Bukan Hanya untuk Memasak, Ini Sederet Kegunaan Tepung Jagung yang Perlu Anda Ketahui

Masker Tepung Jagung Masker Tepung Jagung

Tepung jagung adalah pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung. Tepung jagung kerap digunakan sebagai masakan di dapur dan lainnya. Tepung jagung terdiri dari karbohidrat murni dan tidak mengandung protein, sehingga tidak mengandung gluten dan banyak direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet atau menderita alergi. Pasalnya tepung jenis ini disebut-sebut bebas gluten dibanding tepung terigu. Terlebih karena tepung jagung bisa membentuk adonan saat dicampur dengan air dingin.

Ada banyak cara untuk mengolah tepung jagung, misalnya untuk pengental saus atau kuah, Anda tinggal mencampurkan tepung dalam adonan. Kemudian tepung jagung bisa digunakan untuk cake dan kue kering menggunakan skala perbandingan 1 : 3, jadi tepung terigu 3 kali lebih banyak dari takaran tepung jagung yang Anda gunakan.

Tepung jagung pun dapat Anda pergunakan sebagai pelapis yang digoreng supaya teksturnya lebih renyah, misalnya saja untuk kentang goreng, Anda dapat menaburkan tepung jagung di atas kentang yang hendak digoreng. Bagi yang hendak membuat fla, tepung jagung ternyata bisa digunakan bahan pembuatan saus fla dan custard sebagai isian kue atau pelengkap puding. Anda tinggal mencampurkan tepung jagung dalam adonan dan simpan dalam wadah tertutup saat fla atau custardnya matang. Berikut kegunaan tepung jagung lainnya.

Tepung Jagung - www.courses-domicile.fr

Tepung Jagung – www.courses-domicile.fr

Manfaat Tepung Jagung

Memberi Kesan Matte pada Lipstik dan Kuteks
Anda ingin mencoba tren lipstik matte tapi di rumah hanya memiliki lipstik satin atau glossy finish? Tak usah bingung, Anda bisa memanfaatkan tepung jagung di dapur. Caranya, pulaskan lipstik seperti biasa di bibir, lalu tepukkan tepung jagung dengan menggunakan jari ke bibir Anda secara perlahan dan berulang-ulang sampai Anda bisa memperoleh nuansa matte yang Anda inginkan. Begitu pula untuk cat kuku atau kuteks. Caranya, rendam kuas kuteks ke dalam tepung jagung, lalu ke pewarna, dan oleskan di atas permukaan kuku.

Masker Wajah
Tepung jagung kabarnya tidak jauh berbeda dengan tepung beras. Kandungan vitamin A, B1, dan C di dalamnya diyakini dapat membuat kulit muka lebih putih, cerah, dan bersih. Oleh sebab itu beberapa orang memanfaatkan tepung jagung sebagai masker wajah karena disebut-sebut dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan segala ketidaksempurnaan di wajah.

Mengurangi Iritasi pada Kulit
Tepung jagung dipercaya dapat mengurangi iritasi atau sensasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari alias sunburn. Untuk mengurangi sensasi kulit terbakar karena sinar matahari, Anda bisa mencampurkan sedikit tepung jagung dengan air putih, lalu aduk sampai mengental. Kemudian oleskan pasta tersebut ke bagian kulit yang terbakar karena sinar matahari, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air hangat. Tak hanya untuk iritasi, tepung jagung juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gigitan serangga.

Mengobati Ruam Akibat Popok
Bayi yang menggunakan popok biasanya mengalami ruam di bagian pantat atau selangkangan dan membuat para ibu merasa panik. Untuk mengatasinya dengan cara murah dan hemat, Anda bisa menaburkan tepung jagung di kulit yang mengalami ruam. Setelah itu basuh dengan air sampai bersih dan keringkan dengan handuk sehabis mengganti popoknya. Tepung jagung disebut-sebut bisa membuat kulit bayi terasa lebih kering dan segar, sehingga bisa mengurangi ruam karena pemakaian popok.

Mengatasi Rambut Berminyak
Anda sedang bad hair day karena belum sempat keramas dan rambut terkesan lepek? Tak perlu bingung, jika tak punya bedak tabur, Anda bisa memanfaatkan tepung jagung dengan menaburkannya sedikit ke tiap helaian rambut yang berminyak. Sebaiknya hindari menaburkannya ke kulit kepala agar tidak menyebabkan ketombe. Tepung jagung bisa menyerap minyak berlebih pada rambut dan membuat rambut Anda terkesan seperti sehabis keramas.

Mengangkat Sel Kulit Mati
Tepung jagung ternyata juga bisa berfungsi layaknya scrub untuk mengangkat sel kulit mati di kulit wajah dan badan. Aplikasikan tepung jagung layaknya lulur atau scrub di wajah dan badan untuk mengurangi kusam dan membuat kulit Anda terlihat lebih segar.

Kegunaan Tepung Jagung Buat Kulit

Kegunaan Tepung Jagung Buat Kulit

Deodoran
Tepung satu ini memang punya banyak manfaat ajaib, termasuk bisa difungsikan sebagai deodoran untuk ketiak. Deodoran dari tepung jagung diklaim aman dan jauh dari bahan kimia berbahaya. Cara pemakaiannya mudah, pertama bersihkan area ketiak menggunakan alkohol. Jika ketiak sudah dalam kondisi kering, taburkan tepung jagung secukupnya di ketiak Anda. Tepung jagung diyakini bisa melindungi ketiak Anda dari keringat berlebih dan bau badan tidak sedap.

Mengurangi Kerutan di Wajah
Kerutan atau garis-garis halus di wajah juga bisa diatasi dengan tepung jagung. Caranya, campurkan 1/4 cangkir tepung jagung dengan 1 butir putih telur dan 2 sendok makan susu murni. Kemudian bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan campuran tadi ke wajah Anda sampai merata. Tunggu 20 menit, lalu bilas dengan air. Tepung jagung diyakini bisa membuat wajah terasa kencang dan meminimalisir kerutan halus di wajah.

Selain untuk penggunaan di atas, tepung jagung juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti menjadi bahan pengental yang dicampurkan dengan sedikit air lalu dipanaskan. Kemudian tepung jagung bisa dipakai sebagai pelapis manisan atau buah-buahan pada pie, kue tart, atau dessert (hidangan penutup) lainnya sebelum proses pemanggangan. Pasalnya tepung jagung dapat mencegah tekstur yang basah atau cair pada makanan.

Di samping itu, tepung jagung dapat dimanfaatkan sebagai zat anti lengket pada makanan. Keju parut kemasan biasanya akan dibubuhi sedikit tepung jagung supaya tidak mengalami penggumpalan. Sebab tepung jagung mampu menyerap kelembapan dalam bentuk apapun.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: