingga merah muda. Dengan beragam warnanya ini, tidak heran kalau masyarakat kita suka menanam bunga kertas di halaman rumahnya.

Yaps, menarik bukan? Bunga-bunga tadi ternyata sangat mudah untuk beradaptasi di lingkungan rumah, bahkan dengan perawatan yang mudah pula. Mudah-mudahan bisa membantumu untuk menghiasi rumah ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: