Bosan Punya Kulit Kusam? Ini Cara Mutihin Muka Secara Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya - www.vemale.comPerawatan Wajah dengan Lidah Buaya - www.vemale.com

Memiliki wajah dan tubuh yang putih berseri menjadi dambaan setiap pria maupun wanita. Selama ini banyak orang yang hanya berkutat dengan make-up, produk perawatan wajah buatan pabrik, krim, hingga treatment di klinik. Padahal jika Anda mau melihat ke dapur atau ke dalam kulkas, sebenarnya ada banyak bahan yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan wajah secara alami. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan alami tersebut sangat praktis diolah sebagai pemutih wajah alami. Agar tidak penasaran, simak saja cara mutihin muka secara alami berikut ini!

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan aloesin yang diklaim sebagai zat yang dapat menghambat pembentukan melanin. Jika Anda tak punya tanaman lidah buaya di rumah, di beberapa supermarket biasanya sudah ada lidah buaya segar yang dijual per batang. Cara memutihkan wajah secara alami dengan lidah buaya alias aloe vera pun cukup mudah, Anda tinggal mengupas kulit lidah biaya untuk memisahkan bagian gelnya. Lalu oleskan bagian gel lidah buaya langsung ke kulit wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan alami ini di rumah sebanyak 2 kali sehari selama 1 bulan.

Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya - www.vemale.com

Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya – www.vemale.com

Madu

Madu merupakan pelembab dan antibiotik alami kulit yang mampu mencerahkan wajah sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Kabar baiknya, madu juga dikenal mampu membantu menghilangkan noda bekas jerawat dan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit. Untuk memutihkan muka dengan madu cukup dengan mengambil 1 sendok makan madu murni, oleskan di wajah dan diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan treatment ini setiap hari agar Anda bisa mendapatkan wajah yang bersih.

Perawatan Wajah dengan Madu - kosovarja.al

Perawatan Wajah dengan Madu – kosovarja.al

Cuka Apel

Cuka Apel atau apple cider vinegar yang masih mengandung ‘mother’ atau biang cuka apel belakangan ini cukup nge-hits menjadi salah satu perawatan rutin yang bisa membantu Anda mendapatkan wajah putih secara alami, bebas jerawat, sekaligus mengurangi minyak di wajah. Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai toner atau langsung diusapkan begitu saja di wajah menggunakan kapas.

Namun bagi Anda yang kulitnya sensitif, sebaiknya bisa mencampurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air matang atau air bersih. Kemudian celupkan kapas pada larutan tersebut, oleskan di wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa juga menyimpan toner cuka apel ini dalam botol sprayer/toner agar bisa menggunakannya sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Beras

Beras disebut-sebut memiliki kandungan asam ferulic dan allantoin yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sekaligus mencerahkan wajah. Langkah untuk memanfaatkan beras sebagai pemutih wajah alami pun cukup mudah. Saat sedang mencuci beras, sebaiknya jangan buang air bekas cuciannya. Tuangkan air beras di sebuah wadah bersih, lalu biarkan mengendap. Endapan dari air cucian beras tersebut bisa Anda pakai sebagai masker wajah.

Anda juga bisa mencampurkan 4 sendok makan beras dengan air dingin di sebuah wadah tertutup. Lalu kocok wadah itu hingga airnya berwarna putih. Celupkan kapas pada air beras, oleskan pada wajah dan diamkan 15-30 menit. Baru kemudian bilas wajah dengan air dan keringkan.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bukan hanya sekadar bahan yang hampir selalu ada di dapur. Buah jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk memanfaatkan jeruk nipis pun mudah, Anda tinggal membelah jeruk jadi 2 bagian atau mengirisnya jadi irisan yang tipis-tipis, lalu gosokkan secara lembut di wajah, diamkan 30 menit hingga kering. Bilas dengan air bersih.

Kentang

Bahan alami lainnya yang juga tak kalah manjur untuk mutihin muka secara alami adalah kentang. Kandungan antioksidan dalam kentang bermanfaat untuk menyamarkan flek atau bintik hitam yang dapat menyebabkan kulit Anda tampak kusam. Anda bisa merebus 1 buah kentang, kemudian tumbuk halus kentang yang telah dikupas kulit, campurkan 2 sdm susu ke dalamnya hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian basuh wajah hingga bersih.

Timun

Punya timun menganggur di rumah? Manfaatkan saja untuk memutihkan wajah! Selama ini banyak orang yang hanya menempelkan irisan timun di kelopak matanya saja, padahal irisan timun juga bisa ditempelkan di seluruh wajah selama 30 menit. Setelah setengah jam berlalu, Anda bisa mencuci muka hingga bersih tanpa perlu memakai sabun. Mentimun kaya kandungan mineral dan vitamin yang dapat menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar mata hitam alias mata panda.

Kopi dan Gula

Anda suka minum kopi bubuk? Nah, coba sebelum menyeduh kopi, sisakan 1 sendok teh kopi dan 1 sdt gula yang sudah dicampur, kemudian tambahkan sedikit air dan gunakan campuran tersebut sebagai scrub agar mampu mengangkat kulit-kulit mati di wajah. Bagi yang wajahnya sensitif atau mudah tergores, sebaiknya gosokkan kopi dan gula tadi secara perlahan saja.

Tomat

Tomat termasuk bahan yang mudah ditemui di pasar tradisional maupun swalayan. Senyawa lycopene dalam tomat disebut-sebut mampu menangkal radikal bebas dan melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Lycopene pun dapat menutrisi kulit serta membantu memutihkan muka secara alami. Anda bisa memanfaatkan tomat dengan mengolahnya sebagai masker wajah. Caranya, haluskan tomat hingga menjadi bubur. Lalu oleskan langsung masker tomat di wajah dan biarkan selama 15 menit. Basuh muka dengan air hangat sampai bersih.

Perawatan Wajah dengan Tomat - www.muslimstate.com

Perawatan Wajah dengan Tomat – www.muslimstate.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: