Meski Dikenal Bermanfaat untuk Kesehatan, Bolehkah Minum Kunyit Tiap Hari?

Ramuan Kunyit - www.medicalnewstoday.comRamuan Kunyit - www.medicalnewstoday.com

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah dan obat asli dari Asia Tenggara. Tanaman satu ini lantas menyebar ke berbagai daerah seperti Malaysia, Indonesia, Australia, hingga Afrika. Sebagian besar masyarakat Asia, terutama Indonesia, Indonesia, dan beberapa wilayah Asia kerap mengonsumsi rempah ini sebagai pelengkap bumbu masakan, diminum sebagai jamu, atau bahkan untuk merawat kecantikan.

Dalam Bahasa Inggris, kunyit disebut dengan istilah turmeric. Selain itu, tanaman rempah ini juga memiliki berbagai sebutan lain seperti kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura), demikian seperti dilansir dari Wikipedia. Kunyit umumnya digunakan sebagai pemberi warna kuning alami pada masakan atau sebagai pengawet. Selain itu, kunyit juga bisa diolah sebagai suplemen atau jamu untuk diminum secara rutin.

Tapi apakah kunyit boleh diminum setiap hari? Agar tidak penasaran, simak ulasan lengkap mengenai manfaat dan juga efek samping dari kunyit berikut ini.

Manfaat Kunyit

  • Mengurangi rasa sakit saat menstruasi.
  • Mengurangi gejala perut kembung pada orang yang menderita dispepsia (maag).
  • Berkhasiat mengatasi kulit yang iritasi atau ruam.
  • Mengatasi kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis.
  • Mengurangi rasa nyeri pada penderita osteoarthritis yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.
  • Konsumsi kunyit secara rutin sangat baik untuk membersihkan sisa-sisa darah yang tertinggal pada rahim dan organ-organ genital wanita setelah haid atau melahirkan (Pangkalan Ide, 2011).
  • Menurunkan risiko kanker payudara.
  • Mengatasi keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid.
  • Memperlancar ASI.
  • Mencegah disentri.
  • Mencegah diabetes mellitus.
  • Mengatasi demam, pilek dengan hidung tersumbat (Said, 2007).

Bolehkah Minum Ramuan Kunyit Setiap Hari?

Pada dasarnya kunyit merupakan bahan alami yang hampir tidak menimbulkan bahaya atau dampak negatif jika dikonsumsi pada batas yang normal. Dilansir Alodokter, sampai sekarang masih belum ditemukan adanya efek samping dari pemakaian kunyit pada dosis rendah. Dalam sebuah penelitian dilaporkan bahwa tak ada efek samping pada orang yang mengonsumsi kunyit dengan dosis 490 mg tiap hari selama seminggu.

Minuman Kunyit untuk Kesehatan - www.harapanrakyat.com

Minuman Kunyit untuk Kesehatan – www.harapanrakyat.com

Akan tetapi, konsumsi kunyit dalam jumlah yang berlebihan bisa mengakibatkan detak jantung menjadi abnormal dan ada sederet efek samping lainnya yang mungkin Anda rasakan jika mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Berikut penjelasannya.

Efek Samping Konsumsi Kunyit Berlebihan

  • Meningkatkan risiko batu ginjal. Pasalnya, dalam kunyit mengandung zat bernama oksalat yang sifatnya mengikat kalsium untuk membentuk kalsium oksalat yang tak larut, terutama bertanggung jawab pada batu ginjal.
  • Menyebabkan alergi. Beberapa orang yang memiliki alergi berpotensi mengalami dermatitis dan urtikaria karena mengalami kontak dengan kunyit. Kunyit pun dapat menimbulkan alergi berupa ruam dan sesak napas.
  • Menyebabkan perdarahan karena konsumsi kunyit yang berlebihan bisa memperlambat pembekuan darah. Hal itu pula yang bisa meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada orang yang mengalami gangguan perdarahan.
  • Menimbulkan masalah kandung empedu. Selain masalah batu ginjal, oksalat dalam kunyit pun dapat mengakibatkan risiko batu empedu.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menyebabkan masalah infertilitas pada pria. Pasalnya, kunyit bisa menurunkan kadar testosteron serta mengurangi mobilitas atau pergerakan sperma yang kemudian menyebabkan ketidaksuburan.
  • Masalah perut dan GERD. Minum kunyit berlebihan dalam jangka waktu yang lama disebut-sebut berpotensi menyebabkan masalah pencernaan. Suplemen kunyit dengan dosis lebih dari anjuran (400 mg sampai 3 gram) juga dapat menimbulkan masalah lambung, terutama pada orang dewasa. Kunyit pun bisa menyebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan.
  • Mengakibatkan kekurangan zat besi. Kunyit mengandung senyawa yang bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat-zat besi yang berasal dari makanan.
  • Diare dan mual akan dirasakan oleh mereka yang mengonsumsi kunyit atau suplemen kunyit secara berlebihan. Zat kurkumin dalam kunyit cenderung bersifat mengiritasi saluran pencernaan.

Setelah mengetahui sederet khasiat dan efek samping dari minum kunyit, sebaiknya Anda lebih cermat lagi saat hendak mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Kunyit sebaiknya dikonsumsi dalam batas wajar dan hindari bagi ibu yang sedang hamil, penderita gangguan pendarahan, penderita sakit ginjal, dan juga para pria yang hendak memiliki anak.

Olahan Minuman Kunyit - www.onegreenplanet.org

Olahan Minuman Kunyit – www.onegreenplanet.org

Referensi:

Baca juga:  Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Tingginya Angka Kematian Bagi Ibu Setelah Melahirkan

Said, Ahmad. 2007. Khasiat dan Manfaat Kunyit. Bandung: Ganeca Exact

Pangkalan Ide. 2011. Health Secret of Turmeric (Kunyit). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: