Masih Pemula? Ini Rekomendasi Brush Make-up yang Bagus dan Wajib Dimiliki

Rekomendasi Brush Make-up - stylecaster.comRekomendasi Brush Make-up - stylecaster.com

Setiap produk make-up biasanya mempunyai aplikator atau alat bantu khusus untuk pengaplikasiannya. Selain menggunakan puff, spons, atau beauty blender, make-up juga bisa diaplikasikan menggunakan kuas alias brush make-up. Brush make-up sendiri jenisnya ada banyak dan desain bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan. Ada brush make-up khusus untuk memulaskan bedak, brush untuk lipstik, brush untuk eyeshadow, brush untuk blush on, brush untuk contour, hingga brush untuk highlighter. Bentuk tiap brush make-up itu memang sengaja dibuat berbeda untuk memudahkan Anda mengaplikasikan produk make-up tertentu.

Bentuk dan ukuran brush sangat bervariasi, sesuai dengan kegunaannya. Setiap jenis brush didesain untuk kosmetik jenis tertentu. Oleh karena itu, tidak semua brush bisa digunakan untuk satu jenis kosmetik, misalnya brush untuk pemulas pipi tentu saja tidak bisa digunakan untuk mengulaskan lipstik, karena bentuk bulu-bulu di ujung brush pemulas pipi ukurannya besar dan lebar.[1]

Demikian pula untuk kuas bedak dan blush on umumnya memang sengaja dibuat terpisah meski bentuknya hampir sama. Hal ini tentu tidak lain supaya warna blush on Anda tidak bercampur begitu saja dengan warna bedak. Brush make-up sendiri biasanya dijual per set di pasaran atau ada juga yang menjualnya bijian seperti merek terkenal Masami Shouko atau lainnya.

Karena ada begitu banyak jenis dan merek brush make-up di pasaran, Anda yang masih pemula dalam dunia tata rias mungkin akan sedikit kebingungan menentukan mana kuas make-up yang sebaiknya dibeli. Nah, agar tidak bingung dan bisa menghemat budget, berikut ini rekomendasi macam-macam brush make up yang bagus dan wajib dimiliki.

Baca juga:  Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Kulit dan Tubuh

Jenis Brush yang Wajib Dimiliki Pemula

Powder Brush

Dengan bentuk yang besar dan bulu yang terasa ringan dan lembut, kuas ini akan mempermudah Anda dalam meratakan bedak padat atau bubuk ke wajah.

Powder Brush - www.fentybeauty.com

Powder Brush – www.fentybeauty.com

Concealer Brush

Dengan ujung yang bulat dan kecil, kuas ini dengan sempurna akan mengoreksi bagian wajah yang sulit dijangkau oleh jari. Selain itu, kuas ini juga membantu memberikan hasil riasan yang terlihat lebih natural.

Concealer Brush - www.luxiebeauty.com

Concealer Brush – www.luxiebeauty.com

Blush Brush

Untuk mendapatkan hasil riasan yang natural dan rapi, carilah blush brush yang berbentuk seperti kubah. Dengan kuas bentuk ini, warna blush on akan terpusat pada puncak pipi dengan pinggiran rona terbaur rapi dengan warna kulit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, selalu tepuk kuas sebelum menyapukannya pada pipi, untuk mengangkat sisa bubuk yang menempel pada kuas. Kuas ini juga berguna untuk membaurkan riasan sehingga terlihat lebih rapi dan natural.

Blush Brush - www.verishop.com

Blush Brush – www.verishop.com

Eyeshadow Brush

Miliki kuas jenis ini dalam ukuran kecil, sedang, dan besar. Selain itu, miliki juga kuas untuk alis, yang kerap juga disebut brow brush, untuk merapikan bentuk alis. Bila Anda mengaplikasikan pensil alis, kuas ini ampuh untuk membaurkan warnanya.

Eyeshadow Brush - shopee.co.id

Eyeshadow Brush – shopee.co.id

Lash Comb

Sisir kecil yang kerap juga dikenal dengan sisir bulu mata ini sangat ampuh memisahkan dan mengangkat sisa maskara pada bulu mata sekaligus merapikan bulu mata.

Lash Comb - id.carousell.com

Lash Comb – id.carousell.com

Lip Brush

Kuas yang lembut dan lancip ini ampuh merapikan lipstik dan lip gloss, terutama pada daerah sudut bibir yang sulit dijangkau.[2]

Baca juga:  Lipstik Purbasari Matte, Pelopor Lipstik Matte Lokal Harga Terjangkau

Fan Brush

Jenis kuas make-up lainnya yang juga tidak kalah penting untuk dimiliki adalah fan brush. Seperti namanya, kuas satu ini bentuknya lebar mirip kipas. Fan brush dibutuhkan untuk mempermudah pengaplikasian highlighter atau bahkan membersihkan wajah dari sisa make-up yang tidak rata.

Apabila Anda sudah membeli kuas-kuas make-up yang dibutuhkan, Anda juga tak boleh lupa untuk membersihkannya. Sebagai beauty tools yang sering bersentuhan langsung dengan kulit wajah Anda, sebaiknya kebersihan brush make-up juga tak boleh luput dari perhatian Anda.

Fan Brush - www.calaproduct.com

Fan Brush – www.calaproduct.com

Khusus untuk brush make-up yang biasa dipakai untuk produk-produk kosmetik berbentuk cair seperti foundation, concealer, atau lipstik, sebaiknya dibersihkan setiap hari supaya tidak menjadi sarang bakteri dan menimbulkan jerawat atau iritasi kulit lainnya. Sedangkan untuk kuas yang biasa dipakai untuk kosmetik berbentuk bubuk, maka Anda bisa membersihkannya cukup seminggu sekali.

Baca juga:  Simak Pelembab Wajah Pilihan untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat!

Cara Membersihkan Brush Make-up

  1. Siapkan kuas yang ingin dibersihkan, lalu tuang sabun ke telapak tangan.
  2. Gosok bulu kuas pada telapak tangan hingga bersih.
  3. Kemudian, bilas bulu kuas ke dalam wadah yang berisikan air bersih.
  4. Peras bulu kuas secara hati-hati hingga setengah kering.
  5. Usapkan bulu kuas secara lembut pada handuk hingga tidak ada lagi air yang menetes.
  6. Kemudian, usapkan bulu kuas pada tisu untuk memastikan kuas telah bersih sempurna.[3]

Adapun untuk produk sabun yang bisa dipakai membersihkan brush make-up ada bermacam-macam. Anda bisa memanfaatkan sabun khusus pencuci brush make-up yang kini banyak beredar di pasaran. Jika tidak ada, Anda bisa memanfaatkan produk sampo atau susu pembersih (milk cleanser). Cara membersihkan brush make-up dengan milk cleanser juga tidak jauh berbeda dengan sabun. Anda bisa meneteskan susu pembersih secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan kuas secara perlahan sampai sisa riasan hilang. Kemudian bilas air hangat sampai bersih dan keringkan.

[1]Muliawan, Dewi, Suriana N. 2013. A-Z Tentang Kosmetik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2] I&D Creative. 2009. Tip & Trik 01: Kamus Pintar Dasar Make-Up (hlm. 22-23). Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[3]Sociolla/Beauty Journal. “Cara Membersihkan Kuas Makeup Untuk Pemula | Tips & Hacks.” Youtube. Youtube, 4 Desember 2017. Web. 14 Februari 2020.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: