Bukan Digosok Tapi Ditepuk ‘Patting’, Teknik Perawatan Kulit Ala Jepang

Patting, menggosok, menepuk, tepuk, perawatan, kulit, ala, Jepang, Korea, J-Beauty, mengaplikasikan, produk, lotion, toner, serum, pelembab, wajah, jenis, produk, lapisan, ahli, pakar, dermatologi, kecantikan,Menepuk wajah

Cara Anda menerapkan produk perawatan kulit Anda bisa memicu perdebatan di Jepang. Teknik menggosok, yang mungkin Anda lakukan bahkan tanpa berpikir, saat menjalani rutinitas perawatan kulit pada pagi atau malam hari, adalah salah satu topik kecantikan yang paling kontroversial.

Salah seorang ahli kecantikan Jepang yang berbasis di Tokyo bernama Nicole mengatakan, sebaliknya, menepuk atau patting, lebih disukai. “Beberapa wanita di Jepang sangat berhati-hati untuk tidak menggosok kulit mereka,” katanya. Mereka menolak untuk menggunakan kapas di wajah mereka dan menghindari tisu wajah sepenuhnya. Mereka bahkan tidak menggosok wajah mereka dengan handuk untuk mengeringkannya. Sebaliknya, mereka menepuknya sampai kering.

Seiring dengan banyaknya produk-produk J-beauty yang semakin populer di Amerika, para pakar kecantikan dan dermatologi pun setuju bahwa menepuk adalah cara yang tepat untuk menerapkan produk perawatan kulit. Ternyata, tindakan sederhana seperti teknik menggosok dalam mengaplikasikan produk perawatan kulit Anda, terutama di area mata, bisa menjadi masalah. “Menggosok menciptakan banyak gaya gesekan pada kulit Anda, yang dapat mengganggu dan menciptakan peradangan yang tidak perlu di sekitar mata,” kata Arash Akhavan, pendiri Dermatologi dan Laser Group di New York City, kepada Allure.

Menurut beberapa ahli kecantikan, menepuk atau patting adalah praktik aplikasi perawatan kulit standar yang tidak hanya populer di Jepang tetapi juga di Korea Selatan. Teknik ini berasal dari penambahan lotion ke banyak rutinitas perawatan kulit. “Ketika orang Jepang mengatakan lotion, itu tidak seperti cairan susu di Amerika yang disebut lotion,” kata Nicole. Berbeda dengan lotion yang Anda ratakan ke seluruh tubuh Anda, “Lotion Jepang adalah langkah khusus wanita Jepang yang tidak pernah dilewatkan,” tambahnya. “Ini berair dan dapat membantu tingkat pH kulit mendapatkan kembali keseimbangan setelah pembersihan.” Beberapa lotion yang paling populer termasuk Hada Labo Rohto Gokujyn Hyaluronic Acid Lotion dan Sekkisei Lotion.

Baca juga:  Kenali Gatal di Kepala Akibat Kutu Rambut dan Cara Mengobatinya

Penggunaan lotion juga menjadi fenomena kecantikan di Korea. Charlotte Cho, ahli kecantikan dan salah satu pendiri Soko Glam, mempelajari teknik aplikasi perawatan kulit saat tinggal di Seoul. “Di Korea, perawatan kulit adalah gaya hidup,” kata Cho pada Allure. “Tidak hanya apa yang Anda kenakan pada masalah kulit Anda, tetapi juga memperlakukannya dengan hati-hati dan halus adalah bagian penting dari ritual.”

Patting, menggosok, menepuk, tepuk, perawatan, kulit, ala, Jepang, Korea, J-Beauty, mengaplikasikan, produk, lotion, toner, serum, pelembab, wajah, jenis, produk, lapisan, ahli, pakar, dermatologi, kecantikan,

Membubuhkan lotion pada kulit

Patting atau teknik menepuk dianggap lebih lembut daripada menggosok dalam produk perawatan kulit karena Anda meminimalkan kemungkinan menarik atau menyeret pada kulit, Alisa Kerr, ahli kecantikan Jepang lain yang berbasis di Tokyo, mengatakan pada Allure. “Pada suatu kesempatan, seorang ahli terapi kulit Jepang menegur saya ketika dia melihat saya menggunakan pelembab dengan apa yang saya pikir adalah gerakan menyapu lembut seperti teknik Barat biasa,” tuturnya.

“Dia menjelaskan bahwa menggunakan teknik menepuk tidak hanya menjaga struktur kulit, tetapi juga meningkatkan penyerapan dan efektivitas bahan serta merangsang aliran darah, memberikan cahaya yang bagus untuk kulit. Menepuk-nepuk juga membantu produk Anda menyerap dengan cepat.”

Dari sudut pandang dokter kulit, Shari Marchbein, dermatolog berbasis di New York City dan asisten profesor dermatologi klinis di New York University School of Medicine, mengatakan dengan lembut menepuk kulit menggunakan kekuatan yang lebih sedikit, sehingga Anda tidak cenderung menimbulkan trauma pada kulit Anda. Menepuk-nepuk tidak akan selalu membuat produk kulit Anda menyerap ke kulit Anda lebih baik. “Tidak ada data ilmiah spesifik yang mendukung produk tepukan yang membantu mereka menembus lebih baik,” tambah Marchbein. Sebaliknya, dia mengatakan produk perawatan kulit dengan bahan-bahan yang kuat akan masuk ke kulit Anda tidak peduli bagaimana Anda menerapkannya.

Baca juga:  Fungsi Krim Siang dan Malam Pond’s Flawless White Beauty

Terlepas dari bukti medis, ia percaya menepuk juga memiliki efek yang menenangkan. “Saya benar-benar terpikat. Saya menemukan bahwa itu meminimalkan kemerahan, segera setelah aplikasi pada kulit sensitif saya dan mempercepat waktu penyerapan. Tapi yang paling penting, itu benar-benar membuat saya santai. Ini menciptakan ritual rileks aplikasi perawatan kulit yang menjadi cukup meditatif. Menepuk pasti meminta saya untuk mengambil napas dalam-dalam dan bersantai selama rutinitas pagi dan malam hari saya, yang saya sukai.”

Bagaimana Teknik Menepuk yang Benar?

Patting, menggosok, menepuk, tepuk, perawatan, kulit, ala, Jepang, Korea, J-Beauty, mengaplikasikan, produk, lotion, toner, serum, pelembab, wajah, jenis, produk, lapisan, ahli, pakar, dermatologi, kecantikan,

Ilustrasi: teknik Patting menepuk wajah

Tergantung pada siapa Anda bertanya, Anda akan belajar tentang teknik menepuk yang berbeda. Beberapa, seperti Cho, menyentuh tangan mereka dengan gerakan cepat ketika mereka menepuk produk perawatan kulit mereka. Yang lain, seperti Nicole, tekan mereka dengan gerakan yang lambat dan berat.

Shari menuangkan sedikit produk ke salah satu telapak tangannya sebelum menggosok tangannya dengan ringan untuk mendistribusikan produk secara merata. Lalu, dia dengan lembut menekan tangannya ke wajahnya. “Pertama, kedua tangan diletakkan secara vertikal di kedua sisi hidung, lalu secara horizontal di atas dahi dan dagu,” jelasnya.

Jika Anda tidak ingin menyia-nyiakan produk perawatan kulit Anda dengan menggosokkannya ke seluruh tangan Anda, Akhavan menyarankan untuk menaruh sedikit pada ujung jari telunjuk dan jari tengah dan menepuknya dengan ketukan lembut yang cepat dan berulang, “Sampai produk tampaknya menghilang ke kulit Anda, “katanya.

Baca juga:  Awas, Ada yang Beracun! Begini Ciri Lidah Buaya yang Aman Dikonsumsi

Namun, secara ilmiah, “Satu-satunya tempat yang saya rasakan ini penting adalah di sekitar kulit kelopak mata,” kata Marchbein. “Kalau tidak, kulit cukup tebal untuk menahan jumlah normal gosok dalam produk.” Kulit kelopak mata adalah yang paling tipis dan paling halus dari tubuh. Karena itu, ketika menerapkan produk kecantikan apapun ke area itu, Marchbein merekomendasikan menepuk, khususnya dengan jari manis Anda.

Jenis produk apa yang harus ditepuk?

Patting, menggosok, menepuk, tepuk, perawatan, kulit, ala, Jepang, Korea, J-Beauty, mengaplikasikan, produk, lotion, toner, serum, pelembab, wajah, jenis, produk, lapisan, ahli, pakar, dermatologi, kecantikan,

Lotion untuk perawatan kulit

Jika produk perawatan kulit memiliki konsistensi yang ringan dan berair seperti lotion Jepang, rencanakan untuk menepuk. Ini berlaku untuk toner, serum, pelembab gel, “Atau bahkan esensi ekstra dari masker lembar,” tambah Kerr. Akhavan secara khusus menunjukkan serum. “Titik serum adalah mengantarkan bahan aktif ke lapisan kulit yang lebih dalam, itulah mengapa mereka paling sering digunakan sebagai langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit Anda setelah membersihkan wajah Anda,” katanya. “Serum yang dibuat dengan baik dirancang dengan kendaraan yang memfasilitasi penetrasi ke kulit dan tidak perlu digosok.”

Untuk produk dengan konsistensi lebih tebal, seperti krim dan pelembab, Cho suka dengan lembut menyebarkan lapisan tipis ke kulitnya. Lalu dia mengetuk produk apa pun yang tersisa di tangannya ke kulitnya. Marchbein mengatakan menepuk-nepuk tidak memiliki sisi negatif, jadi tak ada salahnya Anda mencoba rahasia kecantikan ala Jepang ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: