Rempah Populer, Bunga Lawang untuk Masak Apa?

Bunga Lawang - www.lazada.co.idBunga Lawang - www.lazada.co.id

Bagi ibu rumah tangga atau Anda yang sering berkecimpung di dunia kuliner, pasti sudah tidak asing dengan bunga lawang. Pekak menjadi salah satu rempah yang populer jika Anda ingin membuat hidangan tradisional. Selain hidangan tradisional, bunga lawang bisa untuk masak apalagi, ya?

Bisa dibilang, rempah tidak bisa lepas dari berbagai hidangan daerah. Bahkan, Anda akan sering menemukan lebih dari 3 jenis rempah dalam satu resep makanan khas daerah, seperti rendang, ayam betutu, hingga nasi goreng Jawa. Salah satu jenis rempah dengan aroma kuat dan sering ada dalam masakan khas daerah tersebut, yaitu pekak atau bunga lawang.[1] Selain bisa dijadikan bumbu masakan daerah, ada juga beberapa resep masakan non-daerah yang berbahan pekak.

Puyuh Ayam Bunga Lawang

Bunga lawang dengan aroma tajam dengan rasa cenderung agak pedas memiliki manfaat untuk membuat rasa masakan lebih sedap. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada pekak juga mampu meningkatkan nafsu makan. Salah satu resep masakan yang bisa Anda buat sewaktu-waktu dengan bumbu pekak, yaitu puyuh ayam bunga lawang.

Cara membuat masakan tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan daging ayam fillet, 7 butir telur puyuh, 5 buah bunga lawang, 3 jamur hioko, 5 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 1 keping gula merah yang sudah disisir, 1 sendok makan bubuk ngohiong, 5 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan kecap asin, 3 sendok makan gula pasir, garam secukupnya, merica secukupnya, kaldu bubuk secukupnya, minyak secukupnya, air secukupnya, dan 1 buah jeruk nipis ukuran sedang.

Baca juga:  Bahaya Produk Olahan Susu Berkadar Lemak Tinggi

Setelah semua bahan siap, potong dadu ayam fillet dan marinasi dengan air jeruk nipis selama 5 menit. Setelah daging ayam cukup lunak, cuci hingga bersih dan tiriskan. Potong-potong jamur hioko, bawang merah, dan bawang putih dengan pola memanjang. Jangan lupa untuk mengupas kulit telur puyuh yang sudah direbus.

Setelah itu, tumis bawang hingga harum dalam panci dan masukkan ayam serta jamur. Tambahkan air sedikit ke dalam panci dan masukkan semua bumbu. Aduk hingga rata dan biarkan air mendidih. Setelah mendidih, masakan siap dihidangkan.

Puyuh Ayam Bunga Lawang - cookpad.com

Puyuh Ayam Bunga Lawang – cookpad.com

Pancake Cokelat Bunga Lawang

Selain bisa dijadikan bumbu masakan dengan citarasa asin, bunga lawang juga bisa dijadikan sebagai penambah rasa dalam masakan bercitarasa manis, seperti pancake. Untuk membuat pancake cokelat bunga lawang, siapkan 230 gr tepung terigu, 40 gr cokelat powder, 1/2 sendok makan soda kue, 1 sendok makan susu bubuk, 3-4 sendok makan gula pasir, 1/2 buah bunga lawang, sejumput garam, 3 sendok makan margarin cair, dan air matang secukupnya. Untuk topping, Anda bisa memakai icing sugar, cokelat, sirup, atau buah-buahan.

Baca juga:  Jenis Roti Paling Mudah Dibuat, Ini Resepnya

Setelah semua bahan siap, blender 3 sendok makan gula pasir beserta bunga lawang hingga halus. Campur semua bahan serta hasil blenderan tersebut, kecuali margarin dan air di dalam wadah plastik. Aduk semua campuran hingga rata dan masukkan air sedikit demi sedikit untuk mencegah adanya adonan yang menggumpal. Masukkan margarin cair dan aduk kembali hingga rata, lalu diamkan selama 10 menit.

Panaskan wajan atau teflon dengan api kecil dan olesi permukaannya dengan margarin. Tuangkan adonan sekitar 2 hingga 3 sendok makan. Masak hingga matang dan jangan lupa untuk membaliknya. Pancake yang sudah jadi bisa dihias dengan topping sesuai selera dan dihidangkan.

Pancake Cokelat - hesti-myworkofart.blogspot.com

Pancake Cokelat – hesti-myworkofart.blogspot.com

Semur Ayam Goreng Bunga Lawang

Bagi Anda pencinta semur, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat semur ayam goreng pekak. Bahan-bahannya sederhana, yaitu ayam sebanyak 12 potong yang sudah dicuci bersih, 2 buah bunga pekak, air 450 ml, merica bubuk 1 sendok teh, kecap manis 100 ml, minyak secukupnya, bawang merah 7 butir, bawang putih 3 siung, kemiri 3 butir, buah pala 1/2 butir, dan jahe 2 cm. Sebagai pelengkap, siapkan juga bawang goreng kering.

Baca juga:  Masih Pemula? Ini Rekomendasi Brush Make-up yang Bagus dan Wajib Dimiliki

Masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri, pala, dan jahe ke dalam alat penumbuk atau blender, lalu haluskan. Panaskan wajan dengan api sedang dan goreng ayam hingga kecokelatan, lalu tiriskan. Panaskan lagi wajan dengan 2 sendok makan minyak, masukkan bumbu halus dan tumis hingga wangi.

Tambahkan merica bubuk, garam, dan kecap manis sesuai selera ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan sedikit air ke dalam wajan dan biarkan bumbu mendidih. Setelah mendidih, masukkan ayam goreng dan aduk secara perlahan. Biarkan 3 menit hingga semur mendidih lagi dan hidangkan bersama taburan bawang goreng.

Semur Ayam Goreng Bunga Lawang - (YouTube: Dapur Bu Haji)

Semur Ayam Goreng Bunga Lawang – (YouTube: Dapur Bu Haji)

Itulah beberapa resep masakan dengan bumbu bunga lawang yang sederhana. Pastinya, mudah bagi Anda untuk mengikuti resep tersebut. Sebagai saran, Anda tidak perlu menambahkan banyak bunga lawang pada masakan, ini akan membuat hidangan menjadi sedikit pahit dan pedas di lidah.

[1] Rosari, Ave Regina, dkk. 2018. Uji Fitokimia Ekstrak Bunga Lawang (Illicium verum Hook.f) dan Daya Hambatnya terhadap Staphylococcus aureus. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, Vol. 7(4): 148-155.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: