Bolehkah Menjalankan Diet Atkins Saat Puasa? Ini Pilihan Menu Berbuka Puasa yang Bisa Dicoba

Diet Saat Puasa - www.bigodino.itDiet Saat Puasa - www.bigodino.it

Pola diet yang berkembang di dunia ada bermacam-macam. Dari sekian banyak model diet yang ada, Anda tentu sudah pernah mendengar tentang diet Atkins bukan? Diet Atkins sendiri adalah pola diet yang digagas oleh seorang dokter bernama Robert C. Atkins dengan berprinsip mirip diet ketogenik.

Diet Atkins mengedepankan pola diet yang tinggi asupan lemak dan protein, namun rendah karbohidrat. Pola diet Atkins memang mengundang sensasi karena pola makan tinggi lemak sebenarnya dinilai kurang baik untuk kesehatan. Namun bagaimanapun juga berdasarkan lebih dari 20 penelitian selama 12 tahun terakhir kabarnya metode diet Atkins dianggap baik dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Lemak jenuh dan lemak trans memang sudah lama dikenal menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan. Akan tetapi tak semua jenis lemak itu buruk. Lemak tak jenuh (HDL) atau yang kerap dijuluki dengan sebutan ‘lemak baik’ tetap diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya. Lemak tak jenuh memiliki peran untuk melindungi kesehatan jantung, mengontrol gula darah, dan membantu mengurangi berat badan.

Menjalankan Diet - www.rd.com

Menjalankan Diet – www.rd.com

Oleh sebab itu menu makanan diet Atkins bersumber pada makanan yang mengandung protein murni (rendah lemak), lemak sehat HDL, dan sayuran tinggi serat. Pasalnya pola makan rendah karbohidrat diklaim dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak simpanan lemak.

Makanan yang dikonsumsi ketika menjalani diet Atkins biasanya adalah makanan yang mengandung lemak ‘baik’ serta makanan dengan kaya protein seperti telur, daging sapi, dan ayam. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi daging kalkun sebagai menu diet atkins sehari-hari. Sedangkan untuk jenis sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi antara lain seledri, sup sayuran hijau dengan tomat dan wortel, serta salad.

Lalu bagaimana dengan saat Anda sedang berpuasa Ramadhan? Bolehkah menjalankan diet Atkins? Melakukan diet Atkins saat berpuasa Ramadan sebenarnya tidak salah. Anda hanya perlu mempertimbangkan apakah Anda siap untuk melakukan 2 praktik yang fungsinya sama-sama untuk detoksifikasi tubuh? Seperti yang Anda tahu, baik puasa maupun diet Atkins sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yakni membuang zat-zat beracun dalam tubuh alias detoksifikasi.

Apabila Anda melakukan diet Atkins saat puasa, maka Anda hanya perlu makan makanan yang sesuai dengan prinsip diet Atkins saat bersahur maupun buka puasa, sesuai dengan fase yang Anda lalui, apakah Fase 1 (induksi), Fase 2 (balancing), Fase 3 (fine-tuning), atau Fase 4 (maintenance). Hanya masalahnya, apakah tubuh Anda bisa menahan beban detox yang 2 kali lipat lebih besar dari biasanya dan proses ketosis ketika melakukan diet khusus saat berpuasa?

Jadi bila Anda ingin diet Atkins saat berpuasa, salah satu langkah yang perlu Anda lakukan adalah tentukan fase mana Anda berada selama bulan puasa, dan tentukan daftar makanna yang bisa Anda makan sesuai fase. Bagi Anda yang baru memulai Fase 1 (terutama bagi Anda yang baru mencoba), Anda wajib memperhatikan menu yang Anda makanan karena mungkin akan terasa begitu memberatkan di awal.

Menu Diet Berbuka Puasa - fitnesseh.com

Menu Diet Berbuka Puasa – fitnesseh.com

Seperti yang sudah sering Anda dengar, diet Atkins benar-benar membatasi asupan karbohidrat dan gula, sehingga ketika menjalani diet Atkins ketika puasa, Anda tentunya harus menyisihkan nasi dan kurma dari menu berbuka puasa Anda. Namun jika Anda tidak terlalu dikejar target berat badan yang ideal, maka menjalani diet Atkins pada Fase 3 (fine-tuning) ketika puasa pun tidak masalah. Sebab Anda bisa sedikit menambahkan karbohidrat sekitar 10 gram ke dalam menu diet Anda ketika buka puasa.

Pilihan menu berbuka puasa saat menjalani diet Atkins ada bermacam-macam dan rata-rata cukup sederhana, Anda bisa mengombinasikan menu seperti sup daging atau ayam dengan telur dadar dan tumis sayur-sayuran. Lalu pada hari berikutnya bisa menyantap menu berbuka puasa diet Atkins yang terdiri dari 2 butir telur goreng/rebus, 1 ikan, dan tumis sayur. Lalu bisa juga mengonsumsi telur dadar, ayam atau ikan bakar, dan sup sayuran. Pilihan menu berikutnya ada 2 buah sosis goreng, 2 potong ayam rebus atau goreng, dan sayuran.

Prinsipnya, ada beberapa makanan yang boleh dikonsumsi ketika menjalani diet Atkins, antara lain:

  • Daging: sapi, domba, ayam, dan lain-lain.
  • Seafood: salmon, sarden, dan lain-lain.
  • Telur: telur yang sehat adalah yang mengandung omega-3.
  • Sayuran rendah karbohidrat: kale, bayam, brokoli, asparagus.
  • Full-fat dairy: mentega, keju, krim, full-fat yoghurt.
  • Kacang-kacangan: almond, macadamia, walnut, biji bunga matahari.
  • Lemak sehat: extra virgin olive oil, minyak kelapa, alpukat, dan minyak alpukat.

Nah, jika sudah mengetahui pilihan menu berbuka puasa saat diet Atkins, Anda juga perlu memperhitungkan beberapa hal, antara lain usahakan memenuhi asupan air yang cukup sesuai dengan berat badan Anda. Selain itu, kurang gerakan yang terlalu aktif saat berpuasa. Namun jika Anda baru memulai pada Fase 1, amati selama seminggu efek ketosis yang Anda rasakan apakah terasa berat atau tidak. Apabila Anda merasa tidak mampu menjalaninya, Anda bisa beralih ke Fase 3 mulai minggu depannya, sebelum turun ke Fase 2, dan kemudian kembali ke Fase 1 selama 2 minggu, seperti biasa.

Bagaimanapun juga selama menjalani diet Atkins saat puasa sebaiknya perhatikan respons tubuh Anda. Apabila Anda merasa baik-baik saja dan tidak ada keluhan apapun saat menjalaninya, maka Anda bisa melanjutkan diet Atkins hingga bulan puasa berakhir. Namun jika Anda merasa tidak sanggup, atau mengalami keluhan medis tertentu, sebaiknya segera hentikan diet Anda dan berkonsultasi dengan dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: