Bubur Susu, MPASI yang Dianggap Baik Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Cara, membuat, bubur, susu, bayi, 6, bulan, mpasi, formula, sun, milna, di, pasaran, tepung, beras, ASI, nutrisi, orang tua, pencernaan, nutrisi, Memberi makanan pengganti ASI untuk bayi

Seiring jalannya masa pertumbuhan pada , kebutuhan akan pun pasti akan berubah. Sebagai orang tua, hal ini tentunya perlu diperhatikan agar tidak keliru dalam memberikan asupan untuk buah hati. Karena dengan bertambahnya usia, dan minuman yang bisa ia konsumsi pun akan berubah sesuai nutrisi yang dibutuhkan oleh .

Umumnya, pada saat menginjak usia 6 bulan, anak tidak hanya membutuhkan ASI utuk bisa memenuhi kebutuhan gizinya. Tambahan makanan pendamping ASI (MPASI) sudah bisa mulai diberikan pada mereka. Karena, pada usia ini pencernaan anak sudah siap untuk beralih mengkonsumsi makanan .

Lebih penting lagi, saat usia ini dan seterusnya sudah memerlukan zat gizi lebih banyak dan lengkap lagi. Itu semua tidak lagi bisa dipenuhi oleh ASI. Seperti, zat besi. Maka dari itu, anak sudah bisa mulai diberikan bubur susu atau biskuit sebagai makanan pendampingnya.

Pemberian makanan pertama bayi penting karena menurut Pritasari, SKM., M.Sc., ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Jakarta II, pengenalan tekstur dan rasa sejak dini bertujuan agar bayi memiliki memori yang memudahkan dia mengonsumsi aneka bahan makanan bergizi. “Misalnya, anak yang sedari bayi kenal sayuran, umumnya sampai besar akan suka sayuran,” jelasnya kepada Tribunnews.

Kesulitan pemberian pun lebih jarang terjadi karena anak sudah terbiasa dengan beragam bahan makanan sejak dini. Ia menambahkan kesuksesan pemberian pertama bayi ini pun kunci sukses bayi lahap. Sehingga orang tua tidak dipusingkan oleh aneka drama anak susah .

Karena saat pemberian makan pertama pada bayi perlu, pemberian makan secara teratur alias disiplin. “Sehingga bayi jadi tahu kapan waktunya minum susu, makan bubur, makan buah, dan lainnya. Disiplin ini penting untuk pertumbuhan fisik dan pembentukan pola hidupnya kelak,” imbuhnya.

Makanan atau minuman tambahan dikenalkan secara bertahap, mengingat mekanisme menelan dan mencerna bayi usia 6-7 bulan masih lemah. Orang tua bisa memulai dengan makanan yang lunak dan cair seperti bubur susu untuk membiasakan alat cerna bayi lebih siap menerima, mencerna, dan menyerap makanan pada waktu-waktu tertentu.

Bubur susu boleh diberikan sehari satu kali, kemudian bertahap menjadi 2x dalam sehari. Berikan satu jenis makanan selama 3 hari berturut-turut untuk mengetahui apakan bayi cocok dengan makanan tersebut atau tidak. Setelah 2 minggu MPASI, variasi bubur bayi.

Untuk bubur susu bayi 6 bulan ini bisa dibuat sendiri ataupun juga memanfaatkan produk-produk yang tersedia di pasaran, seperti merek SUN ataupun Milna. Jika Anda ingin membuat sendiri, maka bisa dilakukan dengan melarutkan tepung beras halus dengan air matang. Aduk sampai rata. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai kental dan matang . Aduk sampai panasnya berkurang. Kemudian tuang ke dalam mangkuk bayi dan tambahkan susu formula.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: